cara menghilangkan kerutan di wajah

14 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah yang Dapat Dicoba

  • November 18, 2020

Kulit akan kehilangan elastisitasnya sesuai dengan pertambahan usia. Sehingga kulit lebih mudah keriput dan kerutan. Namun, ada berbagai cara untuk menghilangkan kerutan di wajah dengan cara alami.

Menghilangkan kerutan tidak hanya dengan cara operasi atau menggunakan obat-obatan saja, tapi juga bisa dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada mudah ditemukan di rumah.

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Bahan Alami

Kerutan di wajah memang mengganggu penampilan. Adanya garis halus di kulit wajah membuat Anda terlihat menjadi lebih tua. Namun, Anda perlu mencoba cara menghilangkan kerutan di wajah dengan menggunaan bahan alami berikut ini. Apa saja?

  • Vitamin C dan Mineral

Kerutan di kulit wajah bisa dihilangkan dengan menggunakan vitamin C yang terdapat pada sayuran dan buahan. Buah dan sayuran tersebut mengandung antioksidan yang meningkatkan produksi kolagen di kulit sehingga ini bisa mencegah munculnya kerutan di kulit wajah.

Selain faktor usia, paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan munculnya kerutan di wajah. Kerutan juga bisa dihilangkan dengan zinc yang terkandung dalam kacang-kacangan, keju, dan sebagainya. Ada juga mineral lain seperti selenium yang bisa ditemukan pada biji bunga matahari, pisang, bayam, dan yogurt.

  • Putih Telur

Cara menghilangkan kerutan di wajah selanjutnya bisa dengan memanfaatkan lapisan yang memisahkan putih telur dengan cangkang telur. Lapisan ini bisa mengurangi kedalaman kerutan yang muncul di kulit dan membuat produksi kolagen meningkat. Dengan begitu kulti menjadi lebih elastis dan mulus. Namun, jika kulit Anda alergi terhadap telur, sebaiknya tidak menerapkan cara ini.

  • Konsumsi Makanan yang Kaya Nutrisi

Cara menghilangkan kerutan di kulit wajah adalah dengan mengonsumsi makanan superfood atau makanan kaya nutrisi. Makanan yang termasuk superfood adalah salmon, jahe, putih telur, ubi, tomat, alpukat, kayu manis, sarden, dan makanan lainnya.

  • Probiotik

Probiotik ampuh untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi kerutan di wajah. Probiotik bisa didapat dari yogurt, kefir, kimchi, kombucha, keju cottage, serta dalam bentuk suplemen.

  • Dipijat

Memijat-mijat wajah juga bisa menghilangkan kerutan dan keriput di wajah. Caranya mudah, tekan kedua sisi wajah dengan jari Anda. Gerakkan dengan pola memutar perlahan setidaknya selama 3-5 menit.

  • Perhatikan Posisi Tidur

Ternyata posisi tidur juga memengaruhi kerutan di wajah akibat adanya gesekan antara kulit dan sarung bantal. Agar kerutan tidak semakin parah, sebaiknya gunakan sarung bantal yang lembut sehingga mengurangi kerutan di wajah.

  • Minyak Zaitun

Menggunakan minyak zaitun untuk memasak makanan juga bisa menjadi cara untuk mencegah munculnya kerutan di wajah. Sebab, miyak zaitun dapat meningkatkan produksi kolagen. Selain pada minyak zaitun, kandungan serupa juga bisa didapat dari brokoli, tomat, serta kacang-kacangan.

  • Lidah Buaya

Ternyata manfaat lidah buaya juga bisa untuk menghilangkan kerutan di kulit wajah. Sebab, bahan alami dari lidah buaya bisa melembapkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

  • Masker Pisang

Selain dikonsumsi, pisang ternyata juga bisa dijadikan masker karena mengandung minyak dan vitamin yang dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Cara membuat masker pisang cukup mudah. Tumbuk pisang hingga halus. Kemudian, oleskan pada wajah secara merata, tipis saja. Diamkan selama 15-20 menit, bilas dengan air hangat hingga bersih.

  • Hindari Mencuci Wajah Terlalu Sering

Mencuci wajah terlalu sering akan membuat kulit menjadi kering dan membuat produksi minyak jadi berlebih. Alih-alih menjadi bersih dengan mencuci wajah, justru menimbulkan masalah baru. Sebaiknya, cuci wajah dilakukan cukup 2 jali sehari saja, yaitu pagi dan malam hari.

  • Hindari Merokok

Keriput di wajah juga bisa dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat seperti menjauhi rokok. Kebiasan buruk merokok ini selain bisa merusak paru-paru, juga bisa memicu kerutan di wajah. Sebab, radikal bebas yang terhirup dari asap rokok bisa merusak sel-sel kulit yang berdampak pada produksi kolagen yang semakin berkurang.

  • Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Kulit yang terkena paparan matahari berlebihan dapat menyebabkan kulit keriput. Sinar UV dapat merusak kolagen dan berpengaruh pada elastisitas kulit. Untuk menghindari hal ini, pastikan saat beraktivitas di luar, Anda menggunakan sun protection agar kulit terlindungi.

  • Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kebutuhan cairan tubuh harus tercukupi untuk menghilangkan kerutan di kulit wajah. Kulit akan menjadi kering jika kekurangan cairan. Sehingga lama kelamaan akan menjadi kerutan.

  • Pastikan Istirahat yang Cukup

Untuk menghilangkan kerutan, pastikan untuk mencukupi waktu istirahat. Setidaknya seseorang tidur selama 8 jam per hari. Sebab, kulit akan regenerasi saat sedang tidur. Selain itu, ketika tubuh beristirahat dengan cukup, tubuh akan memperbaiki kulit yang rusak.

Selain memikirkan cara menghilangkan kerutan di wajah dengan cara alami, Anda juga sebaiknya memerhatikan cara mencegah agar tidak muncul kerutan di kulit. Ketika keduanya dijalankan bersamaan, makan kulit Anda terlihat lebih awet muda.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*