Benarkah Teh Hijau Ampuh Jadi Obat Anti Kanker?

  • May 12, 2021

Teh hijau adalah satu dari sekian banyak teh herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya berfungsi sebagai obat anti kanker.

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam teh hijau dipercaya mampu menangkal dan mengurangi gejala kanker. Akan tetapi, benarkah teh hijau sangat efektif dalam mencegah kanker?

Manfaat teh hijau sebagai pencegah kanker

Tingginya kandungan antioksidan di dalam teh hijau sudah banyak dikaitkan dengan manfaatnya untuk mencegah sejumlah penyakit, salah satunya adalah kanker. Namun, ternyata belum bisa dibuktikan apakah teh hijau benar-benar efektif dalam hal tersebut.

Pasalnya, belum ada penelitian ilmiah lebih banyak yang dilakukan untuk melihat apakah benar teh hijau dapat digunakan untuk mencegah kanker. Juga tidak ada panduan khusus jenis kanker apa yang bisa dicegah dengan meminum teh hijau.

Penelitian yang dilakukan hanyalah sebatas pada hewan dan belum dilakukan pada manusia. Alasan mengapa penelitian ini belum dilakukan adalah karena meneliti risiko kanker memerlukan waktu yang lebih banyak, bahkan bisa hampir seumur hidup pasien kanker tersebut.

Walaupun para ahli belum bisa membuktikan kaitan antara pencegahan kanker dengan konsumsi teh hijau, namun semua orang pasti setuju bahwa menjaga tubuh tetap sehat adalah cara terbaik untuk menurunkan risiko kanker pada seseorang.

Sedangkan, teh hijau sudah terbukti secara ilmiah mampu menyehatkan tubuh secara alami bila dikonsumsi rutin. Jadi, sebenarnya secara tidak langsung bisa saja teh hijau berkontribusi terhadap pencegahan kanker. 

Makanan lain yang bisa mencegah kanker

Selain teh hijau, ada sejumlah makanan lain dalam bentuk buah dan sayuran yang diketahui juga dapat mencegah kanker. Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan obat anti kanker ini untuk membantu tubuh tetap sehat dan terhindar dari risiko timbulnya kanker.

1. Alpukat

Alpukat kaya akan kandungan antioksidan dan juga dapat berfungsi sebagai pencegah peradangan. Tak hanya mencegah pembentukan sel-sel kanker, namun kandungan tersebut bisa membunuh sel-sel kanker sekaligus menguatkan sel-sel tubuh yang sehat.

2. Buah-buahan beri

Kandungan antioksidan kuat bernama flavonoid banyak ditemukan pada buah-buahan beri seperti stroberi, bluberi, blackberry, dan rasberi. Flavonoid diketahui menurunkan risiko pembentukan kanker dan menjadi sumber vitamin C dan E terbaik untuk menyehatkan tubuh. 

3. Kubis

Kubis ternyata mampu melawan sel-sel kanker dengan kandungan luar biasanya. Seperti polifenol yang menguatkan sel-sel sehat dan menyingkirkan stres oksidasi, serta antosianin yang mengurangi peradangan dan menurunkan risiko kanker. 

4. Delima 

Delima diketahui dapat mencegah kanker payudara berkat kandungan fitonutrien di dalamnya yang dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara dengan mengurangi produksi estrogen. 

5. Labu

Labu kaya akan vitamin A yang dapat membantu tubuh mencegah kanker usus dan vitamin K yang melindungi hati dan prostat dari kanker. Biji labu juga bermanfaat dengan kandungan tinggi fitosterol yang dapat melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker dan membangun fungsi imun. 

6. Tomat

Likopen di dalam tomat membantu menebalkan dan menguatkan dinding sel-sel tubuh sehingga menyulitkan racun dan patogen jahat pemicu terjadinya kanker untuk masuk di dalamnya. 

7. Brokoli

Brokoli adalah obat anti kanker terbaik dengan kandungan sulforaphane yang diketahui dapat mencegah kanker, salah satunya adalah kanker kolorektal. 

8. Wortel

Beberapa penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi wortel bisa menurunkan risiko jenis kanker tertentu, salah satunya kanker prostat. 

Satu hal yang perlu diketahui sebelum mengonsumsi teh hijau dan makanan lainnya sebagai obat anti kanker adalah tidak semua bahan alami aman dan bisa dikonsumsi bersamaan dengan obat farmasi. Pahami apa saja kandungan dan efek di dalamnya, dan konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*