Tips Posisi Tidur Ibu Hamil yang Paling Aman dan Nyaman

  • January 20, 2021

Saat seorang wanita mengalami kehamilan, tubuh Anda dan ukuran rahim pun akan berkembang dan meningkat. Hal inilah yang membuat Anda merasa lebih sulit merasa nyaman saat di tempat tidur. Di awal kehamilan, mungkin Anda dapat tidur tengkurap jika merasa nyaman. 

Posisi tidur ibu hamil yang terlentang pun tidak disarankan karena tekanan pada vena kava inferior. Itu adalah vena utama yang mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung. Peningkatan tekanan di punggung dan usus juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Nah, untuk memberi kenyamanan berikut beberapa tips bagaimana posisi tidur yang nyaman untuk ibu hamil. 

Posisi tidur terbaik

Selama trimester pertama, aman bagi seorang wanita untuk tidur dalam posisi apa pun yang dia rasa nyaman, baik terlentang, miring, atau tengkurap. Kombinasi apapun dari posisi di atas pun diperbolehkan. 

Pasalnya, saat itu rahim belum tumbuh besar dan mengganggu tidur Anda. Namun, perubahan hormonal, rasa lapar di malam hari, mual, dan gejala kehamilan lainnya dapat membuat tidur menjadi lebih sulit. 

Saat seorang wanita mencapat trimester kedua atau ketiga, sangat ideal untuk tidur miring ke kiri. Berada dalam posisi ini memaksimalkan aliran darah ke rahim tanpa memberi tekanan pada hati. Wanita yang mengalami nyeri pinggul atau punggung selama kehamilan mungkin menemukan bahwa menempatkan satu atau dua bantal di antara lutut atau menekuk lutut saat tidur dapat membantu meredakan nyeri. 

Beberapa posisi tidur lain yang dapat membantu menyelesaikan masalah umum meliputi: 

  • Mengangkat tubuh bagian atas dengan beberapa bantal untuk mengurangi mulas
  • Mengangkat kaki dengan bantal untuk membantu mengatasi bengkak dan nyeri kaki
  • Menggunakan bantal badan atau bantal kehamilan untuk menyangga tubuh dan memberikan penyangga punggu tambahan

Apakah ada posisi tidur ibu hamil yang harus dihindari?

Para ahli menganggap beberapa posis tidur kurang disarankan daripada tidur miring. Hal ini termasuk:

  • Tengkurap. Banyak ibu hamil khawatir tidur tengkurap akan membahayakan janin yang sedang berkembang. Namun, rahim akan melindungi janin dengan baik, dan tidak ada alasan untuk menghindari tidur tengkurap selama trimester pertama. 

Selama kehamilan berlangsung, kebanyakan wanita menemukan bahwa tidur tengkurap menjadi tidak mungkin atau sulit. Bagi wanita yang masih suka tidur tengkurap atau sesekali bangun dengan posisi telungkup, tak perlu khawatir. Tidur tengkurap tidak akan membahayakan janin, terlebih saat trimester pertama. Namun, jika Anda khawatir konsultasikan dengan dokter Anda mengenai hal tersebut. 

  • Tidur terlentang. Pada trimester ketiga, dari minggu ke-28 kehamilan dan seterusnya,  tidur terlentang memberi tekanan pada pembuluh darah utama yang mengalirkan darah ke rahim. Tekanan ini dapat menurunkan suplai oksigen ke janin. Itu juga dapat meningkatkan gejala yang tidak menyenangkan, seperti pusing dan mulas apda wanita hamil tersebut. 

Alat bantu tidur

Strategi berbeda dapat membantu wanita hamil tidur lebih nyenyak. Wanita yang kesulitan tidur dapat mencoba:

  • Meminta dokter untuk menguji kekurangan vitamin. Asam folat dan zat besi terkadang dapat mengobati sindrom kaki gelisah. Penting untuk berkonsultasi dengan professional kesehatan sebelum mengonsumsi suplemen untuk mengobati kondisi apa pun. 
  • Mengangkat tubuh dan kepala untuk mengurangi mulas. Beberapa wanita merasa lega dengan tidur dalam posisi setengah duduk, seperti berbaring miring di kursi malas. 
  • Mencoba bantal kehamilan. Berbagai jenis bantal kehamilan bisa Anda dapatkan dengan mudah di onlineshop
  • Makan makanan kecil sebelum tidur. Khususnya selama trimester pertama, beberapa wanita terbangun dengan keadaan lapar. Makanan kaya protein dapat mengurangi nafsu makan, jadi mengonsumsi makanan seperti kacang-kacangan, ikan, selai kacang, dan daging sebelum tidur dapat membantu wanita hamil merasa kenyang. 
  • Mengonsumsi antacid. Antasida over the counter (OTC) aman selama kehamilan, tetapi penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum minum obat apa pun, termasuk obat OTC. 
  • Konsultasi dengan dokter tentang mendengkur. Mendengkur yang parah membuat Anda sulit untuk bernapas selama kehamilan. 

Posisi tidur ibu hamil tentu sangat penting dibuat lebih nyaman. Pasalnya, kualitas tidur yang kurang selama kehamilan dapat menyebabkan kelelahan fisik dan emosional. Beberapa faktor yang membuat kurang tidur dapat menyebabkan gangguan mood, seperti depresi, dan berpotensi mengakibatkan hasil kehamilan yang negatif, seperti hambatan pertumbuhan JANIN dan preeklampsia. Jadi, pastikan ibu hamil mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Nefropati Diabetik dan Penyakit Komplikasi Diabetes Kronis Lainnya

  • January 19, 2021

Glukosa atau kadar gula darah adalah sumber energi utama bagi tubuh. Namun, ketika jumlahnya terlampau banyak, ia justru membahayakan tubuh. Kondisi ini lazim dikenal dengan diabetes. Diabetes terbilang berbahaya karena penderitanya berisiko mengalami berbagai penyakit kronis lain, seperti nefropati diabetik.

