5 Cara Mencegah Badan Sakit Semua saat Pagi Hari

  • August 20, 2021

Badan sakit semua saat bangun tidur di pagi hari membuat tubuh jadi terasa tidak fit. Alih-alih bangun dengan energi optimal, Anda harus merasakan bahu pegal, leher nyeri, serta otot yang tegang dan kaku. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya yaitu kekurangan asupan vitamin. Ada beberapa cara mencegah badan sakit semua saat Anda bangun dari tidur, di antaranya yaitu sebagai berikut.

Obat meriang bertujuan untuk meringankan demam dan gejala lainnya

Rapikan Tempat Tidur

Alas tidur yang tidak nyaman bisa menjadi penyebab badan sakit semua saat bangun tidur di pagi hari. Oleh karena itu, pastikan tempat tidur dan bantal yang digunakan sudah nyaman dan membuat Anda tidur lelap. Gunakan kasur dan bantal dengan tingkat kekerasan yang pas, tidak terlalu keras juga tidak terlalu melesak ke dalam ketika menopang tubuh. Sesuaikan ukuran dan tinggi bantal agar posisi tidur nyaman dan tidak menyebabkan “salah bantal”. Selain itu, pastikan kebersihan kasur dan sprei yang digunakan. Ganti sprei seminggu sekali serta gunakan bahan yang sejuk dan lembut. Jemur kasur secara rutin untuk membunuh bakteri dan serangga yang menempel.

Ciptakan Kamar Kondusif

Selain karena alas tidur yang tidak nyaman, waktu istirahat yang tidak cukup dan kualitas tidur yang rendah juga bisa membuat badan sakit semua. Gangguan tidur seperti insomnia bisa mengurangi waktu istirahat pada malam hari. Tubuh jadi tidak bisa mengumpulkan energi secara optimal untuk keesokan harinya. Hindari menggunakan handphone atau menatap layar laptop sebelum tidur agar tidak membuat mata terjaga. Matikan lampu dan buat suhu kamar sejuk agar bisa istirahat dengan berkualitas. Lampu yang menyala dapat merangsang saraf mata dan membuat tidur tidak nyenyak. Anda juga bisa relaksasi terlebih dahulu sebelum tidur seperti minum susu hangat atau membaca buku cerita ringan.

Rajin Melakukan Olahraga

Olahraga ringan yang dilakukan secara rutin dapat membantu mengatasi badan sakit semua ketika bangun tidur. Anda hanya perlu meluangkan waktu 30 menit selama lima hari dalam seminggu untuk berolahraga agar mengurangi risiko otot kaku dan tegang. Jenis olahraga yang bisa dilakukan misalnya jogging, aerobic, angkat beban, atau yoga. Lakukan secara bertahap dan jangan terlalu berat agar tubuh merasa terbiasa terlebih dahulu dengan aktivitas tersebut. Anda juga bisa melakukan olahraga ringan sebelum tidur seperti bicycle exercise, elbow plank, dan legs up the wall. Jangan lupa juga untuk melakukan peregangan otot ringan atau stretching untuk mengatasi badan sakit semua setelah bangun tidur.

Penuhi Asupan Vitamin

Badan sakit semua bisa disebabkan karena kurangnya asupan vitamin yang diperlukan tubuh. Beberapa vitamin yang bermanfaat untuk mengatasi kondisi badan sakit semua di antaranya yaitu vitamin B1, vitamin C, dan vitamin D. Kekurangan asupan vitamin B pada tubuh bisa menyebabkan gangguan pada otot rangka, yaitu otot yang digunakan untuk bergerak. Anda bisa mendapatkan kandungan vitamin B dari makanan seperti daging sapi, ikan tuna dan salmon, serta kacang-kacangan. Vitamin C bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia yang juga dapat mengakibatkan badan sakit semua karena kekurangan oksigen dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan kaya vitamin C seperti pepaya, jeruk, dan kiwi. Sedangkan vitamin D yang identik dengan tulang bermanfaat untuk kekuatan otot, bisa didapatkan dari makanan seperti jamur, udang, dan pisang.

Hindari Faktor Pemicu

Ada beberapa faktor pemicu lainnya yang dapat menyebabkan badan sakit semua saat Anda bangun tidur pada pagi hari, di antaranya yaitu stress, dehidrasi, merokok sebelum tidur, bahkan tidur menggunakan kipas angin. Paparan angin yang mengenai tubuh secara terus menerus semalaman dapat membuat otot terasa tegang, kaku, hingga kram. Asap rokok yang dihirup sebelum tidur juga dapat mengganggu aliran darah, sehingga berpengaruh terhadap tulang dan otot. 

Satu hal lagi yang bisa membuat badan sakit semua saat bangun tidur yaitu posisi tidur yang salah. Oleh karena itu, pastikan menjelang tidur Anda menyiapkan posisi yang tepat. Misalnya jangan terlalu menekuk badan, hindari posisi tengkurap, luruskan bagian punggung, dan pastikan kepala berada di posisi yang sejajar dengan tulang belakang.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*