Cara Menurunkan Demam Anak Di Rumah, Selain Mengonsumsi Biogesic

  • September 3, 2021

Biogesic Anak Sirup adalah obat penurun demam untuk anak yang memiliki sertifikat halal dan aman untuk dikonsumsi. Selayaknya obat penurun demam pada umumnya, Biogesic Anak Sirup ini juga mengandung paracetamol. Selain dapat menurunkan demam, paracetamol dalam Biogesic Anak Sirup ini juga dapat menghilangkan nyeri sakit gigi dan sakit kepala.

Anda tidak perlu khawatir karena Biogesic Anak Sirup ini aman untuk dikonsumsi anak – anak sejak usia 0 – 12 tahun karena tidak memiliki kandungan alcohol, tidak terasa pahit dan terpenting tidak berakibat pada kesehatan lambung anak.

Anda dapat memastikan apakah si kecil termasuk demam atau tidak dengan mengukur suhu badannya menggunakan termometer. Jika suhu anak mencapai 38 derajat celcius atau bahkan lebih, maka dapat disimpulkan si kecil mengalami demam. Lakukan beberapa cara berikut ini sebagai langkah pertama untuk mengatasi demam anak, selain memberikan obat penurun demam seperti Biogesic Anak Sirup.

  1. Berikan kompres pada si kecil

Kompreslah si kecil dengan menggunakan kain yang sudah direndam dengan air yang memiliki suhu netral (tidak pada suhu dingin atau panas). Lakukan pengkompresan pada bagian dahi, dada, perut atau pun ketiak anak saat sedang tidur. Lakukanlah selama 20 hingga 30 menit. Berikan kompresan dengan secara berkala dengan jeda 1 sampai 2 jam. 

  1. Hindari pemakaian baju tebal

Pakailah pakaian yang nyaman untuk digunakan anak. Hindari pemakaian pakaian dengan bahan tebal karena akan menyebabkan demam sulit mereda. Hal ini dapat terjadi karena tubuh akan mengalami kepanasan sehingga akan sulit untuk mengeluarkan panasnya. Jadi, pakailah pakaian dengan bahan yang dapat menyerap keringat.

  1. Berikan makanan dan minuman yang cukup

Saat anak mengalami demam, pastika jika dia tidak mengalami cairan dan nutrisi. Apabila si kecil masih meminum ASI, maka berikanlah ASI sesering mungkin agar terhindar dari dehidrasi. Tetapi, jika sudah tidak meminum ASI, Anda dapat memberikannya air putih yang banyak. Pastikan air putih yang diberikan kepada anak adalah air yang tidak mengandung zat – zat berbahaya, tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna.

Sedangkan jika anak Anda sudah berusia cukup besar, maka bisa memberikannya makanan dan minuman yang menyegarkan seperti es krim atau pun yoghurt dingin. Hal ini dilakukan untuk membantu mendinginkan dari dalam tubuh.

  1. Menjaga suhu ruangan

Saat anak sedang demam, pastikan suhu ruangan tetap sejuk dan nyaman. Anda bisa menyalakan penyejuk ruangan seperti AC atau kipas, tetapi pastikan jika suhu tidak terlalu dingin. Jika anak terlihat tidak nyaman, segeralah matikan AC atau kipas, jangan sampai si kecil merasa kedinginan.

  1. Mandi menggunakan air hangat

Saat anak demam, bukan berarti tidak boleh dimandikan. Anda bisa tetap memandikannya dengan menggunakan air hangat. Pastikan suhu yang digunakan tidak membuat demam anak semakin tinggi. Penggunaan air hangat ini selain untuk menurunkan demam, juga bisa membuat si kecil menjadi lebih tenang.

Lakukanlah cara – cara di atas sebagai pengobatan pertama saat anak mengalami demam di rumah. Selain memberikan obat penurun demam seperti  Biogesic Anak Sirup perawatan seperti di atas, jika dilakukan dengan benar akan sangat membantu penurunan demam anak. 

Anda bisa membeli obat penurun demam di apotek terdekat atau pun sesuai dengan saran dari dokter anak. Akan tetapi jika demam anak tidak kunjung turun dalam jangka waktu maksimal 3hari, segeralah periksakan kondisi anak ke dokter!

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*