Nefropati diabetik hanyalah satu dari sekian banyak kemungkinan penyakit yang bisa diderita penderita diabetes. Malah, diketahui bahwa seseorang yang divonis diabetes punya risiko masalah kesehatan lain yang dapat terjadi di sekujur tubuhnya. Artinya bisa pula dipahami bahwa diabetes adalah “gerbang” dari segala jenis penyakit. 

Mudahnya, nefropati diabetik adalah penyakit ginjal yang diderita seseorang dengan diabetes. Masalah kesehatan ini juga sering disebut sebagai penyakit diabetes ginjal. Nefropati diabetik bisa menyerang orang dengan diabetes tipe 1 dan juga diabetes tipe 2.

Penyakit ini terjadi ketika tingginya kadar gula darah merusak pembuluh darah kecil yang ada di ginjal. Kendati hanya “pembuluh darah kecil”, peran dan fungsinya cukup vital dalam mengatur kadar cairan dan garam dalam tubuh yang berperan penting untuk mengontrol tekanan darah dan melindungi kesehatan jantung. Ketika pembuluh darah itu rusak, tentu memengaruhi kerja ginjal secara keseluruhan hingga organ penting ini kehilangan kemampuannya. 

Komplikasi kronis diabetes ini memang terjadi secara bertahap dan tempo sampai ia menjelma sebagai ancaman bagi nyawa seseorang terbilang cukup lama. Namun, kenyatan itu sama sekali tidak dapat dijadikan dalih seseorang untuk menyepelekan nefropati diabetik. Ia tetap harus diwaspadai karena penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Lagi pula, seorang penderita diabetes akan terus dibayang-bayangi dengan sederet penyakit kronis lain sebagai imbas dari tingginya kadar gula darah mereka. Penyakit-penyakit di bawah ini juga sama berbahayanya seperti nefropati diabetik:

  • Neuropati diabetik

Neuropati diabetik juga dapat disebut sebagai kerusakan saraf yang terjadi akibat tingginya kadar gula dalam darah. Selain saraf, kondisi ini juga merusak pembuluh darah, terutama di kaki. Kondisi ini bisa terjadi baik secara langsung akibat tingginya gula darah maupun karena penurunan aliran darah menuju saraf.

Rusaknya saraf akan menyebabkan gangguan sensorik dengan gejala berupa kesemutan, mati rasa, atau nyeri. Kerusakan saraf juga dapat memengaruhi saluran pencernaan dan menyebabkan gastroparesis. Gejalanya berupa mual, muntah, dan merasa cepat kenyang saat makan.

  • Masalah kardiovaskular

Tingginya kadar gula darah juga dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah. Penyebabnya hampir serupa dengan terjadinya nefropati diabetik. Masalah kardiovaskular ini, biasanya, akan bermuara di jantung. Penyakit komplikasi diabetes di bagian kardiovaskular ini meliputi penyakit jantung, stroke, serangan jantung, dan penyempitan arteri (aterosklerosis).

  • Retinopati diabetik

Diabetes dapat merusak pembuluh darah di retina sehingga terjadi kerusakan atau masalah kesehatan pada organ pengelihatan. Kondisi ini berpotensi menyebabkan kebutaan. Pembuluh darah di mata yang rusak karena diabetes ini di antaranya menimbulkan katarak dan glaukoma.

  • Masalah kaki dan kulit

Masalah pada kulit dan luka pada kaki merupakan komplikasi kronis paling umum terjadi jika mengalami diabetes. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah dan saraf, serta terbatasnya aliran darah ke kaki.

Gula darah yang tinggi juga memudahkan bakteri dan jamur berkembang biak. Terlebih jika adanya penurunan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan diri sebagai akibat dari diabetes. Dengan demikian, masalah pada kulit dan kaki pun akan semakin parah. 

Jika tidak melakukan upaya pencegahan dengan baik, kaki penderita diabetes mudah sekali luka dan terinfeksi sehingga menimbulkan gangren dan ulkus diabetikum. Penanganan luka pada kaki penderita diabetes adalah dengan pemberian antibiotik, perawatan luka dengan benar, atau bahkan amputasi bila kerusakan jaringan sudah parah.

Jika diamati, sebenarnya masalah-masalah kesehatan yang terjadi pada penderita diabetes ini saling terkait satu sama lain. Oleh karenanya amat mungkin seluruh komplikasi serius di atas dialami oleh penderita diabetes jika mereka tidak melakukan upaya-upaya pencegahan. 

Menjadi penting bagi para penderita diabetes untuk mengubah pola dan kebiasaan hidup yang ramah bagi mereka, mulai dari melakukan berbagai macam diet, hingga rutin berolahraga. Dengan upaya itu, para penderita diabetes bisa terhindar dari nefropati diabetik dan komplikasi kronis lainnya. 

Simak 6 Fakta Keratosis Seboroik Ini, Yuk!

Simak 6 Fakta Keratosis Seboroik Ini, Yuk!

  • January 18, 2021

Keratosis seboroik menjadi masalah kulit umum yang hampir dialami oleh tiap orang. Penyakit kulit ini menimbulkan benjolan-benjolan kecil mengelompok yang berwarna cokelat, hitam, ataupun putih. Meskipun terasa mengganggu karena teksturnya yang lengket dan berminyak, benjolan keratosis seboroik tidak menimbulkan rasa gatal dan nyeri yang umum dihadirkan oleh penyakit kulit lainnya. 

Banyak orang mengalami masalah kulit ini seiring pertambahan usia. Namun, masih sedikit orang yang memahami benar bahwa yang dialaminya adalah keratosis seboroik. Karena itu, mengetahui berbagai fakta mengenai masalah kulit ini menjadi semakin menarik disimak untuk membuka wawasan Anda mengenai masalah kulit tua tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai keratosis seboroik. Ternyata, penyakit kulit ini tidak perlu dikhawatirkan sedemikian rupa hingga Anda harus membawanya ke dokter!

  1. Benjolan Non-kanker 

Mendapati benjolan yang mendadak tumbuh di kulit pastinya membuat kekhawatiran. Sebab bisa jadi, benjolan tersebut merupakan awal mula dari kanker kulit. Namun percayalah, Anda tidak perlu merisaukan hal tersebut jika mendapati gejala-gejala keratosis seboroik. Nyatanya, benjolan ini bukanlah jenis kanker dan sama sekali tidak berbahaya bagi keselamatan Anda. 

