Cara Memilih Obat Batuk Pilek Dewasa yang Aman

  • May 6, 2021

Gejala flu yang muncul seperti pilek, hidung tersumbat, batuk, hingga bersin-bersin memang cukup mengganggu. Meskipun gejala flu bisa sembuh sendiri, namun kita sebaiknya segera mengonsumsi obat batuk pilek dewasa agar tidak mengakibatkan gejala lain yang lebih parah.

Sebelum mengonsumsi obat batuk pilek dewasa, pastikan kamu sudah mengetahui kandungan, dosis, dan juga manfaatnya. Hal ini dilakukan agar obat yang kamu konsumsi aman dan tidak menimbulkan efek samping. 

Berikut ini cara memilih obat batuk pilek dewasa yang wajib kamu ketahui. 

Biasakan selalu baca label

Saat akan membeli obat batuk dan pilek, pastikan kamu membaca label dengan seksama. Biasanya, di dalam label terdapat informasi seputar komposisi obat, dosis dan cara pemakaian obat yang benar. 

Pastikan manfaat dari obat yang akan kamu konsumsi sesuai dengan gejala yang kamu alami. Misalnya, di dalam label menyertakan manfaat untuk mengatasi batuk dan pilek.

Selain itu, cek juga apakah usiamu sudah sesuai dengan batasan minimal usia penggunaan obat tersebut. 

Pilih obat dengan kandungan yang sesuai

Sekarang, sudah banyak beredar obat batuk dan pilek yang juga bisa mengatasi keluhan lain seperti demam, hidung tersumbat, sakit kepala, hingga bersin-bersin.

Pilih obat dengan kandungan yang hanya bisa mengobati gejala yang kamu alami. Hal ini agar obat bisa bekerja maksimal dan mencegah efek samping. 

Berikut ini beberapa jenis obat untuk mengatasi gejala flu seperti batuk dan pilek yang bisa kamu pertimbangkan. 

  • Kandungan antihistamin

Bermanfaat untuk mengurangi bersin dan menghentikan gejala pilek. Beberapa kandungan lain yang bisa mengatasi pilek dan bersin seperti diphenhydramine (Benadryl), loratadine (Claritin), dan chlorpheniramine (Chlor-Trimeton).

  • Dextromethorphan

Kandungan ini memiliki khasiat untuk meredakan batuk yang kamu alami. 

  • Ekspektoran

Berkhasiat untuk mengencerkan lendir saat kamu batuk. Obat dengan kandungan ekspektoran seperti Robitussin Chest Congestion dan Mucinex.

  • Nasal decongestants

Obat ini bisa meredakan dan membersihkan hidung yang tersumbat. Obat dengan kandungan nasal seperti Sudafed 12-Hour dan Sudafed PE.

  • Meredakan nyeri

Beberapa obat batuk dan pilek juga disertai dengan pereda nyeri yang bisa menurunkan demam. Beberapa obat ini terdapat pada ibuprofen, acetaminophen, dan naproxen.

Hindari dosis berlebihan

Saat mengonsumsi obat apapun, sebaiknya jangan mengonsumsi obat secara berlebihan atau overdose. Selain membuat obat tidak bekerja dengan maksimal, hal ini juga bisa menyebabkan efek samping yang membahayakan. 

Untuk menghindari dosis yang berlebihan, periksa setiap kandungan pada obat yang kamu konsumsi. Sebab, biasanya pada beberapa obat memiliki kandungan zat aktif yang sama.

Ketahui efek sampingnya

Pada beberapa obat menimbulkan efek samping yang berbeda-beda jika berinteraksi dengan bahan tertentu, seperti rasa kantuk, mual, pusing hingga komplikasi lain.

Sebaiknya baca label obat dengan seksama dan hindari makanan yang bisa menimbulkan interaksi dengan obat yang kamu konsumsi. 

Apabila belum jelas, sebaiknya tanyakan pada apoteker saat kamu membeli obat di apotek terdekat, ya. 

Pilih obat yang tidak menimbulkan alergi

Apabila kamu memiliki reaksi alergi terhadap kandungan di dalam obat sebaiknya hindari obat dengan kandungan tersebut. 

Pastikan kamu mengecek dengan teliti setiap kandungan yang ada di dalam obat dan aman untuk dikonsumsi. 

Pilih obat dengan bentuk cair 

Dibandingkan kaplet atau kapsul, obat dengan bentuk cair biasanya memiliki kerja yang lebih maksimal.

Jika kamu memiliki kesulitan dalam menelan obat tablet atau kapsul, obat yang berbentuk sirup ini juga bisa jadi solusi. Selain mudah dikonsumsi, obat cair juga bisa memberikan proses penyembuhan yang lebih cepat. 

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum mengonsumsi obat batuk pilek dewasa. Pastikan kamu selalu membaca label dengan benar, ya. 

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*