Alasan Seseorang Harus Puasa Sebelum Tes MCU Adalah

  • June 23, 2021

Tes MCU adalah prosedur medis yang dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Ada banyak alasan, atau tujuan, hingga seseorang melakukan tes medical check up. Dan biasanya, sebelum melakukan tes MCU, petugas medis memberikan informasi kepada pasien agar tidak makan dan minum (puasa) sampai waktu pemeriksaan.

Puasa sebelum tes MCU hanyalah satu dari beberapa persiapan yang harus dilakukan seseorang, seperti misalnya memberikan informasi mengenai kesehatan, gaya hidup, dan obat-obatan yang dikonsumsi. 

Alasan mengapa seseorang harus berpuasa sebelum tes MCU adalah untuk memastikan hasil dari pemeriksaan yang akan dijalani menjadi lebih akurat. Kalau kamu masih mengonsumsi beberapa makanan dan minuman ketika melakukan medical check up, dikhawatirkan makanan ataupun minuman yang dikonsumsi memengaruhi hasil pemeriksaan.

Adapun lama puasa yang dijalani calon pasien MCU juga tergantung pada jenis pemeriksaan apa yang akan dilakukan. Namun umumnya, seseorang harus berpuasa 10–12 jam sebelum melakukan pemeriksaan. Jika kamu hanya ingin memeriksa kadar glukosa dalam darah, dokter menganjurkan berpuasa selama 8 jam.

Perlu diketahui bahwa tidak semua pemeriksaan kesehatan atau medical check up diwajibkan untuk berpuasa sebelumnya. Bisanya, pemeriksaan kesehatan tertentu, seperti yang tertulis di bawah ini, yang hampir pasti memerlukan calon pasiennya untuk berpuasa:

  • Tes darah: Untuk melakukan tes darah, biasanya kamu akan diminta untuk melakukan puasa selama 8–16 jam. Setelah itu, baru tes darah dapat dilakukan.
  • Kolonoskopi: Pemeriksaan usus mewajibkan kamu hanya mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan air putih selama 2–3 hari sebelum pemeriksaan. Beberapa jam sebelum pemeriksaan, kamu diwajibkan berpuasa dan mengonsumsi obat pencahar.
  • Anestesi: Jika kamu akan melakukan pemeriksaan dengan pembiusan total atau umum, kamu memerlukan berpuasa beberapa jam sebelum pemeriksaan dilakukan.
  • Gastroskopi: Pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat kondisi lambung. Biasanya, 6–8 jam sebelum pemeriksaan kamu dilarang untuk mengonsumsi apa pun. Hal ini dilakukan agar dokter dengan lebih mudah melihat kondisi isi lambung serta pendeteksian penyakit pada lambung.

Jika kamu dalam waktu dekat punya niat untuk melakukan tes MCU, kamu bisa melrik tawaran yang diberikan oleh Laboratorium Klinik Caya Depok. Salah satu fasilitas kesehatan di pinggiran Jakarta ini punya paket medical check up screening dasar 1 seharga Rp350.000.

Paket screening dasar 1 tes MCU adalah meliputi pemeriksaan hematologi lengkap; Serum Glutamic Pyruvic Transaminase atau SGPT; kolesterol lengkap; asam urat; glukosa darah; urin lengkap; dan rontgen. Karena pemeriksaan-pemeriksaan tersebut, calon pasien diwajibkan untuk berpuasa 8-12 jam terutama untuk pemeriksaan cholesterol total, trigliserida, gula darah puasa (kecuali minum air putih) sebelum pemeriksaan dilakukan.

Di akhir, perlu diketahui bahwa medical check up sangat direkomendasiin untuk langkah preventif, semakin dini suatu penyakit terdeteksi, semakin cepat juga pertolongan yang dapat diberikan. Dengan seperti ini, penyakit tidak berlanjut ke tahap yang lebih serius, sekaligus juga untuk mencegah pertolongan yang lebih rumit.

Kalau kamu tertarik, kamu bisa bisa membeli paket MCU ini di Toko SehatQ dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Paket yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan (non-refundable);
  • Setelah menyelesaikan pembayaran, kamu akan mendapatkan voucher untuk ditukarkan di hadapan petugas faskes saat akan melakukan pemeriksaan;
  • Voucher berlaku 1 (satu) bulan sejak pembelian;
  • Silahkan melakukan booking terlebih dahulu untuk mendapat slot pemeriksaan di rumah sakit atau klinik;
  • Waktu pemeriksaan setiap hari Senin sampai Sabtu pukul 07:00 hingga 20:00 WIB;
  • Harga yang tertera pada promo belum termasuk biaya administrasi;
  • Pemeriksaan dilakukan oleh perawat profesional dan di verifikasi dokter patalogi klinik.

Jadi, jawaban mengapa seseorang perlu berpuasa sebelum tes MCU adalah agar hasil pemeriksaannya akurat dan sesuai dengan kondisi asli. Dalam kata lain tidak terkontaminasi oleh zat atau bahan-bahan lain yang hadir karena pola konsumsi.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*