  1. Usia Paruh Baya

Anda mungkin bertanya-tanya kapan benjolan keratosis seboroik akan mulai bermunculan di kulit? Seiring bertambahnya usia, risiko mengalami keratosis seboroik sebenarnya semakin besar. Namun rata-rata, benjolan non-kanker ini muncul ketika seseorang sudah memasuki masa paruh baya. Sebanyak 30 persen orang berusia 40 tahun memiliki benjolan keratosis seboroik. Bahkan sebanyak 75 persen orang-orang dengan umur 70 tahun ke atas sudah mengoleksi benjolan ini di sekujur kulit mereka. 

  1. Tidak Menular

Jangan pernah takut untuk berdekatan dengan orang-orang yang memiliki banyak benjolan keratosis seboroik. Penyakit kulit memang banyak yang menular sehingga membuat Anda mesti waspada untuk berdekatan dengan pasien yang tengah terinfeksi. Namun khusus untuk keratosis seboroik, tidak akan ada penularan yang terjadi, meskipun Anda memeluk orang yang terkena masalah kulit ini. Sekali lagi, keratosis seboroik merupakan masalah kulit yang muncul karena penuaan, bukan karena penularan. 

  1. Didukung Genetik 

Meskipun keratosis seboroik sangat terpengaruh usia, namun bukan berarti Anda tidak bisa mengalaminya ketika usia Anda masih di bawah 40 tahun. Beberapa orang mengalami masalah kulit ini lebih awal. Penyebabnya adalah faktor genetik. Jika di dalam keluarga Anda terdapat orang-orang yang terkena keratosis seboroik dalam jumlah besar dan cepat, kemungkinan Anda mengalami masalah kulit ini pun bisa datang lebih awal. 

  1. Tidak untuk Telapak 

Keratosis seboroik bisa menyerang berbagai permukaan kulit di tubuh Anda. Benjolan-benjolan ini bisa muncul di wajah, punggung, lengan, maupun paha dan betis Anda. Namun, ada juga bagian tubuh yang tidak akan terserang benjolan penuaan ini. Menurut penelitian, keratosis seboroik tidak pernah muncul di telapak kaki maupun telapak tangan Anda. Jadi, benjolan-benjolan tersebut tidak akan merepotkan Anda untuk makan maupun berjalan. 

  1. Bisa Dilepas 

Meskipun tidak menyakitkan dan membahayakan jiwa, keberadaan benjolan keratosis tak ayal bisa berpengaruh ke tingkat percaya diri Anda. Tenang saja, jika benjolan ini mulai membuat Anda tidak nyaman, Anda bisa melepasnya. Pelepasan benjolan keratosis seboroik bisa dilakukan lewat operasi kecil. Ada dua metode operasi untuk melepaskan benjolan keratosis seboroik dari kulit Anda. Pertama dengan pisau bedah dan obat pemati rasa untuk mencegah rasa sakit. Lalu yang kedua dengan listrik untuk membakar pertumbuhan dan obat mati rasa untuk mencegah rasa sakit. 

*** 

Sekarang jika menemukan benjolan keratosis seboroik di kulit Anda tidak perlu khawatir lagi, bukan? Anda hanya perlu menyadari bahwa benjolan ini menunjukkan usia yang semakin bertambah. Jika sudah tidak nyaman, Anda pun bisa melakukan operasi untuk menghilangkannya. Gampang, bukan?

Cara Mudah Kendalikan Ekspresi Marah

  • January 13, 2021

Menunggu terlalu lama, terjebak di kemacetan yang tidak kunjung mereda, ataupun harus berhadapan dengan teman kerja yang menyebalkan, semua hal tersebut dapat memicu ekspresi marah dalam diri Anda. Meskipun ekspresi marah terhadap hal-hal yang mengganggu tersebut merupakan respon yang normal terhadap stres, terus kesal dan emosional dapat bersifat merusak. Bukan sebuah rahasia bahwa menunjukkan ekspresi marah dan mengamuk dapat melukai hubungan profesional dan pribadi Anda. Namun, hal tersebut juga dapat berdampak pada kesejahteraan diri. Terus menerus frustasi dapat menyebabkan reaksi emosional dan fisik, seperti tekanan darah tinggi dan kecemasan. 

Untungnya, ada beberapa cara dalam mengendalikan ekspresi marah yang bisa Anda lakukan. Sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa mampu menunjukkan ekspresi marah dengan cara yang sehat dapat menurunkan risiko Anda menderita penyakit jantung. Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan di antaranya adalah:

  • Ambil napas dalam-dalam

Di saat emosi meluap, kita mudah tidak menghiraukan pernapasan. Namun pernapasan yang pendek pada saat marah membuat Anda berada dalam mode melawan atau lari. Untuk mengatasi hal ini, cobalah ambil napas yang pelan dan terkontrol, di mana Anda menarik napas menggunakan perut dan bukan dada. Hal ini akan membuat tubuh Anda menjadi tenang. Anda juga bisa melakukan latihan pernapasan berikut ini, seperti duduk di tempat yang bisa membuat Anda tenang dan nyaman; tarik napas dalam-dalam lewat hidung dan perhatikan saat perut mulai naik; keluarkan udara lewat mulut; lakukan latihan pernapasan ini 3 kali sehari selama 5 hingga 10 menit atau selama yang Anda butuhkan. 

  • Ucapkan mantra yang menenangkan

Mengucapkan frasa yang menenangkan berulang kali dapat membuat mengekspresikan emosi sulit dengan mudah, termasuk rasa marah dan frustasi. Perlahan, ucapkan “santai saja” atau “semuanya akan baik-baik saja” berulang kali ketika Anda merasa kewalahan dalam menghadapi sesuatu. Bahkan Anda bisa mengucapkannya dengan suara keras, atau hanya memikirkannya saja. 

