obh ika

Jenis Obat untuk Batuk Berdahak Seperti OBH IKA

  • August 5, 2021

Batuk berdahak merupakan batuk yang memiliki ciri khas yaitu batuk yang disertai dengan lendir atau dahak. Batuk berdahak dapat disebabkan karena infeksi akibat virus dan bakteri. Untuk batuk berdahak yang disebabkan karena virus, Anda tidak perlu mengonsumsi obat untuk meredakannya.

Jika batuk berdahak disebabkan karena bakteri, maka Anda perlu mengonsumsi obat seperti antibiotik untuk mengobatinya. Anda juga dapat mengonsumsi obat OTC (over the counter) atau obat bebas seperti OBH IKA untuk mengatasi batuk berdahak.

Obat batuk memiliki fungsi untuk meredakan gejala saat tubuh Anda sembuh. Akan tetapi, semua obat batuk tersebut tidak sama. Padahal, obat bebas atau OTC sendiri memiliki beberapa jenis yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut.

Ekspektoran

Obat batuk jenis ekspektoran berfungsi untuk membantu mengencerkan lendir, sehingga membantu Anda lebih mudah untuk batuk. Bahan yang sering digunakan sebagai ekspektoran adalah guaifenesin. Obat seperti OBH IKA juga memiliki fungsi atau jenis ekspektoran yang mampu mengencerkan dahak yang terdapat pada saluran udara.

Supresan

Obat batuk jenis supresan berfungsi untuk mengurangi frekuensi atau seberapa banyak Anda batuk. Bahan aktif yang tercantum untuk obat batuk jenis supresan yaitu dekstrometorfan (DM). 

Produk Obat Batuk Kombinasi

Jenis obat batuk ini pada umumnya memiliki lebih dari satu bahan aktif. Obat batuk tersebut juga mengandung guaifenesin dan dekstrometorfan. Obat batuk kombinasi kemungkinan juga mengandung bahan untuk membantu melapisi dan menenangkan tenggorokan.

Produk obat batuk kombinasi mungkin memiliki obat untuk meredakan gejala lain, yang mungkin termasuk jenis dekongestan yang berfungsi untuk mengatasi hidung tersumbat, antihistamin untuk meredakan gejala alergi atau pilek, atau obat penghilang rasa sakit. Oleh karena itu, pilihlah obat yang sesuai dengan gejala Anda.

Obat batuk juga ada yang dapat membantu meredakan batuk dan meredakan sakit tenggorokan .

Obat Batuk Topikal

Obat batuk ada yang dari jenis kamper dan mentol yang merupakan beberapa bahan alami untuk mengatasi batuk berdahak. Kamper dan mentol pada umumnya datang dalam bentuk salep yang dapat digosokkan di tenggorokan dan dada. Selain itu, obat batuk jenis topikal tersebut juga memiliki uap atau aroma yang berbau tajam, sehingga membantu meredakan batuk dan hidung yang tersumbat.

Anda juga bisa mendapatkan obat batuk topikal dalam bentuk cair untuk digunakan dengan alat penguap, sehingga uapnya bisa Anda hirup. Selain itu, mentol juga ada yang dalam wujud tablet hisap dan tablet yang dikompres.

Keamanan Konsumsi Obat Batuk

Dokter mungkin akan memberikan Anda informasi untuk tidak mengobati batuk karena pilek kecuali jika hal tersebut membuat Anda terjaga di malam hari atau mengganggu kehidupan Anda sehari-hari.

Kandungan bahan dekstrometorfan dapat memengaruhi obat yang digunakan untuk mengobati depresi. Selain itu, beberapa kombinasi obat pilek dan batuk mengandung dekongestan yang dapat meningkatkan tekanan darah. Jadi lewati mengonsumsi obat tersebut jika tekanan darah Anda tinggi atau jika memiliki penyakit jantung.

Khasiat OBH IKA

Salah satu obat OTC atau obat bebas yang kerap ditemukan yaitu OBH IKA. OBH IKA Sirup merupakan obat batuk hitam yang memiliki manfaat untuk membantu meredakan batuk berdahak. Obat tersebut mengandung ekspektoran, yang membantu penderita batuk berdahak karena membutuhkan pengencer dahak sehingga dahaknya bisa mudah keluar bersama dengan batuk. Selain itu, OBH IKA juga bermanfaat untuk melegakan tenggorokan. 

Dosis obat OBH IKA:

  • Dewasa: 15 mL diminum sebanyak 3 kali per hari
  • Anak-anak: 5 mL diminum sebanyak 3 kali per hari.

Anda perlu mematuhi aturan pakai obat OBH IKA yaitu dikonsumsi setelah makan, serta kocok dulu sebelum diminum. Anda bisa mendapatkan obat OBH IKA untuk mengatasi batuk berdahak dengan harga Rp 18.900 untuk kemasan isi 200 mL.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*