Informasi Penting Mengenai Cara Swab Antigen

  • September 24, 2021

Saat ini, swab test antigen menjadi metode diagnosis COVID-19 yang paling banyak dipilih karena harganya yang terjangkau dan hasilnya yang cukup akurat. Seiring dengan meningkatnya testing untuk mendeteksi COVID-19 di Indonesia, hasil swab test antigen menjadi salah satu persyaratan yang sering ditemui untuk berkegiatan. 

Jika Anda masih aktif berkegiatan di luar rumah dan bepergian, Anda akan perlu melakukan swab test antigen sebagai salah satu syarat, terutama jika Anda bepergian ke luar kota. Berikut adalah informasi penting yang perlu Anda ketahui mengenai cara swab antigen

Apa Itu Swab Test Antigen?

Swab test antigen adalah tes yang dilakukan untuk diagnosis COVID-19 dengan cara mendeteksi protein yang terdapat pada virus COVID-19. Seperti tes PCR, tes antigen menggunakan swab atau alat usap untuk mengambil sampel lendir dari hidung. Sampel lendir ini kemudian dicampurkan dengan cairan khusus untuk mendeteksi kandungan protein virus COVID-19 di dalamnya. 

Hasil tes antigen bisa didapatkan dalam waktu 15-30 menit, sehingga menjadi pilihan utama untuk testing dengan jumlah banyak dalam waktu singkat, seperti untuk keperluan bepergian. Swab test antigen juga lebih banyak ditemui dibandingkan swab test PCR karena tidak memerlukan peralatan atau laboratorium khusus untuk memeriksa hasilnya. 

Kelebihan dan Kekurangan Swab Test Antigen

Salah satu alasan mengapa swab test antigen lebih banyak dilakukan dibandingkan PCR adalah karena metode tes dan pemeriksaan hasilnya yang lebih sederhana. Hasil tes pun dapat diperoleh dengan cepat. Swab test antigen dapat diketahui hasilnya hanya dalam hitungan menit atau jam, sementara hasil tes PCR dapat membutuhkan waktu berjam-jam hingga berhari-hari jika antrian sedang panjang. 

Metode yang lebih sederhana tersebut juga membuat harga swab test antigen lebih murah dibandingkan PCR. Saat ini, batasan harga tertinggi swab test antigen adalah Rp99.000, sementara swab test PCR masih pada kisaran harga Rp250.000-Rp275.000.

Akan tetapi, metode yang lebih murah, cepat, dan mudah umumnya memiliki kekurangan tersendiri. Saat ini, tingkat akurasi swab test antigen di pasaran masih berada di bawah swab test PCR. Antigen yang terbentuk dalam tubuh ketika terinfeksi COVID-19 baru muncul setelah beberapa hari, sehingga hasil tes antigen yang dilakukan segera setelah berkontak dengan pasien positif akan kurang akurat.

Kapan Perlu Swab Test Antigen?

Jika Anda sering berkegiatan di luar rumah dimana Anda melakukan kontak erat dengan banyak orang, seperti bepergian dengan transportasi umum, dan Anda mulai menunjukkan gejala COVID-19, lakukan swab test antigen sebagai langkah deteksi awal. Swab test antigen juga perlu Anda lakukan dalam beberapa hari setelah Anda melakukan kontak dengan orang yang terkonfirmasi positif COVID-19, baik jika Anda menunjukkan gejala maupun tidak.

Swab test antigen juga bisa Anda lakukan jika Anda merasakan gejala COVID-19 tanpa kontak erat dengan orang yang terkonfirmasi positif COVID-19, namun disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui apakah tes diperlukan atau tidak.

Jika Anda perlu melakukan aktivitas dimana risiko menularkan COVID-19 sangat tinggi, misalnya bertemu dengan orang yang rentan terkena COVID-19, disarankan bahwa Anda melakukan lebih dari satu kali tes dalam periode waktu tertentu.   

Dimana Saya Bisa Mendapatkan Swab Test Antigen?

Saat ini, banyak laboratorium-laboratorium yang khusus difungsikan untuk tes COVID-19, baik swab test antigen maupun PCR. Laboratorium ini seringkali juga memiliki fasilitas drive-thru sehingga bisa mendapatkan hasil secara lebih cepat dan aman.

Akan tetapi, dengan banyaknya lokasi testing COVID-19 yang baru bermunculan, penting pula untuk mengecek kredibilitas lokasi testing yang Anda pilih. Pilihlah lokasi yang telah menjadi rekomendasi pemerintah setempat atau tergabung dalam fasilitas kesehatan yang jelas, seperti klinik atau rumah sakit.

Anda bisa booking untuk melakukan swab antigen lewat aplikasi SehatQ yang bisa langsung didownload melalui Google Play Store / App Store sekarang.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*