  • Coba teknik visualisasi

Menemukan tempat bahagia Anda saat Anda menghadapi masalah apapun dapat membantu Anda merasa lebih tenang di saat tersebut. Saat ekspresi marah mulai muncul, cobalah untuk membuat “mental picture” untuk menenangkan tubuh dan pikiran, dengan cara seperti mencoba berpikir tentang tempat khayalan atau nyata yang membuat Anda bahagia, tenang, dan aman. Tempat tersebut dapat berupa gunung di mana Anda membuat kunjungan berkemah atau pantai eksotis yang ingin Anda kunjungi suatu hari nanti. Setelah itu, cobalah untuk berfokus tentang detail-detail yang Anda bayangkan di tempat tersebut, seperti apa baunya, suaranya, dan pemandangannya. Terakhir, perhatikan teknik pernapasan yang Anda lakukan dan jaga gambar tersebut di pikiran Anda hingga rasa cemas atau marah mulai sirna. 

  • Ekspresikan frustasi yang dimiliki

Tiba-tiba meluapkan ekspresi marah tidak akan membantu Anda dalam menghadapi masalah yang sedang dijalani. Namun hal tersebut bukan berarti Anda tidak dapat meluapkan rasa frustasi pada teman atau anggota keluarga yang dipercaya, terutama saat Anda menjalani hari yang buruk. Dengan mengeluarkan rasa frustasi tersebut (dan tidak memendamnya dalam-dalam), Anda bisa mencegah ekspresi marah menumpuk di dalam diri. 

Ekspresi marah juga bisa diatasi dengan menemukan humor dalam masa sulit yang sedang Anda jalani. Hal ini akan membantu Anda menjaga perspektif yang seimbang. Bukan berarti Anda bisa menertawakan masalah yang Anda miliki. Namun dengan melihat masalah tersebut secara santai dapat membantu Anda mencegah ekspresi marah berlebih dan membantu tubuh tenang guna memecahkan masalah dengan pikiran yang jernih. 

Alami Masalah Ini? Segera Kunjungi Klinik Gigi Terdekat

Alami Masalah Ini? Segera Kunjungi Klinik Gigi Terdekat

  • January 12, 2021

Tidak ada orang yang suka memiliki masalah pada gigi. Ketika Anda merasakan adanya tanda-tanda kerusakan gigi, sebaiknya segera kunjungi klinik gigi terdekat untuk mendapatkan penanganan.

Idealnya, pengobatan ke dokter gigi dilakukan minimal dua kali dalam setahun. Namun, bila Anda memiliki masalah tertentu, maka diperlukan lebih dari dua kali untuk memeriksa gigi ke dokter gigi Anda.

Masalah gigi yang perlu ditangani di klinik gigi terdekat

Anda mungkin tidak memahami jenis-jenis masalah kerusakan gigi. Supaya Anda tahu kapan perlu mencari klinik gigi terdekat, cobalah kenali jenis-jenis masalah gigi berikut ini:

  • Penyakit gusi (periodontal)

Periodontal atau penyakit gusi terjadi ketika Anda mengalami infeksi pada gusi yang mengelilingi gigi. Kondisi ini seringkali menjadi salah satu faktor penyebab orang dewasa mengalami kerusakan dan kehilangan gigi.

Berdasarkan penelitian, penyakit gusi bisa disebabkan oleh beberapa hal, termasuk gangguan pada kesehatan jantung. Selain itu, kebiasaan buruk seperti merokok juga bisa menjadi penyebab penyakit gusi. 

Saat Anda menderita penyakit gusi, Anda akan merasakan gejala berupa bau mulut, gusi bengkak dan memerah, gusi berdarah, gigi sensitif, dan nyeri saat mengunyah.

  • Gigi berlubang

Gigi berlubang menjadi salah satu jenis masalah gigi yang paling umum. Kebanyakan pasien yang mengunjungi klinik gigi terdekat memiliki masalah dengan hal ini.

Kondisi gigi berlubang ditandai dengan area gigi yang mengalami kerusakan permanen dan menyebabkan lubang. Hal ini terjadi akibat lapisan plak yang terbentuk dari bakteri, sisa makanan, dan zat asam tertentu.

Jika Anda tidak rajin merawat kesehatan gigi sejak muda, Anda beresiko mengalami gigi berlubang. Selain itu, kekeringan mulut akibat faktor usia juga bisa menyebabkan hal ini.

  • Bau mulut

Bau mulut juga merupakan salah satu masalah pada gigi dan mulut Anda. Tidak hanya mengganggu, bau mulut juga bisa membuat Anda merasa tidak percaya diri karena malu.

Sebenarnya, bau mulut bisa disebabkan oleh berbagai masalah gigi, mulai dari gigi berlubang, mulut kering, kanker mulut, dan bakteri di lidah. Banyak orang menggunakan obat kumur dan memakan permen untuk mencoba menghilangkan bau tak sedap ini.

Akan tetapi, hal itu sebenarnya hanya bersifat sementara dan tidak menyembuhkannya dengan sempurna. Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

  • Kanker mulut

Kanker mulut adalah pertumbuhan sel kanker yang terjadi di lidah, pipi, gusi, langit-langit mulut, bibir, dan lantai mulut. Biasanya, kanker mulut akan dikenali pertama kali oleh dokter gigi.

Ketika Anda berobat ke klinik gigi terdekat, dokter bisa saja menemukan adanya pertumbuhan sel kanker di mulut Anda. Hal ini semakin beresiko terjadi apabila Anda memiliki kebiasaan merokok 

Apabila Anda memiliki gejala buruk pada mulut Anda, seperti sulit mengunyah, sulit menelan, atau sulit menggerakkan lidah, bisa jadi Anda memiliki gejala kanker. Segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter gigi Anda.

  • Erosi gigi

Erosi gigi merupakan kondisi hilangnya struktur gigi yang disebabkan oleh asam yang menyerang email gigi. Tanda-tandanya berupa sensitivitas gigi dan gigi retak.

Kondisi ini sebenarnya cukup sering terjadi, tapi tidak banyak orang menyadarinya. Ada banyak cara untuk mencegah erosi gigi, salah satunya dengan rutin berkunjung ke dokter gigi.

