7 Cara Merawat dan Mengatasi Penyebab Wajah Kering

  • July 9, 2021

Penyebab wajah kering bisa dikarenakan faktor internal seperti usia, dehidrasi, dan genetik, serta faktor eksternal yang paling umum terjadi seperti cuaca, kebiasaan membersihkan wajah, dan produk yang digunakan untuk merawat wajah. Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyebab wajah kering dan merawat agar kulit wajah tetap lembap, beberapa di antaranya sebagai berikut.

Kulit kering di cuaca dingin dapat diperparah oleh penggunaan sabun yang berlebihan

Jangan Terlalu Sering Cuci Muka

Bagi Anda yang memiliki wajah dengan tipe kulit kering, disarankan untuk mencuci muka hanya 1-2 kali dalam sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari. Mencuci muka memang bisa membersihkan kotoran pada wajah setelah beraktivitas seharian, terlebih jika menggunakan make up. Namun, jika terlalu sering dilakukan, minyak alami pada wajah akan berkurang dan menjadi penyebab wajah kering. Hindari juga mencuci wajah dengan menggunakan air panas.

Pilih Produk Pembersih yang Sesuai

Mengatasi penyebab wajah kering bisa dimulai dengan memilih sabun pembersih wajah yang sesuai. Gunakan produk pembersih wajah yang bebas dari kandungan alkohol atau tambahan pewangi. Tujuannya agar kulit terhindar dari masalah iritasi yang menyebabkan kulit wajah semakin kering. Sebaiknya, pilih sabun wajah yang mengandung ceramide yang bisa menjaga kelembapan kulit.

Pakai Pelembap Wajah Secara Rutin

Setelah mencuci muka, Anda bisa menggunakan pelembap untuk meningkatkan retensi air kulit dan menjaga kelembapan wajah. Pelembap yang cocok untuk mengatasi penyebab wajah kering yaitu yang mengandung hyaluronic acid, lactic acid, lanolin, gliserin, ceramide, minyak mineral, colloidal oatmeal, dan petrolatum. Selain itu, pelembap dengan kandungan minyak zaitun atau minyak jojoba juga bisa membantu menghilangkan kulit wajah kering Anda. Gunakan pelembap secara rutin setiap hari, misalnya setiap pagi sebelum melakukan aktivitas dan malam hari sebelum tidur.

Menggunakan Masker dari Bahan Alami

Beberapa buah-buahan seperti alpukat, pisang, pepaya, dan apel bisa menjadi masker alami untuk mengatasi penyebab wajah kering. Cara membuat masker dari bahan alami ini cukup mudah. Untuk alpukat misalnya, Anda bisa menghaluskan satu buah alpukat ukuran sedang. Kemudian, tambahkan satu sendok teh minyak zaitun serta satu sendok makan madu. Aduk campuran tersebut hingga tercampur dan oleskan masker ke wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit, lalu bilas wajah menggunakan air bersih. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan apel yang mengandung zat kalium yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Anda hanya perlu memarut satu buah apel, dan jadikan apel yang sudah halus sebagai masker. Anda bisa menggunakan masker bahan alami ini bergantian secara rutin untuk mengatasi penyebab wajah kering.

Penuhi Kebutuhan Harian Air Putih

Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh bisa menjadi salah satu penyebab wajah kering. Sehingga, untuk mengatasi dan merawat agar wajah tidak kering dan menjaganya tetap lembap yaitu dengan cara konsumsi air putih yang cukup. Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, tetapi disarankan Anda minum sekitar 8 gelas air putih setiap harinya.

Konsumsi Makanan dengan Kandungan Antioksidan

Mengatasi penyebab wajah kering juga bisa dilakukan dari dalam tubuh. Caranya yaitu perbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Makanan yang kaya antioksidan bisa meminimalkan kerusakan kulit akibat racun dan membantu tubuh untuk memproduksi sel-sel yang lebih sehat. Beberapa jenis makanan yang bisa Anda coba yaitu tomat, wortel, blueberry, jeruk, anggur, plum, daun kale, bayam, brokoli serta kacang-kacangan seperti kacang polong.

Gunakan Humidifier di dalam Ruangan

Suhu ruangan yang rendah bisa menyebabkan kelembapan di sekitarnya menurun. Hal ini juga menjadi penyebab wajah kering, terlebih jika adanya pendingin ruangan seperti AC. Oleh karena itu, Anda bisa mengatasinya dengan memasang humidifier, yaitu alat yang bekerja dengan cara membantu melembapkan udara di dalam ruangan. Sehingga, kelembapan kulit wajah juga ikut terjaga dan menghindari wajah Anda menjadi kering. Pastikan untuk membersihkan humidifier secara rutin agar alat bekerja secara optimal serta mencegah penumpukan debu dan bakteri.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*