Apa Yang Ditangani Dokter THT? Ini Dia!

Apa Yang Ditangani Dokter THT? Ini Dia!

  • January 7, 2021

Kebanyakan orang yang mengalami keluhan kuping berdenging ataupun sakit saat makan cenderung memilih datang terlebih dahulu ke dokter umum. Padahal sebenarnya, dengan keluhan-keluhan tersebut yang terjadi dalam jangka waktu cukup lama, disarankan penderita langsung menjumpai dan berkonsultasi dengan dokter THT. 

Dokter THT atau yang kerap disebut sebagai otorinolaringologis merupakan dokter dengan spesialisasi pada bagian kepala dan leher. Secara lebih detail, dokter spesialis ini dapat mendiagnosis dan melakukan penanganan secara lebih fokus pada berbagai masalah yang ada di seputar telinga, hidung, maupun tenggorokan. 

Mungkin Anda berpikir, dengan spesialisasi tersebut, sebenarnya apa yang bisa dilakukan oleh dokter THT. Bukannya bagian-bagian tersebut dapat pula ditangani oleh dokter umum atau dokter dengan spesialisasi yang berbeda? Supaya lebih memahami mengenai dokter THT, ada baiknya Anda mengetahui dulu bagian apa saja yang bisa ditangani oleh dokter spesialis tersebut, seperti di bawah ini. 

  • Telinga 

Jika Anda mengalami keluhan terus-menerus di bagian telinga, tiap dokter pasti akan menyarankan Anda untuk datang ke dokter THT. Pasalnya, dokter spesialis ini mampu menganalisis dan mendiagnosis berbagai keluhan telinga, kemudian memberikan perawatan yang sesuai bidang keilmuannya. Jangan remehkan sakit telinga. Jika Anda membiarkannya tanpa penanganan, kehilangan pendengaran serta gangguan sakit kepala yang parah bisa menyerang Anda. 

  • Hidung 

Dokter THT juga dapat mengatasi berbagai keluhan terkait fungsi rongga hidung. Bukan hanya mendiagnosis masalah indra penciuman, dokter THT juga terlatih menangani berbagai penyakit lain yang memengarughi kondisi rongga penciuman, seperti masalah alergi yang kerap membuat orang-orang bersin atau mengalami gangguan pernapasan. 

  • Tenggorokan 

Bagian-bagian tenggorokan juga merupakan ranah dokter THT. Dokter spesialis ini bisa mengobati berbagai penyakit terkait saluran tenggorokan, mulai dari laring sampai esophagus. Masalah-masalah terkait gangguan menelan ataupun gangguan produksi suara juga bersumber dari tenggorokan. 

  • Kepala dan Leher 

Meskipun THT hanya kependekan dari telinga, hidung, dan tenggorokan; sejatinya dokter dengan spesialisasi ini juga mampu menangani berbagai masalah yang berhubungan dengan bentuk kepala dan leher. Pasalnya, perubahan bentuk tersebut bisa memengaruhi fungsi dari telinga, hidung, maupun tenggorokan. 

Dengan ranah-ranah bagian tubuh di atas yang menjadi keahlian dokter THT, dokter spesialisasi ini pun bisa melakukan berbagai tindakan di bawah ini. 

  1. Mengobati Masalah Telinga 

Banyak masalah telinga yang bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dengan pendengaran, mulai dari rasa sakit sampai kemampuan mendengar yang berkurang. Masalah telinga tersebut, di antaranya infeksi, gangguan jalur saraf, berlubangnya gendang telinga, sampai tumor. Semua itu bisa ditangani oleh dokter THT. 

  1. Menangani Gangguan Hidung 

Sinusitis merupakan gangguan pada hidung yang paling banyak dikeluhkan orang-orang hingga akhirnya pergi menemui dokter THT. Sejumlah penanganan dan pengobatan pun akan diberikan agar pasien sinusitis maupun gangguan hidung lainnya dapat mengelola kondisinya secara lebih baik. 

  1. Memulihkan Gangguan Tenggorokan

Pengobatan untuk menangani masalah radang di tenggorokan ataupun terganggunya produksi suara yang bersumber dari masalah tenggorokan bisa dilakukan dokter THT. Umumnya akan dilakukan pengecekan penyebab dari masalah tersebut, untuk kemudian penanganan akan diberikan berdasarkan sumber masalah. 

  1. Melakukan Operasi Wajah 

Beberapa dokter THT bisa melakukan operasi wajah dengan tujuan memperbaiki kualitas fungsi dari telinga, hidung, maupun tenggorokan. Operasi yang dilakukan dokter spesialisasi ini lebih berfokus pada area wajah dan leher. 

  1. Mengobati Alergi 

Penyakit alergi kerap menimbulkan gangguan pada fungsi hidung. Karena itulah, ada subspesialiasi dari dokter THT yang mengarah ke pengobatan alergi. Umumnya, dokter THT akan memberikan penderita alergi obat-obatan alergi untuk memulihkan kondisi pasien ataupun memberikan terapi imun. 

  1. Melatih Tumbuh Kembang 

Dokter spesialis anak memang menjadi pakar pengobatan anak. Namun untuk beberapa kasus masalah tumbuh kembang, seperti keterlambatan berbicara ataupun kelahiran dengan pendengaran yang kurang, dokter THT yang akan mengambil alih. 

*** 

Sekarang sudah tidak bingung bukan mengenai apa saja yang bisa dilakukan oleh dokter THT. Jadi apabila Anda menemui keluhan terkait fungsi-fungsi di atas, sudah tahu bukan ke mana Anda seharusnya berobat?

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*