Bila Anda mengalami berbagai masalah gigi seperti yang disebutkan di atas, maka Anda mungkin perlu segera mencari klinik gigi terdekat untuk berobat.

Apa Yang Ditangani Dokter THT? Ini Dia!

Apa Yang Ditangani Dokter THT? Ini Dia!

  • January 7, 2021

Kebanyakan orang yang mengalami keluhan kuping berdenging ataupun sakit saat makan cenderung memilih datang terlebih dahulu ke dokter umum. Padahal sebenarnya, dengan keluhan-keluhan tersebut yang terjadi dalam jangka waktu cukup lama, disarankan penderita langsung menjumpai dan berkonsultasi dengan dokter THT. 

Dokter THT atau yang kerap disebut sebagai otorinolaringologis merupakan dokter dengan spesialisasi pada bagian kepala dan leher. Secara lebih detail, dokter spesialis ini dapat mendiagnosis dan melakukan penanganan secara lebih fokus pada berbagai masalah yang ada di seputar telinga, hidung, maupun tenggorokan. 

Mungkin Anda berpikir, dengan spesialisasi tersebut, sebenarnya apa yang bisa dilakukan oleh dokter THT. Bukannya bagian-bagian tersebut dapat pula ditangani oleh dokter umum atau dokter dengan spesialisasi yang berbeda? Supaya lebih memahami mengenai dokter THT, ada baiknya Anda mengetahui dulu bagian apa saja yang bisa ditangani oleh dokter spesialis tersebut, seperti di bawah ini. 

  • Telinga 

Jika Anda mengalami keluhan terus-menerus di bagian telinga, tiap dokter pasti akan menyarankan Anda untuk datang ke dokter THT. Pasalnya, dokter spesialis ini mampu menganalisis dan mendiagnosis berbagai keluhan telinga, kemudian memberikan perawatan yang sesuai bidang keilmuannya. Jangan remehkan sakit telinga. Jika Anda membiarkannya tanpa penanganan, kehilangan pendengaran serta gangguan sakit kepala yang parah bisa menyerang Anda. 

  • Hidung 

Dokter THT juga dapat mengatasi berbagai keluhan terkait fungsi rongga hidung. Bukan hanya mendiagnosis masalah indra penciuman, dokter THT juga terlatih menangani berbagai penyakit lain yang memengarughi kondisi rongga penciuman, seperti masalah alergi yang kerap membuat orang-orang bersin atau mengalami gangguan pernapasan. 

  • Tenggorokan 

Bagian-bagian tenggorokan juga merupakan ranah dokter THT. Dokter spesialis ini bisa mengobati berbagai penyakit terkait saluran tenggorokan, mulai dari laring sampai esophagus. Masalah-masalah terkait gangguan menelan ataupun gangguan produksi suara juga bersumber dari tenggorokan. 

  • Kepala dan Leher 

Meskipun THT hanya kependekan dari telinga, hidung, dan tenggorokan; sejatinya dokter dengan spesialisasi ini juga mampu menangani berbagai masalah yang berhubungan dengan bentuk kepala dan leher. Pasalnya, perubahan bentuk tersebut bisa memengaruhi fungsi dari telinga, hidung, maupun tenggorokan. 

Dengan ranah-ranah bagian tubuh di atas yang menjadi keahlian dokter THT, dokter spesialisasi ini pun bisa melakukan berbagai tindakan di bawah ini. 

  1. Mengobati Masalah Telinga 

Banyak masalah telinga yang bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dengan pendengaran, mulai dari rasa sakit sampai kemampuan mendengar yang berkurang. Masalah telinga tersebut, di antaranya infeksi, gangguan jalur saraf, berlubangnya gendang telinga, sampai tumor. Semua itu bisa ditangani oleh dokter THT. 

  1. Menangani Gangguan Hidung 

Sinusitis merupakan gangguan pada hidung yang paling banyak dikeluhkan orang-orang hingga akhirnya pergi menemui dokter THT. Sejumlah penanganan dan pengobatan pun akan diberikan agar pasien sinusitis maupun gangguan hidung lainnya dapat mengelola kondisinya secara lebih baik. 

  1. Memulihkan Gangguan Tenggorokan

Pengobatan untuk menangani masalah radang di tenggorokan ataupun terganggunya produksi suara yang bersumber dari masalah tenggorokan bisa dilakukan dokter THT. Umumnya akan dilakukan pengecekan penyebab dari masalah tersebut, untuk kemudian penanganan akan diberikan berdasarkan sumber masalah. 

  1. Melakukan Operasi Wajah 

Beberapa dokter THT bisa melakukan operasi wajah dengan tujuan memperbaiki kualitas fungsi dari telinga, hidung, maupun tenggorokan. Operasi yang dilakukan dokter spesialisasi ini lebih berfokus pada area wajah dan leher. 

  1. Mengobati Alergi 

Penyakit alergi kerap menimbulkan gangguan pada fungsi hidung. Karena itulah, ada subspesialiasi dari dokter THT yang mengarah ke pengobatan alergi. Umumnya, dokter THT akan memberikan penderita alergi obat-obatan alergi untuk memulihkan kondisi pasien ataupun memberikan terapi imun. 

  1. Melatih Tumbuh Kembang 

Dokter spesialis anak memang menjadi pakar pengobatan anak. Namun untuk beberapa kasus masalah tumbuh kembang, seperti keterlambatan berbicara ataupun kelahiran dengan pendengaran yang kurang, dokter THT yang akan mengambil alih. 

*** 

Sekarang sudah tidak bingung bukan mengenai apa saja yang bisa dilakukan oleh dokter THT. Jadi apabila Anda menemui keluhan terkait fungsi-fungsi di atas, sudah tahu bukan ke mana Anda seharusnya berobat?

MAO Inhibitor

MAO Inhibitor

  • January 4, 2021

MAO inhibitor merupakan obat antidepresan yang dapat diperoleh melalui resep dokter, karena obat tersebut perlu digunakan dengan hati-hati. MAO inhibitor telah diperkenalkan sejak tahun 1950-an sebagai obat pertama yang dapat digunakan untuk mencegah depresi. Meskipun obat tersebut bukan merupakan jenis pengobatan yang populer, beberapa pasien mengandalkan obat tersebut karena mendapatkan manfaat bagi diri mereka.

