Cegah Penyebaran Adenokarsinoma dengan 5 Perawatan Berikut

  • December 24, 2020

Kanker menjadi salah satu penyakit yang ditakuti di seluruh dunia. Ada beberapa jenis sel kanker, salah satunya adenokarsinoma. Sel ini terbentuk di kelenjar tubuh, dan pada banyak kasus orang yang mengembangkan adenokarsinoma cenderung tidak menampakkan gejala.

Mengatasi sel kanker secepat mungkin bisa menghentikan penyebarannya ke bagian tubuh lain. Ada beberapa pilihan pengobatan, termasuk operasi dan kemoterapi.

Penyebab kanker

Peneliti meyakini kanker disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor, seperti riwayat keluarga, dan lingkungan. Pada orang dewasa, adenokarsinoma biasanya terjadi dari paparan lingkungan terhadap sel epitel dari waktu ke waktu. 

Orang yang memiliki faktor risiko seperti di bawah ini lebih mungkin mengembangkan sel kanker:

  • Gaya hidup tidak sehat

Orang-orang yang hidupnya dipenuhi dengan kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol, dan makan makanan tinggi lemak sangat berisiko terkena kanker. Karena adenokarsinoma terlihat dalam jangka panjang, gaya hidup tak sehat sejak anak-anak dan remaja dapat memicu kanker saat dewasa.

  • Riwayat keluarga

Jika ada riwayat keluarga terkena kanker, baik orang tua, om dan tante, atau sepupu, sangat mungkin Anda terkena kanker di kemudian hari. Ada kemungkinan berbagai jenis kanker muncul lebih dari sekali dalam keluarga, namun tidak diketahui apakah kondisi tersebut terjadi karena mutasi genetik, atau kombinasi faktor lain.

  • Kelainan genetik

Kelainan genetik, seperti sindrom Wiskott-Aldrich dan Beckwith-Wiedemann dapat mengubah sistem kekebalan. Satu teori mengatakan, sumsum tulang belakang yang seharusnya melindungi tubuh dari penyakit, pada orang dengan kelainan genetik sumsum tulang justru memproduksi sel abnormal atau kanker. 

  • Paparan virus

Paparan virus tertentu, seperti Epstein-Barr dan HIV telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker pada anak-anak. Ada kemungkinan virus mengubah sel dan menghasilkan sel kanker. 

  • Eksposur lingkungan

Paparan bahan kimia tertentu telah lama dikaitkan dengan risiko penyakit, termasuk kanker. Pestisida, pupuk, dan kabel listrik juga telah diteliti kaitannya dengan penyebab kanker pada anak-anak. 

  • Efek kemoterapi dan radiasi dosis tinggi

Kemoterapi dan radiasi dapat mengubah sel dan/atau sistem kekebalan tubuh. Dalam beberapa kasus, mereka yang telah terpapar kemoterapi dan radiasi tinggi dapat kembali mengembangkan kanker atau keganasan kedua. Keganasan kedua adalah kanker yang muncul sebagai akibat dari pengobatan kanker yang berbeda. 

Perawatan adenokarsinoma

Adenokarsinoma terbentuk di kelenjar epitel lalu menyebar ke area tubuh lainnya. Adernokarsinoma merupakan penyebab sebagian besar kanker paru-paru, payudara, prostat, pankreas, dan usus besar. 

Sel otak juga dapat mengembangkan adenokarsinoma, biasanya disebabkan paparan radiasi atau karena perawatan lain. Adenokarsinoma otak juga bisa diakibatkan oleh sel kanker yang telah menyebar dari area tubuh lain. 

Untuk menghentikan penyebaran, orang-orang yang sudah mulai merasakan gejala adenokarsinoma harus segera memeriksakan diri secepat mungkin. Semakin cepat pemeriksaan, semakin cepat pula menerima perawatan untuk mencegah sel kanker menyebar dan mengakibatkan komplikasi. 

Perawatan untuk adenokarsinoma tergantung pada lokasi kanker, pertumbuhan sel, serta lokasi penyebaran. Berikut ini beberapa pertimbangan perawatan kanker karsinoma:

  1. Operasi

Mengangkat seluruh organ atau kelenjar kanker dilakukan untuk menghentikan penyebaran adenokarsinoma. Misalnya jika adenokarsinoma terdapat di salah satu payudara, dokter bisa mengangkat satu payudara secara utuh. 

  1. Kemoterapi

Pada perawatan kemoterapi, pasien kanker akan diberikan obat pembunuh kanker melalui infus atau menggunakannya secara oral. Sayangnya efek kemoterapi dapat membunuh sel sehat. 

Kebotakan, lelah, dan rasa sakit menjadi efek samping kemoterapi. Karena hal tersebut orang yang menjalani kemoterapi disarankan untuk menjalani rawat inap. 

  1. Terapi bertarget

Terapi bertarget merupakan alternatif yang lebih aman daripada kemoterapi. Dokter akan memberi obat yang menargetkan membunuh sel kanker. Namun obat ini diresepkan tergantung pada jenis kanker dan kesehatan individu. 

  1. Terapi radiasi

Pilihan pengobatan adenokarsinoma ini biasanya digunakan dalam kombinasi dengan pembedahan dan / atau kemoterapi. Terapi radiasi memancarkan sinar yang ditargetkan menghancurkan sel kanker tanpa merusak jaringan yang sehat.

  1. Imunoterapi

Obat imunoterapi tidak dirancang untuk menghentikan penyebaran kanker, tapi dapat mendukung sistem kekebalan untuk membunuh sel kanker. Manfaat imunoterapi akan terlihat tergantung pada jenis kanker, tingkat keparahan, dan kondisi kesehatan pengidapnya. 

Catatan

Karena adenokarsinoma cenderung tidak menimbulkan gejala, orang yang mengidap kanker ini bisa menyadari abnormalitas pada tubuhnya saat stadium kanker sudah tinggi. Setelah seseorang menerima perawatan, tingkat kelangsungan hidupnya bisa bervariasi. 

Misalnya 85%  wanita dengan kanker payudara yang belum menyebar ke organ lain memiliki tingkat kelangsungan hidup 5 tahun. Kualitas pengobatan dan faktor individu lainnya juga memengaruhi prognosis. 

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait adenokarsinoma dan diagnosisnya, tanyakan pada dokter secara langsung melalui aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store atau Google Play Store. 

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*