Jenis Obat Apotek untuk Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah

  • April 29, 2021

Jerawat merupakan masalah kulit yang kerap terjadi pada semua usia dan jenis kelamin. Seringkali jerawat meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan, dan tidak semua cara menghilangkan bekas jerawat merah bisa diaplikasikan ke semua orang. 

Bekas jerawat bisa muncul dengan bentuk titik gelap atau bahkan lekukan di kulit wajah. Beberapa bekas jerawat yang sulit dihilangkan bisa diatasi dengan cara melakukan tindakan medis. 

Jerawat batu dan jerawat biasa memiliki penanganan yang berbeda

Jenis-jenis Obat Apotek untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Ada beberapa obat untuk mengatasi jerawat maupun bekas jerawat yang dijual di apotek. Namun sebelum Anda membelinya, sebaiknya kenali jenis mana yang tepat dan efektif untuk menghilangkan bekas jerawat.

1. Asam salisilat

Salicylic acid atau asam salisilat merupakan bahan yang sering terdapat di produk perawatan kulit untuk mengatasi jerawat. Asam salisilat dapat membantu menyingkirkan kotoran, sel-sel kulit mati, dan sisa-sisa lainnya yang bisa menyebabkan jerawat.

Selain itu juga bisa mengecilkan jerawat dan kemerahan di jerawat, sekaligus menyamarkan bekas jerawat. Anda bisa menggunakan asam salisilat sebagai rutinitas perawatan kulit, terutama bagi Anda yang memiliki kulit rentan berjerawat. 

2. Retinoid

Retinoid bisa membantu menghilangkan bekas jerawat di kulit wajah. Kandungan retinoid mampu mencegah inflamasi, mengurangi luka jerawat, dan mempercepat regenerasi sel kulit. 

Namun berhati-hati saat menggunakannya karena retinoid bisa membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu gunakan tabir surya setelah memakai retinoid saat hendak pergi ke luar rumah. 

3. Asam alfa hidroksi (AHA)

Alpha hydroxy acid (AHA) atau asam alfa hidroksi bisa membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat. Banyak dokter yang merekomendasikan menggunakan AHA untuk mengatasi jerawat dan menyamarkan bekas jerawat.

4. Asam laktat

Asam laktat dapat berperan menjadi peeling alami untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati. Sekaligus menyamarkan bekas jerawat dan memuluskan keseluruhan tekstur kulit wajah.

Penggunaan asam laktat bisa mencerahkan bekas jerawat yang menggelap, walaupun terkadang juga bisa menyebabkan hiperpigmentasi. Banyak produk kecantikan yang menggunakan asam laktat di dalamnya, namun Anda juga bisa menemukannya di dalam cuka apel yang bisa digunakan sebagai alternatif alami. 

5. Niacinamide

Niacinamide merupakan bentuk vitamin B3 yang memiliki peran vital untuk menjaga kulit wajah tetap sehat. Selain itu juga memiliki kandungan anti inflamasi yang membantu mengatasi jerawat dan menyamarkan bekas jerawat. Niacinamide kini banyak ditemukan pada sejumlah produk kecantikan atau perawatan kulit. 

6. Tabir surya

Tabir surya memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit, maka dari itu menggunakan tabir surya sangat dianjurkan. Tabir surya melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya bagi kulit dan juga menyamarkan bekas jerawat yang bisa diperparah ketika terpapar sinar matahari secara langsung.

Tindakan Medis untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Tindakan medis merupakan cara menghilangkan bekas jerawat merah lainnya. Dokter akan merekomendasikan prosedur yang berbeda tergantung pada jenis kulit dan keparahan dari bekas jerawat yang dialami.

1. Peeling kimiawi

Peeling atau pengelupasan kulit kimiawi bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Sebagai salah satu cara meregenerasikan kulit yang paling banyak digunakan saat ini, peeling akan menggunakan bahan kimia (asam) yang kuat untuk membuang lapisan paling luar dari kulit dan menyamarkan bekas jerawat.

Sebelum melakukan tindakan pengelupasan kulit, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu terhadap efek samping dan juga jenis bahan yang digunakan. 

2. Suntik

Penyuntikan kortikosteroid bisa membantu menangani bekas jerawat yang sulit dihilangkan, baik jenis hipertropik (timbul lekukan) maupun keloid (menonjol dari kulit). Tindakan medis ini akan melakukan beberapa kali suntikan, yang paling sering adalah injeksi Botox.

3. Dermal filler

Pada beberapa kasus, dokter kulit bisa merekomendasikan menggunakan filler untuk menyamarkan bekas jerawat. Biasanya filler yang digunakan berbahan dasar kolagen, namun juga ada yang menggunakan asam hialuronat, polimetil metakrilat (PMMA), dan asam laktat-poly-L (PLLA).

Tindakan ini hanya bersifat sementara, biasanya selama 6-18 bulan. Ada juga opsi permanennya, namun perlu didiskusikan lebih jauh dengan dokter.

4. Dermabrasi

Sering dilakukan untuk mengatasi bekas jerawat yang sudah sangat parah, prosedur dermabrasi akan mengikis lapisan kulit luar yang mengalami kerusakan dengan alat khusus, sehingga akan merangsang sel-sel kulit baru untuk muncul. Prosedur ini cukup populer untuk memperbaiki tampilan kulit dan cukup efektif. 

5. Microneedling

Prosedur ini dilakukan dengan cara memasukan jarum-jarum kecil ke kulit di sekitar bekas jerawat. Jarum ini akan menstimulasi tubuh untuk memproduksi kolagen lebih banyak yang akan menyamarkan bekas jerawat. 

6. Laser

Prosedur laser memperbaiki tampilan kulit tanpa menggunakan bahan kimia atau mengikis kulit. Laser akan menyingkirkan lapisan kulit paling atas dan menggantinya dengan sel-sel kulit yang lebih muda di bawahnya, sehingga bisa menyamarkan bekas jerawat. 

Akan tetapi, tidak semua orang dapat melakukan prosedur laser. Tergantung jenis kulit dan tingkat keparahan bekas jerawat yang dialami, laser bisa memicu reaksi pada sebagian orang, terutama yang memiliki kulit sensitif. 

Mempertimbangkan Tindakan Medis

Sebelum melakukan tindakan medis sebagai satu-satunya cara menghilangkan bekas jerawat merah, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Seperti melihat apakah bekas jerawat di kulit wajah Anda sudah terlalu parah atau tidak.

Kebanyakan bekas jerawat bisa hilang dengan sendirinya. Tapi jika terus-terusan ada perubahan pada warna kulit atau munculnya lekukan di kulit, maka Anda bisa mencoba melakukan tindakan medis.

Tindakan medis sebaiknya dilakukan setelah fase peradangan jerawat selesai. Dan perlu diingat bahwa tidak semua prosedur bisa bekerja dengan sama untuk semua orang.

Ada yang bisa berhasil dengan sekali prosedur saja, ada juga yang harus menjalani beberapa kali prosedur baru bisa merasakan hasilnya. Terkadang juga mengombinasikan beberapa prosedur dibutuhkan untuk benar-benar bisa menghilangkan bekas jerawat.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk bisa menentukan prosedur mana yang bisa jadi cara menghilangkan bekas jerawat merah yang tepat untuk Anda dan memberikan hasil yang efektif.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*