MAO inhibitor bekerja dalam menangani depresi dengan mempengaruhi senyawa penyampaian pesan pada bagian otak yang disebut sebagai neurotransmitter. Seseorang yang mengalami depresi disebabkan karena rendahnya kadar neurotransmitter.

Ada jenis lain yang dapat menghambat pikiran manusia, yakni monoamine oksidase. Monoamine oksidase memiliki peran dalam membantu neuron supaya tetap aktif di seluruh tubuh manusia.

Jika pasien mengkonsumsi MAO inhibitor, senyawa kebahagiaan otak pasien dapat bertahan dengan baik. Jika senyawa kebahagiaan otak pasien tertahan dengan baik, maka pasien bisa merasa tenang.

Jenis-Jenis MAO Inhibitor

Walaupun MAO inhibitor bukan pengobatan yang paling populer saat ini, pengobatan tersebut dibagi menjadi 4 jenis yang dapat digunakan pasien, antara lain:

  • Isocarboxazid

Isocarboxazid merupakan jenis MAO inhibitor yang dikonsumsi selama 3 hingga 6 minggu untuk memberikan efek positif pada pasien.

  • Selegiline

Selegiline merupakan jenis MAO inhibitor yang dapat menghambat kinerja monoamine oksidase.

  • Phenelzine

Phenelzine merupakan jenis MAO inhibitor yang dikonsumsi selama 4 minggu untuk mengatasi depresi.

  • Tranylcypromine

Tranylcypromine merupakan jenis MAO inhibitor yang dikonsumsi selama 3 minggu untuk memberikan efek yang baik pada pasien.

Efek Samping MAO Inhibitor

Pasien tidak boleh mengkonsumsi MAO inhibitor dengan sembarangan, karena dapat menimbulkan efek samping berupa:

  • Tubuh terasa lelah.
  • Merasa gugup.
  • Nyeri otot.
  • Insomnia.
  • Penurunan libido (nafsu seksual).
  • Disfungsi ereksi.
  • Mulut kering.
  • Kesemutan.
  • Berat badan naik.
  • Diare.
  • Pusing.
  • Tekanan darah tinggi.

Karena MAO inhibitor dapat menimbulkan lebih banyak efek samping dibandingkan dengan obat antidepresan lain, obat tersebut merupakan pilihan terakhir yang dianjurkan kepada pasien.

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan

Selain efek samping, MAO inhibitor juga tidak dapat dikonsumsi dengan sembarangan karena peringatan berikut:

  • Peringatan tentang peningkatan tekanan darah

MAO inhibitor memiliki peran dalam menghambat aktivitas monoamine oksidase. Monoamine oksidase tidak hanya menghilangkan neurotransmitter, namun juga menghilangkan kelebihan tiramin (jenis asam amino yang memiliki kegunaan dalam regulasi tekanan darah).

Jika aktivitas monoamine oksidase terhambat, pasien bisa mengalami risiko penumpukan tiramin sehingga dapat menimbulkan risiko tekanan darah tinggi. Karena efek tersebut berisiko bagi pasien, pasien yang menggunakan MAO inhibitor juga perlu menerapkan diet rendah tiramin.

  • Risiko bunuh diri

FDA, badan pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat, menghimbau setiap produsen obat antidepresan untuk memiliki label peringatan tentang pemikiran bunuh diri. Oleh karena itu, MAO inhibitor perlu diawasi secara ketat oleh dokter atau orang-orang yang dapat mewakili pasien supaya perilaku mereka terkendali dengan baik.

Jika pasien memiliki kecenderungan untuk bunuh diri, pasien perlu dibawa ke rumah sakit untuk ditangani lebih lanjut oleh dokter.

Cara Lain untuk Mencegah Depresi

Jika MAO inhibitor tidak dapat bekerja dengan baik, pasien dianjurkan untuk menggunakan obat antidepresan lain seperti SSRI. Selain pengobatan, pasien juga dapat melakukan beberapa hal yang dapat mencegah depresi seperti melatih kesabaran.

Kesimpulan

MAO inhibitor merupakan salah satu jenis obat yang dapat digunakan pasien untuk mencegah depresi. Ada berbagai jenis yang dapat digunakan pasien. Meskipun demikian, obat tersebut perlu digunakan dengan hati-hati, karena dapat menimbulkan lebih banyak efek samping dibandingkan dengan obat antidepresan lain. Selain itu, obat tersebut perlu diawasi secara ketat oleh dokter.

6 Skincare untuk Kulit Berminyak dari Bahan Alami

6 Skincare untuk Kulit Berminyak dari Bahan Alami

  • December 31, 2020

Jangan berpikir bahwa skincare atau produk perawatan wajah hanyalah produk-produk berbahan kimia. Nyatanya, banyak bahan alami yang dapat Anda manfaatkan sebagai produk perawatan kulit untuk melawan segala masalah kulit Anda. Khusus skincare untuk kulit berminyak, Anda pun sebenarnya akan sangat mudah menemukan beragam bahan alami yang dapat merawat kulit Anda. 

Bahan-bahan alami tersebut sudah lumrah dijadikan sebagai komponen dalam beragam produk skincare untuk kulit berminyak. Kalaupun Anda ingin mencoba mengaplikasikannya secara lebih natural, tidak sulit untuk menjadikannya sebagai masker bagi wajah Anda. Dengan produk perawatan kulit alami untuk kulit berminyak, Anda pun tidak harus takut menghadapi berbagai ancaman jerawat atau masalah kulit lain yang sering hingga di kulit berminyak. 

Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang ampuh mengangkat minyak berlebih dari kulit Anda. Tidak hanya ampuh, berbagai bahan alami ini pun akan sangat mudah Anda temukan di supermarket dan dengan harga terjangkau. 

