Bagaimana Cara Penularan Penyakit Melalui Udara dan Jenisnya?

Bagaimana Cara Penularan Penyakit Melalui Udara dan Jenisnya?

  • July 1, 2021

Di masa pandemi Covid-19 cara penularan penyakit melalui udara menjadi semakin marak karena ternyata virus asal Wuhan itu mampu bertransmisi melalui ruangan dengan sirkulasi udara tertutup.

Karena itu sangat disarankan membuat ruangan menjadi terbuka supaya virus yang ada di udara tersebut bisa keluar atau menghindari ruangan tertutup tersebut.

Lalu bagaimana penyakit bisa menyebar melalui udara atau airborne?

Hal ini karena virus, bakteri, dan jamur penyebab penyakit mempunyai kemampuan untuk menjelajah dan bertahan lama di udara sehingga udara menjadi terkontaminasi.

Di saat itulah mereka akan mencari wadah untuk bisa masuk ke tubuh seseorang melalui cipratan air liur, polusi asap, debu, tetesan uap air hingga lendir atau dahak dari orang yang bersin.

Saat masuk ke dalam tubuh dengan bentuk sebuah patogen mereka akan berkembang biak dan mulai menyebarkan penyakit.

Jenis Penyakitnya Apa Saja?

Penyakit-penyakit yang ditularkan melalui udara banyak jenisnya, dan beberapa di antaranya cukup populer.

COVID-19

Covid-19 yang sekarang ini masih merajalela adalah salah satu penyakit yang ditularkan melalui berbagai macam cara, salah satunya udara.

Penyakit yang merupakan jenis dari virus Corona ini telah menyebabkan jutaan infeksi dan ratusan ribu kematian pada 2020.

Covid-19 dianggap mampu menular melalui udara setelah adanya penelitian mengenai hal tersebut meskipun penyebab terbesar penyakit ini hingga sekarang adalah melalui cipratan air liur dan kontak fisik.

Pilek

Penyakit kedua adalah pilek yang disebabkan oleh rhinovirus. Penyakit ini sering disalah kaprahkan dengan flu karena hampir mirip pada gejalanya.

Flu 

Atau influenza adalah salah satu penyakit yang mudah menyebar dengan rentang waktu 5-7 hari untuk memunculkan gejalanya.

Penyakit ini termasuk yang mematikan, dan tidak bisa diobati sehingga hanya bisa dicegah melalui vaksinasi untuk meminimalkan risiko setiap tahunnya.

Cacar Air

Ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Cara penularan penyakit ini adalah selama 1-2 hari sebelum adanya ruam pada tubuh. Perlu waktu 21 hari setelah terpapar penyakit untuk berkembang.

Cacar merupakan penyakit yang umumnya hanya hinggap sekali pada orang seumur hidupnya. Setelah itu virus menjadi tidak aktif.

Apabila virus aktif kembali, Anda akan mengalami kondisi kulit yang menyakitkan, herpes zoster. Ini bisa dengan mudah menular pada orang yang belum terkena cacar air.

Gondok

Gondok adalah penyakit lain yang sangat menular.  Cara penularannya adalah sebelum gejala muncul dan hingga 5 hari setelahnya. Penyakit ini cenderung terjadi di wilayah padat penduduk.

Campak

Penyakit lain yang dapat menular melalui udara adalah campak. Virus yang menularkan penyakit ini mampu aktif di udara atau permukaan hingga 2 jam.

Penyakit dapat menular hingga 4 hari sebelum dan 4 hari setelah ruam muncul. Campak merupakan salah satu penyakit mematikan.Untuk dapat mencegahnya diperlukan vaksinasi.

Batuk rejan 

Disebut juga dengan pertusis, yaitu batuk terus-menerus  yang diakibatkan oleh pembengkakan saluran udara. Penyakit ini mencapai puncaknya selama sekitar 2 minggu setelah batuk dimulai.

TBC

TBC merupakan salah satu penyakit pernapasan yang bisa ditularkan melalui kontak fisik dengan penderita dalam waktu yang intens.

TB merupakan salah satu penyakit mematikan selain covid-19. Orang yang menderita penyakit ini umumnya adalah yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan gejalanya dapat muncul beberapa hari setelah terpapar.

Difteri

Difteri merupakan penyakit pernapasan yang menyerang dan menyebabkan kematian pada anak-anak.

Cara penularan penyakit ini melalui uap air dan cipratan air liur dari berciuman atau bersin. Penyakit ini mempunyai komplikasi bisa merusak jantung, ginjal, dan saraf jika tidak ditangani.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*