7 Penyebab Rambut Kering yang Menyebalkan

7 Penyebab Rambut Kering yang Menyebalkan

  • April 29, 2021

Masalah rambut mungkin terdengar simpel, namun bisa sangat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri Anda. Umumnya, masalah yang satu ini akan semakin lekat menimpa Anda seiring bertambahnya usia. Namun, tidak jarang kondisi rambut kering terjadi karena ulah Anda sendiri. 

Penyebab rambut kering banyak berkaitan dengan bagaimana cara Anda merawat rambut. Semakin Anda rutin merawat rambut, semakin besar pula Anda terpapar penyebab rambut kering yang menyebalkan. Perawatan yang Anda anggap baik untuk rambut pun bisa jadi menjadi pemicu masalah rambut kering. 

Jadi, apa saja penyebab rambut kering yang bisa dengan mudah menimpa wanita maupun pria ini? Berikut adalah ulasannya. 

  1. Terlalu Sering Menyisir 

Menyisir rambut supaya selalu terlihat rapi? Hati-hati, terlalu sering menyisir ternyata bisa menjadi penyebab rambut kering. Ini karena kulit terlalu banyak terkena sapuan kuas sisir bisa membuat permukaan rambut menjadi kasar dan membuatnya tampak tertekan. Jadi jika Anda termasuk yang sering menyisir, meminimalkan dampaknya dengan tidak menekan alat sisir ke rambut agar rambut kering tidak mudah Anda alami. 

  1. Tiap Hari Keramas 

Keramas memang terasa menyegarkan. Namun, jangan berpikir ini akan menghidrasi rambut dan menjaganya tetap lembap. Sebaliknya, ketika Anda memutuskan tiap hari keramas, peluang mengalami rambut kering akan semakin besar. Pasalnya ketika Anda mencuci rambut, minyak esensial yang ada di rambut ikut terbilas sehingga rambut dan kulit kepala menjadi kering. Kilau rambut pun akan memudar dan menjadi kusam. Supaya keramas tidak menjadi malapetaka untuk kondisi rambut Anda, biasakan keramas cukup 2-3 hari sekali. 

  1. Cuci Rambut dengan Air Panas 

Mandi air panas memang banyak manfaatnya. Namun, membiarkan air panas tersiram ke rambut, ini justru akan membuat Anda rugi. Paparan air panas akan sangat mudah membuat kulit kepala dan permukaan rambut menjadi kering. Jika memang Anda tidak tahan mencuci rambut dengan air dingin, Anda bisa mendahulu menyiram rambut dengan air hangat saja. Namun untuk pembilasannnya, tetap gunakan air dingin sebagai pencegah rambut kering.

  1. Produk Perawatan yang Salah 

Jangan sembarangan memilih produk perawatan rambut, mulai dari sampo, pelembap, sampai serum rambut. Salah memilih produk perawatan dapat menjadi penyebab rambut kering yang menyebalkan. Pasalnya, beberapa produk perawatan rambut bisa mengambil dan menyerap minyak alami rambut sehingga Anda akan menemui masalah rambut kering. 

  1. Paparan Sinar Matahari 

Banyak beraktivitas di luar bisa menjadi penyebab rambut kering. Ini karena ketika Anda di luar, paparan sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet bisa menyerang kapan saja. Paparan inilah yang rentan membuat rambut dan kulit kepala menjadi lebih mudah kering dan kusam. Biasakanlah menggunakan pelembap rambut sebelum ke luar ruangan untuk mengurangi risiko rambut kering akibat paparan sinar matahari. 

  1. Penggunaan Alat Styling Rambut 

Penggunaan berbagai alat styling rambut juga bisa membuat kulit dan rambut Anda terpapar panas berlebih sehingga memunculkan kondisi kering. Beberapa penggunaan alat styling rambut yang mesti diwaspadai sebagai penyebab rambut kering, antara lain blowe, alat pelurus rambut, sampai alat pengeriting rambut. 

  1. Masalah Kesehatan Tertentu 

Masalah kesehatan juga dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan rambut Anda. Orang-orang dengan gangguan makan ataupun kondisi masalah hormone, seperti hipoparatiroidisme, dapat menjadi penyebab rambut kering. 

*** 

Sekarang mulai lebih bijak menggunakan dan memakai produk yang bisa menjadi penyebab rambut kering, yuk. Melindungi rambut saat ke luar ruangan juga penting untuk menjaga kesehatan rambut.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*