telinga gatal

Hubungan Alergi dengan Telinga Gatal

  • May 5, 2021

Telinga gatal merupakan kondisi yang menyebalkan. Di sisi lain, jika terus digaruk juga bisa menyebabkan telinga menjadi kemerahan bahkan lecet. Namun demikian, telinga menjadi gatal bukan tanpa sebab. Hal ini dikarenakan bisa saja kondisi itu diakibatkan karena kita mengalami suatu alergi.

Alergi yang dimaksud adalah respons dari sistem imun terhadap benda asing yang dianggap berbahaya oleh tubuh. Oleh karena itu, apabila zat alergen itu menyentuh atau masuk ke dalam tubuh, maka reaksi alergi bisa terjadi. Hal ini tentu saja berlaku juga jika alergen menyentuh telinga dan kemudian membuatnya menjadi gatal.

Berdasarkan penjelasan tersebut, kita perlu mencari tahu apa saja benda yang mengandung zat alergen. Sebab, bukan tidak mungkin telinga gatal yang dialami oleh pembaca dikarenakan reaksi dari alergi.

Adapuan alergen yang bisa mengakibatkan munculnya alergi bisa terdapat di dalam makanan tertentu. Dihimpun dari berbagai sumber, zat alergen pada makanan ini umumnya ditemukan pada kacang, susu, telur, ikan, kerang, kedelai dan gandum. Oleh karenanya, menghindari konsumsi makanan itu harus dilakukan jika tidak ini tubuh anda mengeluarkan reaksi alergi.

Hanya saja, bagi pembaca yang belum mengetahui apakah memiliki alergi terhadap makanan tersebut, bisa segera berkonsultasi dengan dokter terkait. Terlepas dari makanan, alergen ini bisa juga ditemukan pada kosmetik. Sehingga, apabila di antara pembaca menggunakannya dan menyentuh bagian telinga, maka bukan tidak mungkin reaksi yang ditimbulkan adalah rasa gatal.

Oleh sebab itu, agar telinga gatal bisa dihindari, ada baiknya pembaca mencari tahu lebih dahulu kandungan yang ada pada kosmetik yang digunakan. Hal ini tentu saja sebagai upaya pencegahan yang paling efektif untuk menghindari reaksi alergi.

Di sisi lain, zat alergen ini bisa juga ditemukan pada perhiasan. Adapun hal itu dapat terjadi apabila perhiasan yang dikenakan, seperti anting, mengandung logam. Lantaran penjelasan itu, lebih baik anda menghindari pemakaiannya jika tidak ingin telinga menjadi gatal.

Di samping penjelasan di atas, sebetulnya zat alergen ini bisa juga ditemukan pada artikel umum yang terdapat di udara, seperti serbuk sari, debu, atau bulu. Sehingga jika di antara pembaca memiliki alergi dengan partikel itu, maka bukan tidak mungkin reaksi alergi yang muncul mengakibatkan telinga gatal.

Penjelasan singkat tersebut kita dapat mengetahui beberapa alergi yang reaksinya bisa membuat telinga menjadi gatal. Namun demikian, masih ada ragam penyebab lainnya yang membuat telinga gatal.

Adapun hal yang dimaksud adalah kondisi suhu ekstrim. Dihimpun dari berbagai sumber, jika kita berada di suatu lokasi yang bersuhu terlalu dingin atau panas, maka itu bisa membuat telinga menjadi gatal. Selain itu, jika di antara pembaca  ada yang memakai alat bantu dengar, maka benda itu juga berpotensi membuat telinga gatal.

Selain daripada itu, stress, kotoran telinga yang menumpuk, atau membersihkan telinga tanpa cara yang benar juga termasuk penyebab rasa gatal timbul di area telinga. Lantaran kita telah mengetahui penyebabnya, langkah terbaik yang harus dilakukan adalah melakukan pencegahan. 

Selain menghindari hal-hal yang berpotensi alergi kambuh, menjaga kebersihan telinga dengan cara yang tepat juga tidak boleh diabaikan. Hal ini perlu menjadi atensi bersama, sebab, kerap kali kita membersihkan telinga dengan cara yang sekenanya atau bahkan sebaliknya, tidak pernah membersihkan telinga sama sekali.Kebiasan tersebut tentunya harus diubah karena selain menyebabkan telinga gatal, juga berpotensi menimbulkan penyakit lain pada telinga. Oleh karena itu, menjaga kebersihan telinga dengan cara yang tepat merupakan tindakan yang tidak bisa ditawar lagi.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*