Ini Penyebab Gigi Geraham Berlubang dan Cara Mencegahnya

  • September 29, 2021

Gigi geraham adalah gigi rata yang terletak di bagian dalam atau belakang mulut. Ini merupakan gigi terbesar di mulum dengan bentuk dan variasi ukuran yang beragam. Gigi ini berfungsi untuk menggiling atau mengunyah makanan menjadi potongan yang mudah ditelan. 

Setiap gigi geraham berlabuh ke tulang rahang dengan dua sampai empat akar dan umumnya ada 12 gigi geraham pada orang dewasa, enam di rahang atas dan enam di rahang bawah dengan masing-masing tiga di setiap sisinya.

Gigi yang sehat tentu akan sangat menyenangkan tapi jika sudah rusak seperti berlubang tentu akan menimbulkan masalah terlebih nyeri yang amat mengganggu. Bagaimana penyebab gigi geraham dan cara mencegahnya? Berikut penjelasannya.

Cabut gigi geraham dilakukan jika gigi sudah tidak bisa dirawat lagi

Gigi geraham berlubang

Gigi geraham berlubang sama dengan gigi berlubang dan menjadi kerusakan gigi yang paling umum terjadi baik pada anak-anak, remaja dan orang dewasa yang lebih tua, bahkan kepada bayi. 

Penyebabnya pun terjadi dari kombinasi faktor baik itu bakteri, pola makan dan kurangnya menjaga kebersihan gigi. Jika tidak segera dirawat dan diobati maka akan mempengaruhi lapisan gigi dan terjadi masalah yang lebih besar. 

Gigi yang berlubang bisa mengakibatkan sakit gigi, sensitivitas gigi, sakit saat menggigit, adanya rongga pada gigi, bintik-bintik putih yang menandakan email mulai rusak, gusi yang berdarah, wajah membengkak, bau mulut hingga perubahan warna pada gigi. 

Apa penyebab gigi berlubang?

Perkembangan gigi berlubang disebabkan oleh banyak faktor yang berperan. Perkembangannya terjadi dengan:

  • Plak yang terbentuk

Memakan banyak gula dan pati, seperti buah, permen, roti, sereal, soda, jus, dan susu lalu tidak dibersihkan dengan baik, akan membentuk plak gigi. Ini berupa lapisan lengket bening yang melapisi gigi dan terbentuk dari bakteri yang memakan gula dan pati yang tersisa di gigi.

Mulanya, bakteri mulai memakan gula dan tepung tadi, mengubahnya menjadi asam, pencampuran bakteri, asam, makanan dan air liur ini lah akhirnya membentuk plak. Selanjutnya, plak yang menempel pada gigi dapat mengeras di bawah atau di atas garis gusi sehingga menghasilkan karang gigi (kalkulus). 

  • Serangan plak

Asam yang terdapat dalam plak bisa menghilangkan mineral di bagian luar email gigi atau dengan kata lain melarutkan email gigi. Erosi tersebut menciptakan lubang kecil atau lubang di email yang merupakan tahap pertama dari gigi berlubang. 

Area email akan makin terkikis, hingga bakteri dan asam dapat mencapai lapisan gigi berikutnya, yaitu dentin. Lapisan dentin lebih lembut dari email dan kurang tahan terhadap asam. Lapisan ini memiliki tabung kecil yang secara langsung berkomunikasi dengan saraf gigi yang akhirnya menimbulkan sensitivitas.

  • Penghancuran lanjutan

Tak sampai di situ, kerusakan gigi terus berlanjut bergerak ke sebelah bahan gigi bagian dalam atau pulpa yang mengandung saraf dan pembuluh darah. Bakteri yang sudah sampai ke pulpa akan menyebabkan pulpa menjadi bengkak dan teriritasi. 

Pembengkakan yang tertahan karena keterbatasan ruang akan membuat saraf menjadi tertekan, sehingga menyebabkan rasa sakit yang dapat meluas ke luar akar gigi hingga ke tulang.

Apa saja faktor risiko gigi berlubang?

Ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko gigi berlubang, di antaranya:

  • Memiliki kondisi sindrom Sjogren (kelainan autoimun yang menyebabkan mulut kering)
  • Mengonsumsi  obat-obatan yang menyebabkan mulut kering, contohnya antidepresan
  • Mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis maupun bertepung dan ngemil diantara waktu makan
  • Memiliki riwayat gigi berlubang dalam keluarga
  • Terapi radiasi atau kemoterapi untuk mengobati kanker di kepala dan leher
  • Tidak menjaga kebersihan mulut dan gigi
  • Tidak mendapatkan cukup fluoride untuk mencegah gigi berlubang
  • Usia lanjut yang bisa membawa risiko gigi aus dan gusi surut
  • Sakit maag atau GERD yang membuat asam lambung naik ke mulut dan mengikis email
  • Gangguan makan, seperti anoreksia dan bulimia
  • Menggunakan tambalan atau perangkat gigi

Cara mencegah gigi geraham berlubang

Gig geraham berlubang tentu dapat dicegah sebelum terjadi. Kebersihan mulut menjadi hal utama dalam mencegahnya. Melakukan perawatan gigi yang tepat akan mencegah datangnya lubang pada gigi. Perawatan pencegahan itu dapat berupa:

  • Sikat dengan pasta gigi berfluoride setelah makan atau minum, atau setidaknya dua kali sehari
  • Gunakan benang gigi atau pembersih interdental atau flossing gigi untuk membersihkan hingga ke sela-sela gigi setiap hari 
  • Gunakan tambahan obat kumur mengandung fluoride terutama bagi Anda yang memiliki risiko tinggi gigi berlubang
  • Mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk mendapat pemeriksaan dan pembersihan gigi profesional, setidaknya dua kali dalam setahun. Ini akan membantu dalam mencegah masalah gigi 
  • Pertimbangkan menggunakan sealant gigi (lapisan plastik pelindung yang diaplikasikan pada permukaan kunyah gigi belakang) untuk melindungi permukaan kunyah atas gigi, menutup alur dan celah yang cenderung mengumpulkan makanan, melindungi email gigi dari plak dan asam. 
  • Hindari atau kurangi ngemil dan makanan atau minuman manis dan bertepung 
  • Makanlah makanan yang baik dan menyehatkan gigi, hindari makanan yang bisa tersangkut di lekukan, sela dan lubang gigi dalam waktu lama, dan sikat segera setelah memakannya
  • Perawatan gabungan, seperti mengonsumsi permen karet berbasis xylitol bebas gula bersama dengan resep fluoride dan obat kumur antibakteri untuk membantu mengurangi risiko gigi berlubang
  • Konsultasikan pada dokter jika Anda memiliki kondisi medis atau riwayat penyakit tertentu yang bisa berisiko tinggi timbulnya gigi berlubang

Gigi geraham berlubang penyebab utamanya adalah terlalu sering dan banyak memakan makanan manis dan bertepung tapi tidak membersihkannya dengan baik. Oleh karena itu, selalu lah menjaga kebersihan mulut dan gigi untuk mencegah gigi berlubang. Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi untuk memastikan kesehatan gigi serta mendapat pembersihan gigi profesional.Anda bisa berkonsultasi lebih banyak tentang gigi geraham berlubang pada dokter melalui chat di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Anda juga bisa memesan pemeriksaan gigi dan pembersihan gigi di Klinik SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Play Store.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*