  1. Madu 

Cobalah membuat masker alami dari madu dengan mengoleskan bahan natural ini secara tipis ke wajah. Diamkan sekitar 10 menit dan bilaslah wajah dengan air hangat. Perawatan rutin dengan rutin mampu membuat wajah lebih lembap, namun tidak menambah minyak pada kulit. Madu juga memiliki sifat antibakteri dan antiseptik sehingga mampu mencegah jerawat berdatangan ke wajah berminyak Anda. 

  1. Kacang Almond 

Membuat skincare untuk kulit berminyak dari kacang almond tidaklah terlalu sulit. Anda hanya perlu menggiling halus almond mentah dan mencampurkannya dengan madu. Oleskan ke wajah secara melingkar dan diamkan beberapa saat sebelum dibilas dengan air hangat. Masker almond ini bisa mengelupas kulit dan menyedot minyak serta kotoran berlebih di wajah Anda. Alhasil, wajah terlihat lebih bersih dan bebas minyak yang tidak diperlukan. 

  1. Tomat 

Tertarik memanfaatkan tomat sebagai skincare untuk kulit berminyak? Sejujurnya, itu ide yang sangat baik. Pasalnya, tomat mengandung vitamin B, antioksidan, dan enzim yang bagus untuk kulit. Enzim pada buah merah ini mampu mengangkat sel kulit mati sementara vitamin dan antioksidan membantu mengurangi peradangan dan tanda-tanda penuaan. Anda bisa mengiris tomat tipis-tipis, kemudian menempelkannya ke wajah untuk pengaplikasian termudah. Pilihan lain, buatlah masker tomat dengan menumbuk beberapa buah ini, kemudian mencampurkannya dengan oat. 

  1. Daun Teh 

Daun teh tidak hanya mampu menjadi minuman menyegarkan yang meredakan stres. Bahan alami ini juga pas dijadikan skincare untuk kulit berminyak. Pasalnya, daun teh mengandung zat yang mampu mengontrol minyak tanpa berlebihan. Menggunakan masker daun teh bisa membuat wajah bebas minyak berlebih, namun juga tidak menjadikan kulit kering. Jerawat-jerawat yang sudah terlanjur ada di kulit berminyak pun dapat diperangi dengan penggunaan perawatan wajah yang satu ini sebab daun teh mengandung senyawa antibakteri. 

  1. Lemon

Kombinasi vitamin C dan antiseptik alami menjadi paduan yang cocok menjadi skincare untuk kulit berminyak. Dengan kandungannya, lemon mampu menghilangkan sifat berminyak pada kulit sekaligus membasmi jerawat-jerawat yang menyebalkan. Lebih mengasyikkan lagi, pemakaian masker lemon secara teratur dapat membuat kulit Anda tampak lebih cerah. 

  1. Oatmeal 

Produk turunan dari gandung ini mampu menyerap minyak berlebih yang menjadi masalah Anda selama ini. Tidak hanya itu, oatmeal juga membantu mengelupas kulit mati sehingga kulit Anda tampak lebih muda dan sehat. Anda bisa menggilir oat dengan air panas hingga berbentuk pasta guna mengaplikasikannya sebagai skincare untuk kulit berminyak. Jadikan pasta oatmeal sebagai masker dan ratakan di wajah Anda selama 10-15 menit. Selanjutnya, Anda hanya perlu membilasnya dengan air hangat sampai bersih. 

*** 

Wajah berminyak tentunya akan menimbulkan risiko banyak kotoran yang mudah menempel dan menghasilkan jerawat. Karena itulah, skincare untuk kulit berminyak sungguh-sungguh Anda perlukan. 

Penyebab Gigi Palsu Longgar dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gigi Palsu Longgar dan Cara Mengatasinya

  • December 29, 2020

Gigi palsu Anda bisa lepas atau longgar karena sejumlah alasan, banyak di antaranya adalah normal. Penyebab paling umum dari gigi palsu yang longgar adalah proses yang disebut resorpsi tulang, di mana gusi mulai menyusut karena tidak perlu lagi menahan gigi di tempatnya. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Gigi palsu longgar atau lepas juga bisa disebabkan oleh kerusakan dan keausan. Hal ini dapat dicegah dengan merawat gigi palsu Anda dengan baik, yang berarti melepasnya sebelum tidur di malam hari dan mencegah kerusakan dengan tidak mengunyah atau menggigit makanan keras. Sebelum membicarakan mengenai cara mengatasi gigi palsu longgar, berikut beberapa penyebab umum pada longgarnya gigi palsu:

  • Situs ekstraksi yang disembuhkan

Gigi yang dicabut saat gigi palsu dibuat, kemungkinan besar akan lepas setelah Anda sembuh. Saat jaringan gusi Anda pulih, ia menyusut, mengubah bentuknya. 

  • Gigi palsu lama tidak cocok lagi

Seiring berjalannya waktu, tubuh Anda mengalami perubahan. Keriput berkembang, penglihatan Anda mungkin berkurang, berat badan berfluktuasi. Gusi juga Anda juga bisa menyusut, sehingga mungkin menjadi penyebab gigi palsu Anda longgar..

  • Langit-langit atas yang dangkal

Retensi gigi tiruan atas sangat bergantung pada hisapan yang baik dari atap mulut Anda. Semakin dalam langit-langit mulut Anda, semakin cocok gigi palsu Anda. Jika pelat Anda longgar karena tidak memiliki kedalaman yang cukup, Anda mungkin harus menggunakan perekat gigi palsu. 

  • Punggung dangkal di rahang bawah Anda

Seperti halnya rahang atas, kedalaman punggungan pada tulang bawah (mandibula) secara signifikan mempengaruhi kesesuaian gigi palsu Anda. Namun, di bagian bawah, ini bisa jauh lebih bermasalah. Lidah Anda mungkin terus-menerus mencoba menendang pelat Anda keluar dari tempatnya.

Ada beberapa cara untuk mengatasi gigi palsu jika longgar, salah satunya dengan menggunakan perekat gigi palsu yang lebih kuat. Gigi palsu Anda dibuat khusus untuk mulut Anda, yang artinya gigi palsu tersebut harus terpasang dengan pas tanpa menggunakan perekat.

