Bukan Hanya Sebagai Pewangi, Begini Cara Memilih Baby Cologne yang Aman

Bukan Hanya Sebagai Pewangi, Begini Cara Memilih Baby Cologne yang Aman

  • February 18, 2021

Sebagai orang tua, Anda pasti menginginkan yang terbaik bagi bayi Anda. Kulit bayi sangat rentan dan sensitif, sehingga sebelum membeli produk perawatan dan kebutuhan bayi lainnya harus melalui penyaringan yang ketat. 

Salah satu produk spesifik yang mungkin Anda khawatirkan adalah parfum bayi. Baby cologne dianggap sebagai produk wajib bagi bayi. Namun banyak parfum dan produk pewangi mengandung bahan kimia yang dapat merusak kesehatan. 

Produk perawatan bayi yang dijual memang dilabeli dengan kata gentle dan aman. Tapi apakah klaim tersebut berlaku untuk seluruh produk?

Manfaat parfum bayi

Tujuan utama baby cologne adalah untuk memberikan wewangian pada tubuh si kecil. Mengaplikasikan pewangi pada bayi menciptakan wangi khas pada anak Anda. 

Pemberian parfum bayi dapat meningkatkan ikatan antara Anda dengan bayi Anda. Sehingga setiap Anda mencium wangi parfum tersebut di tempat lain, Anda akan mengingat buah hati Anda.

Manfaat lain dari baby cologne adalah menstimulasi indra si kecil. Stimulasi indra penting untuk mendorong perkembangan bayi. Pemilihan baby cologne yang tepat akan merangsang indra penciuman anak Anda. 

Cara memilih baby cologne yang aman

Idealnya sebelum memilih baby cologne, sebaiknya cek komposisi produknya terlebih dahulu. Pastikan tidak ada bahan baku yang menyebabkan alergi (alergen) sehingga tidak akan menimbulkan reaksi alergi ketika diaplikasikan pada bayi Anda. 

Pada dasarnya formulasi parfum bayi cukup kompleks karena komponennya dibatasi maksimal 1 hingga 3 bahan alami. Produsen baby cologne yang menggunakan bahan dasar produk sintetis juga melalui regulasi yang ketat, meski beberapa bisa menyebabkan alergi. 

Hal ini didasarkan pada kondisi kulit bayi yang tipis dan sensitif. Meskipun senyawa berada dalam jumlah kecil, konsentrasinya bisa tinggi di tubuh bayi. 

Sayangnya masih ada produsen yang memasukkan bahan-bahan yang bisa membahayakan si kecil. Bahan yang harus dihindari dan/atau diminimalisir antara lain:

  • Paraben

Paraben digunakan sebagai pengawet dalam produk farmasi, kosmetik, dan industri makanan. 

Paraben bisa memperpanjang umur simpan dan menjauhkan produk dari jamur serta bakteri. Namun paparan paraben dalam waktu lama bisa membahayakan, terlebih untuk bayi dan anak kecil.  

  • Phenoxyethanol

Phenoxyethanol digunakan sebagai penstabil dalam parfum sekaligus berguna untuk melawan bakteri dalam produk. Meski umum ditemukan, bukan berarti fenoksietanol aman digunakan. 

Penstabil ini bisa menimbulkan efek berbahaya bagi Anda dan bayi Anda jika tidak sengaja tertelan, terhirup, atau terserap melalui kulit.

  • Alkohol

Seperti paraben, alkohol membuat suatu produk lebih bertahan lama. Jika terpapar kulit bisa menyebabkan iritasi bahkan reaksi alergi. Kulit bayi sangat sensitif dan belum bisa bereaksi terhadap senyawa kimia yang kuat, seperti alkohol.

Belum lagi baunya yang sangat menyengat dan bisa membahayakan jika tidak sengaja terhirup oleh bayi.

Mengaplikasikan parfum pada si kecil

Tidak disarankan untuk mengoleskan parfum langsung ke kulit anak-anak apalagi pada kulit bayi. Meski mungkin ada produsen yang mengklaim produknya aman di kulit bayi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Agar lebih aman, aplikasikan parfum pada pakaian bayi.

Catatan

Pastikan memilih baby cologne dengan bahan yang aman dan murni untuk bayi Anda. Wangi lembut seperti ekstrak bunga kamomil, atau wangi segar dan manis seperti musk putih bercampur jeruk adalah beberapa wewangian yang cocok. Untuk pilihan baby cologne yang aman terpercaya, Anda bisa mengunjungi toko SehatQ dan mendapat pengalaman berbelanja yang menyenangkan.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*