Anak Kecanduan Game Online? Kenali Cirinya

  • November 3, 2020

Sekarang makin banyak jenis game online yang dapat dimainkan bahkan dapat menjadi lahan profesi bagi seseorang. Akan tetapi, tidak dapat dimungkiri, jenis permainan yang satu ini tetap dapat memberikan dampak buruk apabila terlalu sering dimainkan dan akhirnya kecanduan game online.

Kecanduan game online pun menjadi lebih rentan dialami oleh anak-anak. Ini karena umumnya anak-anak belum mampu mengatur waktu dan skala prioritas kegiatannya sehingga kerap terlena dengan jenis permainan yang bisa dimainkan lewat ponsel pintar ini. Alhasil ketika ia sudah kecanduan, berbagai risiko akibat bermain game online pun bisa diterimanya, mulai dari badan terasa lemas karena kurang tidur sampai kerusakan otot.

Mengawasi anak Anda pun menjadi penting agar ia tidak kecanduan game online. Anda pun perlu memperhatikan ciri-ciri kecanduan game online agar ketika menemukan tanda tersebut pada diri anak Anda, penanganan secara cepat dapat segera dilakukan. Berikut ini adalah ciri-ciri seseorang kecanduan game online yang mudah Anda identifikasi.

  1. Membicarakan Game Online

Tidak ada yang salah ketika membicarakan game online. Namun, berhati-hatilah apabila anak Anda terus-menerus membicarakan masalah permainan online ini kepada Anda ataupun siapapun yang dijumpainya. Membicarakan game online terus-menerus menunjukkan anak tersebut terus berpikir mengenai game online. Inilah yang menjadi salah satu tanda ia kecanduan game online.

  • Mudah Cemas dan Marah

Anak-anak yang kecanduan game online teridentifikasi menjadi pribadi yang mudah mengalami suasana hati. Perubahan suasana hati ke arah negatif khususnya akan langsung ia rasakan ketika jauh dari permainan yang ia senangi. Ia akan menjadi mudah cemas dan marah. Anda pun akan sulit memaksanya untuk berhenti bermain game online karena ia bisa sangat akan mengamuk karena anjuran tersebut.

  • Sulit Tidur

Game online akan lebih seru dimainkan pada malam hari karena pada saat itulah pemainnnya bertambah banyak. Karena alasan ini pula, orang-orang yang kecanduan game online cenderung menjadi sering begadang dan menjadi orang yang sulit tidur. Selidiki anak Anda sekarang juga, jika ia tiba-tiba menjadi sulit tidur dan lebih memilih bermain game online, Anda patut curiga ia mengalami kecanduan akan permainan tersebut.

  • Menarik Diri secara Sosial

Anak yang kecanduan game online akan lebih senang menghabiskan waktu sendirian atau hanya berada di kamar. Tak ayal, interaksi sosialnya pun menjadi berkurang. Jika ia sudah kecanduan parah, ia bahkan akan lebih menarik diri secara sosial hingga malas untuk bertemu dengan orang lain, bahkan dengan Anda sebagai keluarganya.

  • Berat Badan Berkurang

Kecanduan game online bisa membuat pengurangan berat badan yang cukup ekstrem pada para pecandunya. Ini karena ia akan lebih kehilangan nafsu makan sebab lebih mementingkan bermain game online setiap saat. Memilih untuk makan menurutnya akan merugikan sebab menghilangkan sebagian waktu untuk bermain game online yang ia sukai.

  • Masalah Nilai di Sekolah

Nilai anak yang merosot tiba-tiba di sekolah bukan tanpa sebab. Bisa jadi, ia mengalami penurunan nilai karena terlalu sibuk bermain game online. Jika sudah demikian, ia memiliki kemungkinan merupakan pecandu game online. Ini karena ketika kecanduan game online, seorang anak akan malas untuk memperhatikan pelajaran karena pikirannya terus tertuju pada permainan yang tengah dimainkan.

  • Menjadi Pembohong

Ditemukan korelasi antara tingkat kejujuran dengan kecanduan game online. Orang-orang yang telanjur menjadi pecandu game online kerap juga menjadi seorang pembohong. Kebohongan yang paling sering dilakukan adalah mengenai waktu berapa lama ia menghabiskan waktu untuk bermain game secara online.

***

Anak yang mengalami kecanduan game online baiknya segera direhabilitasi. Apabila Anda menemukan lebih dari satu gejala di atas pada diri anak Anda, segeralah menjumpai psikolog. Soalnya, besar kemungkinan ia sudah mengalami kecanduan game online.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*