Jus Buah untuk Diabetes, Aman atau Tidak?

Jus Buah untuk Diabetes, Aman atau Tidak?

  • August 20, 2021

Penderita diabetes seringkali dikaitkan dengan pantangan mengonsumsi makanan yang mengandung gula berlebih. Itulah sebabnya para penderita diabetes selektif dalam hal memilih makanan dan minuman. Meski begitu, penderita diabetes tetap membutuhkan berbagai asupan nutrisi dan vitamin bagi tubuh. Beragam pilihan buah-buahan jadi rekomendasi untuk menunjang kesehatan. Terkadang muncul pertanyaan terkait buah untuk diabetes: “Apakah jus buah aman bagi penderita diabetes?”

Jus buah adalah salah satu kreasi buah-buahan yang populer di kalangan masyarakat. Buah-buahan tak hanya dimakan dengan cara dipotong saja, melainkan juga bisa dijadikan salad, jus, hingga infused water. Beragam manfaat jus buah yang melimpah kerap diedukasikan kepada masyarakat. Sehingga banyak yang beranggapan bahwa semua jus buah baik bagi kesehatan. 

Namun, apakah jus buah untuk diabetes adalah pilihan yang tepat? Terkadang saat mengolah jus, sebagian orang menambahkan pemanis tambahan. Jika jus yang diolah merupakan buatan sendiri, kita bisa memilih untuk tidak menambahkan gula. Namun, jika jus yang diminum adalah jus buah dalam kemasan, bisa saja itu adalah minuman yang berbahaya. Mengingat penderita diabetes harus mengontrol asupan gula dan menghindari minuman yang terlalu manis.

Apakah Jus Buah Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes?

Masing-masing tubuh penderita diabetes memiliki tingkatan kadar gula yang berbeda-beda. Jika kadar gula dalam tubuh dalam keadaan tidak terkontrol, jus buah sementara bukan jadi pilihan yang tepat. Namun, sajian buah untuk diabetes yang direkomendasikan adalah dimakan secara langsung tanpa melewati proses olahan menjadi jus. 

Namun, apabila kadar gula dalam tubuh Anda terkendali, tidak masalah untuk minum jus buah yang  tidak banyak mengandung gula. Dengan mengetahui kondisi kadar gula dalam tubuh, Anda bisa menentukan apakah aman untuk menambah asupan gula atau malah sebaliknya.  Konsumsi jus buah pun tetap harus dalam pengawasan. Sebab masing-masing tubuh memiliki tingkat toleransi yang berbeda-beda terhadap gula.

Kreasi Jus Sayur & Buah untuk Diabetes yang Aman

Penelitian pada tahun 2013 menemukan bahwa minum 3 gelas jus buah dalam satu minggu menyebabkan peningkatan risiko diabetes. Namun, ada beberapa buah yang justru malah mengurangi risiko jika dimakan secara langsung. Buah tersebut di antaranya adalah bluberi, anggur, pisang, pir, dan lain-lain. Artinya, makan buah secara utuh jauh lebih baik daripada mengolahnya menjadi jus.

Namun, bukan berarti kita tidak bisa mengolah jus yang aman untuk diabetes. Ada beberapa pilihan buah dan sayur pahit untuk kemudian diolah menjadi jus yang sehat.

Jus Pare

Pare terkenal sebagai sayuran yang memiliki cita rasa pahit. Meski begitu, rasa pahit yang dikandung dalam pare membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, pare memiliki zat anti-diabetes yang aktif, seperti: charanti, yaitu zat aktif yang dapat menurunkan kadar gula darah. Selain itu, jus pare juga bermanfaat untuk mencegah sembelit, menurunkan berat badan, menjaga daya tahan tubuh, serta menyehatkan jantung.

Jus Bayam

Sayur bayam mengandung berbagai sumber nutrisi yang menyehatkan, seperti vitamin A, B, C, E, dan K. Bayam mengandung glukosa yang rendah sehingga bermanfaat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Dengan rutin minum jus buah, insulin diharapkan dapat bekerja secara optimal sehingga tubuh dapat mengolah energi. 

Jus Buah Amla

Buah amla banyak ditemukan di berbagai negara di Asia. Buah tersebut bisa dijadikan bahan masakan dan berkhasiat bagi kesehatan, terutama bagi penderita diabetes. Mineral kromium yang dikandung buah amla juga berfungsi meningkatkan sensitivitas insulin.

Itulah jus sayur dan buah untuk diabetes yang aman untuk diminum. Demi menjaga kadar gula dalam darah, penderita diabetes disarankan untuk konsumsi jus pahit dan mengonsumsi buah secara utuh daripada diolah menjadi jus.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*