Jangan Diremehkan, Segera Lakukan Ini Saat Gigi Ngilu

  • March 24, 2021

Sebagian besar dari Anda mungkin pernah merasakan gigi ngilu. Hal ini tentu menimbulkan ketidaknyamanan, bahkan bisa membuat Anda sampai sulit melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa. 

image Sakit Gigi

Banyak orang yang terlalu takut pergi ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan. Padahal, rasa ngilu yang dirasakan di gigi tidak boleh diremehkan. Semakin cepat Anda mendapatkan perawatan, maka semakin besar kemungkinan untuk pulih.

Hal yang perlu dilakukan saat gigi ngilu

Sebenarnya, cara paling tepat untuk mengatasi gigi ngilu adalah berobat ke dokter gigi. Namun, untuk meredakan rasa ngilu sementara waktu, Anda bisa mencoba melakukan beberapa hal ini: 

  • Menggunakan gel pereda nyeri pada area mulut, bisa dibeli di apotek atau supermarket
  • Minum obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen
  • Membilas mulut dengan air garam 
  • Mengonsumsi makanan yang lunak saja, seperti yogurt atau telur orak-arik
  • Hindari mengunyah di bagian gigi yang sakit

Sambil menanti jadwal konsultasi dengan dokter gigi, Anda bisa melakukan langkah-langkah di atas. Upaya tersebut bisa membantu mengatasi rasa nyeri untuk sementara waktu, namun tidak bisa menyembuhkan masalah pada gigi Anda secara permanen.

Perlu diingat, ketika merasakan ngilu pada gigi, hindari mengonsumsi makanan yang manis, terlalu dingin, atau terlalu panas. Selain itu, jangan merokok ketika sakit gigi, karena hal ini hanya akan memperburuk kondisi kesehatan gigi dan mulut Anda. 

Apakah gigi ngilu berbahaya?

Rasa nyeri pada gigi pasti ada penyebabnya. Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui faktor penyebab ini.

Setelah mengetahui penyebabnya, barulah dokter bisa melakukan diagnosa. Diagnosa dari dokter akan menentukan apakah Anda menderita masalah gigi yang berbahaya atau tidak. 

Sebaiknya, segera lakukan pemeriksaan ke dokter ketika Anda merasakan nyeri di gigi. Gigi ngilu dapat tergolong sebagai kategori darurat medis apabila:

  • Disertai dengan pembengkakan di rahang atau wajah, mungkin tanda penyebaran infeksi
  • Disertai dengan kesulitan bernapas dan menelan, bisa saja tanda dari kanker paru-paru
  • Disertai dengan nyeri di dada, pusing, serta tanda-tanda serangan jantung
  • Disertai dengan batuk yang tak kunjung sembuh atau batuk berdarah

Jika ngilu di gigi Anda disertai dengan sensasi di atas, maka Anda harus segera mendapatkan pertolongan dengan cepat. Biasanya, jika sudah mengalami hal ini, nyeri tidak bisa dihilangkan hanya dengan mengonsumsi obat pereda nyeri biasa. 

Upaya mencegah gigi ngilu

Merasakan ngilu di gigi tentu tidak menyenangkan. Supaya tidak merasakannya, sebaiknya lakukan upaya pencegahan sedini mungkin. 

Pencegahan paling baik agar tidak mengalami gigi ngilu adalah dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini bisa dilakukan dengan:

  • Menjaga gaya hidup sehat, seperti menghindari kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol
  • Rutin membersihkan gigi dengan sikat gigi dan benang pembersih setiap hari, guna mengangkat sisa makanan, bakteri, dan plak
  • Menyikat gigi dengan pasta gigi khusus selama dua menit, setidaknya dua kali dalam sehari

Kesehatan gigi juga saling berhubungan dengan kesehatan jantung dan paru-paru. Karena itu, penting bagi Anda untuk memelihara kesehatan jantung dan paru-paru demi terhindar dari masalah gigi.

Biasakan diri untuk mengonsumsi makanan yang sehat, rendah lemak dan tinggi serat. Lakukan juga olahraga selama 30 menit dalam sehari, kira-kira lima kali dalam seminggu. Dengan melakukan itu, Anda bisa menjaga kesehatan gigi dan terhindar dari gigi ngilu.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*