Jenis-Jenis Obat Pusing untuk Ibu Menyusui

  • October 22, 2021

Sangat wajar bagi ibu yang sedang menyusui selektif memilih obat untuk mengatasi pusing. Hal itu supaya bisa menghindari efek samping yang mungkin saja dialami oleh si kecil melalui air susu ibu atau ASI. Meski berbagai sumber menjelaskan kecil kemungkinannya membuat si buah hati mengalami efek samping dari penggunaan obat, tapi memperhatikan jenis obat pusing untuk ibu menyusui tetap tidak bisa diabaikan karena itu bagian pencegahan dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Berkenaan dengan obat pusing untuk ibu menyusui, setelah ditelusuri ternyata ada tiga jenis obat yang bisa dikatakan aman. Obat yang dimaksud adalah naproxen, paracetamol, dan ibuprofen. Untuk lebih jelasnya tentang tiga jenis obat tersebut, tidak ada salahnya agar anda membaca artikel ini hingga selesai. 

minum obat maag untuk ibu menyusui

Naproxen 

Obat pusing untuk ibu menyusui yang pertama dibahas adalah naproxen. Obat yang satu ini masuk ke dalam kategori obat anti-inflamasi non-steroid atau bisa juga disebut NSAID. Dikatakan masuk ke dalam kategori NSAID karena memang memiliki beberapa khasiat, yang satu di antaranya adalah meredakan sakit kepala. 

Bagi ibu yang sedang menyusui, naproxen merupakan obat yang dapat digunakan karena terbilang aman. Akan tetapi, anda tidak bisa mengonsumsinya secara sembarangan. Pasalnya, dalam minum obat tersebut, ibu yang lagi menyusui harus mengikuti aturan dan resep dokter. Catatan tersebut tidak bisa ditoleransi karena resep dokter salah satu tujuannya adalah untuk meminimalisir risiko efek samping baik untuk si ibu, maupun si buah hati. 

Paracetamol 

Obat pusing untuk ibu menyusui berikutnya adalah paracetamol. Obat yang juga bisa disebut analgesik ini memang bisa digunakan untuk meredakan pusing dan demam. Selain sebagai obat pereda pusing, paracetamol biasanya juga digunakan untuk meredakan nyeri yang kerap dialami setelah proses melahirkan. 

Namun demikian, sama seperti obat sebelumnya, obat paracetamol juga baru bisa dikonsumsi setelah ada resep dari dokter. Hal ini salah satu tujuannya agar bisa mengontrol dosis. Pasalnya, kandungan paracetamol bisa pula diminum oleh bayi melalui ASI. Oleh karena itu agar hal-hal yang tak diinginkan, seperti efek samping bisa dihindari, maka anda tidak boleh sembarangan minum obat tersebut. 

Ibuprofen 

Obat pusing untuk ibu menyusui yang terakhir adalah ibuprofen. Jenis obat yang satu ini memang terbilang aman untuk mengatasi sakit kepala bagi ibu yang lagi menyusui. Akan tetapi, meskipun tergolong aman, perlu diketahui pula bahwa ibuprofen sifatnya sama seperti paracetamol yang bisa diminum oleh si kecil melalui ASI. Kendati begitu, beberapa sumber menyebut kadar ibuprofen yang masuk ke dalam ASI terbilang sangat rendah  

Namun demikian, untuk menghindari efek samping nan bisa saja dialami oleh anda atau si kecil, maka tidak ada salahnya agar anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat tersebut. 

Itulah penjelasan singkat mengenai tiga obat pusing untuk ibu menyusui. Pada dasarnya ketiga obat tersebut aman digunakan. Namun dalam penggunaannya juga tak boleh asal karena perlu resep dokter. Lebih lanjut, meskipun aman, anda perlu juga memperhatikan kandungan dari tiga obat tersebut. Pasalnya, jika anda punya alergi terhadap kandungan dari salah satu obat itu, maka anda disarankan tidak mengonsumsinya. 

Akhir kata, itulah keterangan ringkas yang dapat kita ketahui perihal obat pusing untuk ibu menyusui. Besar harapan artikel singkat ini bisa membantu anda yang sedang mencari referensi obat pusing untuk ibu menyusui. Apabila anda merasa ragu, maka konsultasi langsung dengan dokter adalah langkah yang paling tepat dan bijak.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*