Alami Masalah Ini? Segera Kunjungi Klinik Gigi Terdekat

Alami Masalah Ini? Segera Kunjungi Klinik Gigi Terdekat

  • January 12, 2021

Tidak ada orang yang suka memiliki masalah pada gigi. Ketika Anda merasakan adanya tanda-tanda kerusakan gigi, sebaiknya segera kunjungi klinik gigi terdekat untuk mendapatkan penanganan.

Idealnya, pengobatan ke dokter gigi dilakukan minimal dua kali dalam setahun. Namun, bila Anda memiliki masalah tertentu, maka diperlukan lebih dari dua kali untuk memeriksa gigi ke dokter gigi Anda.

Masalah gigi yang perlu ditangani di klinik gigi terdekat

Anda mungkin tidak memahami jenis-jenis masalah kerusakan gigi. Supaya Anda tahu kapan perlu mencari klinik gigi terdekat, cobalah kenali jenis-jenis masalah gigi berikut ini:

  • Penyakit gusi (periodontal)

Periodontal atau penyakit gusi terjadi ketika Anda mengalami infeksi pada gusi yang mengelilingi gigi. Kondisi ini seringkali menjadi salah satu faktor penyebab orang dewasa mengalami kerusakan dan kehilangan gigi.

Berdasarkan penelitian, penyakit gusi bisa disebabkan oleh beberapa hal, termasuk gangguan pada kesehatan jantung. Selain itu, kebiasaan buruk seperti merokok juga bisa menjadi penyebab penyakit gusi. 

Saat Anda menderita penyakit gusi, Anda akan merasakan gejala berupa bau mulut, gusi bengkak dan memerah, gusi berdarah, gigi sensitif, dan nyeri saat mengunyah.

  • Gigi berlubang

Gigi berlubang menjadi salah satu jenis masalah gigi yang paling umum. Kebanyakan pasien yang mengunjungi klinik gigi terdekat memiliki masalah dengan hal ini.

Kondisi gigi berlubang ditandai dengan area gigi yang mengalami kerusakan permanen dan menyebabkan lubang. Hal ini terjadi akibat lapisan plak yang terbentuk dari bakteri, sisa makanan, dan zat asam tertentu.

Jika Anda tidak rajin merawat kesehatan gigi sejak muda, Anda beresiko mengalami gigi berlubang. Selain itu, kekeringan mulut akibat faktor usia juga bisa menyebabkan hal ini.

  • Bau mulut

Bau mulut juga merupakan salah satu masalah pada gigi dan mulut Anda. Tidak hanya mengganggu, bau mulut juga bisa membuat Anda merasa tidak percaya diri karena malu.

Sebenarnya, bau mulut bisa disebabkan oleh berbagai masalah gigi, mulai dari gigi berlubang, mulut kering, kanker mulut, dan bakteri di lidah. Banyak orang menggunakan obat kumur dan memakan permen untuk mencoba menghilangkan bau tak sedap ini.

Akan tetapi, hal itu sebenarnya hanya bersifat sementara dan tidak menyembuhkannya dengan sempurna. Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

  • Kanker mulut

Kanker mulut adalah pertumbuhan sel kanker yang terjadi di lidah, pipi, gusi, langit-langit mulut, bibir, dan lantai mulut. Biasanya, kanker mulut akan dikenali pertama kali oleh dokter gigi.

Ketika Anda berobat ke klinik gigi terdekat, dokter bisa saja menemukan adanya pertumbuhan sel kanker di mulut Anda. Hal ini semakin beresiko terjadi apabila Anda memiliki kebiasaan merokok 

Apabila Anda memiliki gejala buruk pada mulut Anda, seperti sulit mengunyah, sulit menelan, atau sulit menggerakkan lidah, bisa jadi Anda memiliki gejala kanker. Segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter gigi Anda.

  • Erosi gigi

Erosi gigi merupakan kondisi hilangnya struktur gigi yang disebabkan oleh asam yang menyerang email gigi. Tanda-tandanya berupa sensitivitas gigi dan gigi retak.

Kondisi ini sebenarnya cukup sering terjadi, tapi tidak banyak orang menyadarinya. Ada banyak cara untuk mencegah erosi gigi, salah satunya dengan rutin berkunjung ke dokter gigi.

Bila Anda mengalami berbagai masalah gigi seperti yang disebutkan di atas, maka Anda mungkin perlu segera mencari klinik gigi terdekat untuk berobat.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*