Jenis Kutil dan Cara Ampuh Menghilangkan Kutil

  • October 19, 2020

Kutil merupakan benjolan timbul pada kulit yang disebabkan oleh “human papillomavirus” atau disingkat HPV. Meskipun umumnya tidak berbahaya, kutil dapat merusak penampilan seseorang dan sangat menular. Dalam beberapa kasus, kutil dapat terasa sakit apabila disentuh. Ada lebih dari 100 jenis virus HPV yang dapat menyebabkan kutil. Virus tersebut relatif tidak berbahaya dan menyebabkan kutil pada kaki dan tangan. Namun, ada beberapa jenis HPV yang dapat menyebabkan kutil di daerah sekitar, dan di dalam, alat kelamin. Pada wanita, kutil alat kelamin dapat menyebabkan kanker serviks dan berpotensi menyebabkan kematian. Artikel ini akan membahas berbagai jenis kutil dan cara ampuh menghilangkan kutil.

Jenis kutil

Untuk mengetahui cara ampuh menghilangkan kutil, ada baiknya kita mengetahui jenis-jenis kutil terlebih dahulu. Ada lima jenis kutil, atau juga dikenal dengan istilah “wart”. Masing-masing jenis muncul dan tumbuh di bagian tubuh yang berbeda-beda dan memiliki tampilan yang berbeda pula.

  • Plantar wart

Kutil jenis ini tumbuh di telapak kaki. Berbeda dengan kutil lain yang tumbuh keluar dari kulit, plantar wart malah masuk ke dalam kulit. Apabila Anda memiliki plantar wart, Anda akan melihat ada lubang kecil di telapak kaki yang dikelilingi oleh kulit yang mengeras. Plantar wart dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat Anda berjalan kaki.

  • Common wart

Common wart biasanya tumbuh di jari tangan dan jari kaki, namun bisa tumbuh di mana saja di tubuh. Kutil ini memiliki tampilan yang kasar dengan ujung yang bulat. Selain itu, kutil jenis ini memiliki warna lebih cerah keabu-abuan dibandingkan dengan kulit normal di sekitarnya.

  • Flat wart

Kutil jenis ini biasanya tumbuh di wajah, paha, atau lengan. Flat wart berukuran kecil dan memiliki ujung yang datar, dengan warna merah muda, kecoklatan, atau sedikit kuning.

  • Periungual wart

Periungual wart adalah kutil yang tumbuh di bawah atau sekitar kuku jari kaki atau kuku jari tangan. Kutil ini akan terasa menyakitkan dan dapat memengaruhi pertumbuhan kuku.

  • Filiform wart

Filiform wart tumbuh di sekitar mulut atau hidung, dan terkadang di leher atau di bawah dagu. Filiform wart memiliki warna yang sama dengan kulit normal Anda.

Kutil umumnya dapat tumbuh dengan sendirinya dan tidak berbahaya. Namun, apabila Anda memiliki kutil di muka atau di daerah sensitif tubuh (seperti alat kelamin, mulut, dan hidung) dan terasa sakit, hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan. Dokter ahli kulit biasanya mengetahui cara ampuh menghilangkan kutil. Apabila kutil disertai dengan pendarahan atau tanda-tanda infeksi (seperti nanah) dan berubah warna, periksakan ke dokter. Anda juga perlu menghubungi dokter apabila Anda memiliki kutil dan menderita penyakit diabetes atau defisiensi sistem kekebalan tubuh seperti HIV/AIDS.

Cara ampuh menghilangkan kutil dapat dimulai dengan obat-obatan atau krim OTC yang tersedia di apotek. Namun, berhati-hatilah karena kutil dapat menular ke bagian kulit atau orang lain. Anda juga tidak boleh merawat kutil di kaki apabila Anda menderita diabetes. Diabetes dapat menyebabkan hilangnya sensasi pada kaki, sehingga Anda dapat menciderai kaki tanpa menyadarinya. Selain itu, jangan mencoba memotong/melepas kutil dari wajah atau bagian sensitif tubuh seperti mulut, hidung, dan alat kelamin, karena hal ini dapat menyebabkan infeksi pada daerah tersebut. Apabila Anda memutuskan menggunakan bantuan medis, pilihan perawatan cara ampuh menghilangkan kutil yang akan ditawarkan dokter adalah operasi atau penggunana nitrogen cair.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*