Ciri-ciri Toxic People yang Harus Dijauhi

  • August 21, 2020
Jauhi Toxic People, Ini Cara untuk Mendeteksi Mereka

Pepatah menyebut bahwa banyak teman banyak pula rezeki, hal itu memang terbukti pada zaman sekarang dengan memiliki teman yang banyak dapat dengan mudah seseorang memiliki informasi terkait berbagai hal. Seperti pekerjaan, keuangan, peluang usaha, kesehatan dan masih banyak lagi, namun bagaimana jika kenyataan menunjukkan adanya toxic people, bagaimana munculnya.

Toxic friend merupakan istilah yang mengacu pada teman yang tidak memberi dukungan dan kontribusi positif bagi kehidupan seseorang. Kebanyakan teman yang masuk dalam kategori tersebut kerap membuat orang lain stres, makan hati dan seolah menjadi racun yang merusak kebahagiaan serta kesehatan mental orang lain.

Ciri Toxic People

  • Hanya Mau Menang Sendiri

Mendukung teman ketika sedang dalam kesusahan merupakan suatu keharusan, tetapi bukan berarti seseorang harus memprioritaskan teman mereka setiap saat. Teman yang toxic akan menyuruh orang lain segera meninggalkan apa sedang mereka lakukan dan memintanya segera bergegas menemuinya.

  • Hanya Memanfaatkan

Toxic friend hanya muncul ketika mereka sedang butuh, hal ini menjadi ciri yang paling umum diketahui. Mereka hanya menemui atau mengunjungi temannya ketika membutuhkan bantuan dan jika memiliki keperluan yang bersangkutan dengan kepentingan mereka. Setelah itu, mereka akan meninggalkan temannya dan tidak memedulikan apa yang sebelumnya terjadi.

  • Banyak Drama

Ahli menyebutkan bahwa teman yang toxic membuat seseorang merasa kesulitan untuk berada di dekatnya. Seringkali mereka akan bersikap dingin atau baik terhadap temannya secara tiba-tiba. Kondisi ini membuat seseorang susah memprediksi suasana hati dan perlu berhati-hati dalam berbicara dan bertindak dengannya.

Mereka bisa membuat drama antara satu teman dengan teman lainnya atau orang di sekitaran lingkungan mereka. Khususnya terhadap teman-teman yang membuat seseorang tersebut menjadi lebih baik.

  • Bersikap Negatif

Teman yang toxic akan selalu bersikap negatif dan merasa tidak puas atas segala hal yang dilakukan temannya. Mereka merasa bahwa kehidupan yang dijalani penuh dengan ketidakadilan, bahkan mereka memproyeksikan sikap negatif tersebut ke temannya lewat kritikan dan ucapan penuh caci maki.

  • Membicarakan Diri Sendiri

Hanya akan berbicara mengenai dirinya sendiri, terkait keluh kesah dan pencapaiannya, mereka tidak akan mendengar kesulitan yang dialami. Bahkan tidak akan pernah menghargai pencapaian yang telah diraih teman mereka.

  • Tidak Berempati

Jangan pernah mengharapkan orang dengan kebiasaan negatif untuk sepenuhnya memahami orang lain. Orang yang toxic merupakan salah satu ciri orang yang tidak bisa mengerti dan memahami kondisi dari orang lain. Misalnya menceritakan masalah pribadi ke orang tersebut, mereka tidak akan memberi dukungan sebaliknya justru menyalahkan dan menghakimi.

  • Tidak Mau Mengakui Kesalahan

Selain merugikan dan menyebalkan, orang yang toxic tidak dapat untuk meminta maaf meskipun sudah jelas-jelas berbuat salah. Mereka akan menganggap kesalahan tersebut disebabkan oleh orang lain, kasus yang sering terjadi adalah orang-orang ini akan menjalin hubungan baik dengan orang lain tetapi hanya untuk mencapai tujuannya saja.

  • Merendahkan dan Meremehkan

Ciri toxic people selanjutnya adalah selalu menyangkal kesuksesan atau keberhasilan yang dibuat orang lain. Ketika mereka tahu akan keberhasilan itu, mereka secara tidak langsung akan membandingkan secara negatif dengan keberhasilan orang lain. Bahkan, orang ini tak segan menjatuhkan nama baik orang lain.

Diperlukan strategi dalam menjalani pertemanan, tidak asal dalam memilih karena alih-alih mendapat teman seperjuangan nantinya yang ada justru bisa membawa kesusahan pada diri sendiri. Bahkan, tak jarang membuat seseorang berada dalam keterpurukan.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*