Fakta-Fakta Penting Mengenai Sindrom Turner

  • April 25, 2020

Sindrom Turner merupakan salah satu dari banyaknya kelainan genetika yang membuat penderitanya memiliki ciri-ciri tertentu pada tubuhnya. Sindrom Turner bisa dibilang merupakan kelainan genetika yang langka, berikut fakta-fakta lebih jauh mengenai sindrom ini:

  • Gejala kelainan fisik sejak dalam kandungan, bayi, dan dewasa

Saat masih dalam kandungan, kelainan genetika sindrom Turner ini dapat dilihat melalui USG, yaitu berupa pengumpulan cairan dalam jumlah yang banyak di belakang leher atau pengumpulan cairan abnormal, kelainan jantung, dan ginjal.

Sedangkan pada saat bayi, beberapa kelainan akan terlihat lebih jelas, seperti leher lebar, telinga rendah, pembengkakan tangan dan kaki, serta mulut bagian bawah mengecil atau menyusut, jari-jari tangan dan kaki yang pendek. Ketika dewasa pertumbuhan akan terganggu, seperti masalah pada tinggi badan dan pubertas.

  • Berlangsung dalam waktu yang lama

Sindrom Turner merupakan kondisi seumur hidup. Pada umumnya, penderitanya berumur Panjang dan hidup secara sehat, namun beberapa rentan terhadap beberapa kondisi kronis.

  • Pengobatan bagi penderita sindrom Turner

Meskipun tidak ada obat untuk mengatasi sindrom Turner, namun ada beberapa perawatan dapat membantu meminimalkan gejalanya.

  • Jika diberikan pada anak usia dini, suntikan hormon seringkali dapat meningkatkan tinggi badan ketika mereka dewasa nanti.
  • Estrogen Replacement Therapy (Terapi penggantian estrogen). ERT dapat membantu memulai perkembangan seksual sekunder yang biasanya dimulai saat pubertas (sekitar usia 12 tahun).
  • Pemeriksaan kesehatan secara teratur untuk mengatasi infeksi telinga, tekanan darah tinggi, dan masalah pada kelenjar tiroid.
  • Berpengaruh pada kecerdasan

Umumnya wanita yang memiliki sindrom Turner memiliki tingkat kecerdasan yang normal. Namun, ada juga kemungkinan munculnya masalah-masalah, dalam mengembangkan kemampuan belajar, seperti kemungkinan adanya kesulitan dengan indera pengarah, belajar matematika, dan ingatan nonverbal.

  • Berpengaruh terhadap kesuburan

Wanita penderita sindrom Turner akan mengalami kesulitan untuk hamil dikarenakan memiliki masalah pubertas saat remaja. Namun, terdapat perawatan kesuburan untuk membantu meningkatkan peluang bagi penderita sindrom Turner untuk memiliki bayi. Walaupun pada saat hamil perlu diawasi dengan baik karena memiliki risiko juga terhadap penyakit jantung.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*