Amankah Methotrexate Selama Kehamilan dan Panduan Penggunaannya

  • December 24, 2020

Rheumatoid arthritis (RA) merupakan penyakit autoimun kronis yang menyebabkan peradangan pada sendi, dan lebih cenderung menyerang wanita. Methotrexate adalah obat yang umum digunakan untuk meringankan kondisi tersebut. Namun penggunaannya dapat berbahaya bagi wanita hamil.

Apa yang terjadi jika wanita hamil menggunakan methotrexate?

Methotrexate (MTX) merupakan antagonis asam folat dan memiliki efek teratogenik atau menyebabkan perkembangan tidak normal. USA Food and Drug Administration (FDA) melarang penggunaan methotrexate selama kehamilan karena obat ini dapat menyebabkan cacat lahir fisik maupun mental, dan kematian janin. Kecacatan akan lebih parah jika pajanan terjadi pada trimester pertama kehamilan. 

Wanita yang menggunakan MTX (≤30 mg / minggu) setelah proses pembuahan (konsepsi) lebih cenderung mengalami cacat lahir mayor. Contoh cacat lahir yang disebabkan metotreksat antara lain:

  • Cacat tabung saraf yang mempengaruhi otak, tulang belakang, dan sumsum tulang belakang
  • Sumbing
  • Disostosis cleidocranial, yaitu kelainan pada gigi dan tulang selangka 
  • Hipertelorisme, atau dua bagian tubuh dengan jarak tidak normal. Misalnya jarak antara kedua mata lebih jauh daripada orang normal
  • Malformasi lain seperti telinga berbentuk tidak normal, hidung datar, dan rahang terlalu kecil
  • Posisi tangan yang tidak normal di pergelangan tangan
  • Kehilangan tulang di lengan dan kaki

Selain pada wanita hamil, penggunaan methotrexate juga sebaiknya dihindari oleh pasangan yang merencanakan kehamilan. Meskipun dikonsumsi oleh pria, efeknya tetap dapat terlihat pada kehamilan pasangannya. 

Methotrexate juga tidak boleh digunakan oleh ibu menyusui, karena anak dapat terdampak efek obat melalui ASI. Efek sampingnya meliputi masalah pencernaan, seperti muntah dan diare, serta kelainan darah. Anak yang memiliki tingkat sel darah putih rendah berisiko terkena infeksi. Sedangkan tingkat sel darah merah rendah dapat menyebabkan anemia.

Kapan waktu yang tepat menggunakan methotrexate? 

Efek methotrexate dapat bertahan dalam waktu yang lama dalam tubuh. Wanita atau pria dengan rheumatoid arthritis yang sedang menjalani program hamil berarti harus menghentikan pengunaan methotrexate 3 bulan sebelum masa pembuahan. 

Jika seorang wanita yang menggunakan methotrexate baru mengetahui bahwa dirinya hamil, penggunaan harus dihentikan dengan segera dan lakukan pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit.

Ketika Anda berada dalam kondisi di atas, diskusikanlah dengan dokter untuk mendapat alternatif obat methotrexate yang lebih aman dikonsumsi selama kehamilan. Obat-obatan ini termasuk:

  • Azathioprine 
  • Siklosporin
  • Hydroxychloroquine 
  • Sulfasalazine 
  • Kortikosteroid dosis rendah

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen dan naproxen, yang dijual bebas juga aman digunakan selama trimester pertama dan kedua. Penggunaannya harus dihentikan ketika memasuki trimester ketiga karena NSAID dapat menyebabkan masalah serius pada jantung bayi.

Untuk kembali menggunakan methotrexate, pastikan bahwa Anda benar-benar sudah selesai dari fase menyusui atau konsultasikan dengan dokter kapan waktu penggunaan yang tepat. Namun jika Anda terpaksa menggunakan methotrexate pada fase menyusui, bicarakan dengan dokter mengenai cara lain untuk memberi makan buah hati Anda. 

Catatan

Methotrexate memiliki efek yang berbahaya pada kehamilan. Untuk menghindari kehamilan yang tidak terencana selagi penggunaan methotrexate, pasangan dapat melakukan upaya pencegahan dengan menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom, pil KB, dan alat kontrasepsi dalam rahim (IUD).

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar methotrexate dan kehamilan, contohnya seperti cara alami mengelola gejala RA selama kehamilan tanpa methotrexate, maka bisa ditanyakan secara langsung kepada dokter melalui aplikasi kesehatan SehatQ.

Download aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play Store.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*