Enggan Lakukan Scaling Gigi Karena Biaya Scaling Gigi Mahal? Ini Solusinya

  • September 8, 2021

Sehat tidaknya keadaan gigi dan mulut pasti tak terlepas dari bagaimana seseorang merawat keseluruhan mulutnya. Semakin sering dirawat dan dibersihkan, akan semakin baik juga keadaan kesehatan mulut. Berbicara mengenai kesehatan mulut, Anda pasti sudah sering mendapat istilah karang gigi. Karang gigi atau yang dalam bahasa inggris disebut “tartar” merupakan endapan keras yang melapisi gigi dan gusi di dalam mulut. Karang gigi awalnya terbentuk oleh bakteri yang secara alami bercampur dengan sisa-sisa makanan yang kemudian membentuk plak. Plak yang dibiarkan dan tidak dibersihkan inilah yang mampu menyebabkan karang gigi dapat timbul pada lapisan gigi dan gusi. Jika dibiarkan, karang gigi tersebut akan semakin tebal dan mengeras.

Karang gigi sebenarnya sangat buruk bagi kesehatan gigi dan gusi. Selain mampu menyebabkan tampilan gigi menjadi tidak bagus, ia juga bisa menyebabkan kebusukan pada lapisan gigi. Lalu bagaimana cara menghilangkan karang gigi dari permukan gigi dan gusi? Jawabannya adalah scaling gigi.

Apa itu scaling gigi?

Scaling gigi adalah proses pengangkatan karang gigi yang berlebih yang menempel dan mengeras pada permukaan gigi sehingga gigi dan gusi dapat bersih kembali. 

Mengapa scaling gigi perlu dilakukan?

Jelas hal ini perlu dilakukan. sebab, scaling gigi sangat erat kaitannya dengan kebersihan gigi dan mulut secara keseluruhan. Karang gigi yang dibiarkan dan tidak dibersihkan mampu menyebabkan berbagai masalah mulut datang, mulai dari bakteri yang terus menerus menumpuk, bau mulut, hingga rusaknya tampilan gigi.

Meski penting, nyatanya masih banyak orang yang enggan melakukan scaling gigi  Beberapa alasan yang sering ditemui:

1. Minimnya kesadaran akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut

2. Takut sakit

3. Biaya yang mahal

Jika beberapa dari Anda mengalami keluhan yang sama, sepertinya Anda harus datang dan mengunjungi Klinik Pratama Gerai Sehat Tangerang. Klinik ini menawarkan biaya scaling gigi yang sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp350.000 per pasien. Dengan harga Rp350.000 Anda sudah bisa mendapatkan perawatan scaling gigi dengan aman dan nyaman. 

Apa saja tindakan yang dilakukan saat Anda melakukan treatment scaling gigi di Klinik Pratama Gerai Sehat Tangerang?

– Pertama, dokter akan memberikan anestesi lokal agar pasien tidak merasakan sakit di area gigi dan gusi saat proses scaling. Anestesi biasanya tak selalu diberikan dan akan disesuaikan pada keparahan karang gigi.

– Kemudian, dokter akan memulai proses scaling menggunakan instrumen ultrasonik yang mengirimkan getaran pada gigi untuk melonggarkan plak yang mengeras (karang gigi). Lalu, dokter akan mengeluarkan semacam cairan dingin yang terbuat dari air untuk membersihkan puing-puing kotoran yang terlepas dari permukaan gigi dan gusi.

– Setelahnya, pasien akan diminta untuk berkumur selama beberapa saat untuk mengeluarkan karang gigi yang terlepas saat proses scaling.

– Setelah seluruh permukaan gigi dan gusi bersih dari karang, dokter akan mengoleskan cairan khusus pada gigi secara perlahan.

– Setelah perawatan selesai, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu panas atau pedas, serta minuman yang terlalu dingin karena ditakutkan gigi masih cukup sensitif pasca perawatan scaling gigi.

Dapatkan gigi yang sehat dan bersih dengan rajin merawat dan serta membersihkan gigi. Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan scaling gigi di Klinik Pratama Gerai Sehat Tangerang. Biaya scaling gigi terjangkau, dan Anda sudah bisa mendapatkan gigi yang bersih dan sehat sesuai keinginan Anda.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*