Jika gigi palsu Anda mulai longgar, satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah membuat janji dengan dokter gigi untuk memperbaikinya. Dokter gigi Anda dapat menyesuaikan gigi palsu untuk menyesuaikannya dengan sempurna di mulut Anda. Namun, jika resorpsi tulang Anda terjadi dengan kecepatan tinggi, Anda harus sering menemui dokter gigi untuk penyesuaian.

Jika Anda tidak dapat segera menemui dokter gigi, cara mengatasi gigi palsu longgar adalah dengan menahannya menggunakan perekat yang kuat, yang akan mencegahnya bergerak terlalu banyak di mulut Anda. Sebelum mengaplikasikan perekat pada gigi palsu Anda, pastikan tidak mengandung zinc karena terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan kesehatan, terutama jika Anda mengonsumsi makanan yang kaya zinc.

Gigi palsu yang longgar dapat membuat Anda sulit mengunyah makanan dan berbicara dengan benar. Jika Anda memiliki gigi palsu yang longgar, cara mengatasi yang tepat adalah Anda harus menjadwalkan pertemuan dengan dokter gigi untuk menyelesaikannya dan mendiskusikan alternatif yang aman dan nyaman.

Infeksi Virus yang Bisa Diatasi dengan Methisoprinol

  • December 28, 2020

Methisoprinol adalah kelompok obat antiviral atau antivirus yang tercipta dari kombinasi senyawa kimia inosine, asam acetamidobenzoic, dan dimethylamino isopropanol. Karena kandungannya tersebut, Methisoprinol termasuk obat keras. Seseorang membutuhkan izin atau persetujuan dokter untuk mengonsumsi obat ini.

Methisoprinol mungkin berbeda dengan jenis obat yang masuk ke dalam kelompok antivirus lainnya. Sebab Methisoprinol tidak menyerang virusnya secara langsung. Ia akan bekerja dengan cara mengubah atau memicu proses imun yang dimediasi sel tubuh sehingga memperlambat pertumbuhan dan penyebaran virus di tubuh.

Secara umum, Methisoprinol digunakan dalam prosedur pengobatan beberapa penyakit atau gangguan kesehatan yang disebabkan virus sistemik dan subacute sclerosing panencephalitis (SSPE) yang menyerang sistem saraf pusat. Adapun mungkin penyakit spesifik yang lazim diatasi dengan Methisoprinol adalah:

  • Herpes (herpes simplex)

Herpes simplex atau herpes genital adalah penyakit menular seksual akibat serangan Herpes simplex viruses (HSV) yang menyebabkan luka pada area kelamin. Kondisi ini bisa terjadi pada pria maupun wanita dan biasanya tidak menimbulkan gejala.

Meski belum ada cara atau obat yang ampuh membunuh virus herpes ini, Methisoprinol bisa digunakan untuk membantu mengurangi durasi kemunculan gejala serta risiko penularan terhadap orang lain.

  • Kutil kelamin

Kutil kelamin adalah suatu kondisi yang ditandai dengan munculnya benjolan sangat kecil dan terjadi di sekitar area kemaluan. Kutil kelamin termasuk ke dalam jenis infeksi menular seksual yang disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV) dan bisa meningkatkan risiko kanker serviks.

Beberapa gejala kutil kelamin adalah rasa gatal dan nyeri di area kelamin dan sekitarnya, serta pendarahan ketika melakukan hubungan seks. Ada beberapa cara untuk mengobati kutil kelamin, yaitu dengan laser, pembedahan, krioterapi, electrodesiccation, atau mengonsumsi obat tertentu, seperti Methisoprinol.

Menyambung sedikit bahasan yang sudah disinggung sebelumnya, mengenai cara kerja Methisoprinol, karena obat ini bekerja dengan meningkatkan sistem imun tubuh dalam menghambat pertumbuhan virus penyebab infeksi, dengan demikian, Methisoprinol tidak boleh digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri dan jamur karena justru dapat membuat infeksi menjadi lebih kebal dan kuat.

Karena cara kerjanya tersebut pula, diyakini Methisoprinol juga dapat membantu mengobati penyakit akibat lemahnya daya tahan tubuh (imunodefisiensi), seperti  kanker, cacar air, campak, hepatitis, bronkitis, dan gondongan pada orang dewasa.

Methisoprinol tersedia dalam kemasan tablet dan sirup yang hanya bisa dibeli dengan menggunakan resep dokter karena termasuk obat keras. Beberapa merek obat dengan kandungan Methisoprinol yang dapat di temukan di pasar Indonesia adalah Tropsine, Laprosin, Lanavir, Visoprine, Isprinol, Maxprinol, dan Pronovir.

Pastikan seseorang mengantungi resep dari dokter sebelum menebus obat ini di apotek. Sebab ini berkaitan dengan dosis yang harus dikonsumsinya. Terlebih, Methisoprinol sediaan tablet dan sirup ini memiliki kandungan zat aktif yang berbeda. Sediaan sirup 250 miligram atau 5 mililiter, sementara yang tablet 500 miligram. Jika tidak memiliki resep, hampir pasti apoteker akan menolak memberikan obat kepada pelanggan.

Sekadar informasi saja, biasanya dosis Methisoprinol bagi orang dewasa dan anak-anak di atas 5 tahun adalah 50 mg/kg berat badan per hari dan dibagi menjadi 3 hingga 4 dosis (kali). Pada infeksi berat fase akut, dosis Methisoprinol dapat ditingkatkan hingga 100 mg/kg berat badan per hari dan dibagi menjadi 4 hingga 6 dosis (kali). Durasi penggunaan Methisoprinol secara umum adalah 7 hingga 10 hari. Pengobatan tetap perlu dilanjutkan sekitar 1 hingga 2 hari setelah kondisi membaik dan gejala mulai mereda.

Ingat! Informasi soal dosis di atas tak dapat dijadikan sebagai patokan atau pengganti resep dokter. Seseorang tetap harus berkonsultasi dengan dokter sebelum membeli atau mengonsumsi Methisoprinol untuk memastikan semuanya aman.