Jenis & Ukuran Tabung Oksigen Besar

  • September 9, 2021

Tabung oksigen saat ini menjadi suatu barang kebutuhan bagi para penderita Covid-19. Kehadiran tabung oksigen sangat penting bagi mereka yang dirawat di rumah sakit hingga menjalani isolasi mandiri di rumah. tak hanya bagi para penderita Covid, pasien yang menderita gangguan pernafasan pun membutuhkan kesediaan tabung ini di rumah.

Tabung oksigen besar yang disewakan atau dijual harus memiliki sertifikasi resmi. Kini tabung oksigen banyak ditemui dengan berbagai ukuran dan jenis. Mulai dari tabung oksigen konvensional hingga portable atau konsentrator. Ukurannya pun beragam dari yang berdiameter kecil hingga besar. Berikut jenis dan ukuran tabung oksigen.

Tabung oksigen medis

Tabung oksigen medis adalah sebuah wadah berisi oksigen biasa digunakan untuk terapi oksigen. Terapi oksigen diperlukan karena pasien tidak dapat memperoleh cukup oksigen sendiri dan karena itu membutuhkan oksigen tambahan.

Beberapa kondisi yang mengharuskan mereka memperoleh oksigen tambahan seperti memiliki gangguan pernafasan kronis, COPD, penyakit paru, asma, pneumonia dan terpapar Covid-19. 

Cara menggunakan tabung oksigen tidak sulit dilakukan

Jenis tabung oksigen medis

Tabung oksigen kini banyak jenis dan ukurannya. Ada tabung oksigen portable yang cocok untuk terapi oksigen khususnya bagi mereka yang suka bepergian. Untuk jenis ini biasa dioperasikan dengan baterai atau listrik, bentuknya pun lebih kecil dan lebih ringan.

Ada pula tabung oksigen konvensional yang menyimpan oksigen dalam bentuk cair. Tabung ini akan mengubah oksigen cair tersebut menjadi gas yang dapat dihirup pasien. Jika habis, oksigen tersebut harus diisi ulang. Ukuran tabung ini pun beragam dan biasa besar serta berat. 

Ukuran tabung oksigen besar

Tabung oksigen memiliki ukuran yang berbeda dan ditandai dengan simbol tertentu. “A” mewakili tangki terkecil sementara “E” mewakili tangki oksigen berukuran terbesar. Beberapa tangki oksigen akan memiliki nomor yang mengikuti huruf utama tangki. Angka ini mewakili jumlah kaki kubik oksigen yang dapat disimpan dalam silinder. 

Ada pula kode M, B, C, dan D yang ukuran dan kapasitasnya biasanya lebih kecil dan portable. Konsultasikan dengan dokter Anda atau tenaga kesehatan lainnya untuk memilih tangki oksigen mana yang cocok untuk Anda.

Tabung “E” adalah tabung oksigen yang paling umum dengan aluminium setinggi 3 kaki yang beratnya sekitar 8 pon dan membawa 2.200–3.000 PSI gas oksigen terkompresi tergantung pada perusahaan yang membuatnya. Jika digunakan terus menerus dengan kecepatan 2 liter per menit, tangki “E” akan bertahan sekitar 5–6 jam. Meskipun tangki “E” masih dianggap portable, namun terlalu tinggi untuk dibawa dengan aman dalam jarak jauh, jadi biasanya dilengkapi dengan roda. 

Tabung yang lebih besar berkode “H” (yang tidak portabel). Tabung oksigen besar, biasanya memiliki ukuran 1,5 m3 sampai 6 m3, tingginya mencapai 97 cm – 148 cm dengan diameter 15 cm -26 cm. Beratnya pun ada yang mencapai 60 kg dengan estimasi volume 60L. 

Tiap tabung oksigen besar bisa saja berbeda ukuran, berat, dan volumenya tergantung pada perusahaan yang memproduksinya. Ketahanannya pun berbeda sesuai dengan kecepatan laju oksigen serta penggunaannya.

Cara mendapatkan tabung oksigen besar

Untuk mendapatkan tabung oksigen besar, Anda dapat mendatangi langsung distributor tabung oksigen yang sudah tersertifikasi. Anda bisa menyewa, membeli, maupun mengisi ulang (refill) tabung oksigen. Pastikan toko yang Anda kunjungi serta tabung yang Anda dapatkan adalah asli. 

Tabung oksigen besar juga memiliki beberapa ukurannya, sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan konsultasikan terlebih dahulu kepada tenaga kesehatan ahli seperti dokter untuk memilih tabung yang cocok untuk Anda atau keluarga Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang tabung oksigen besar, mencari lokasi oksigen medis, serta bertanya jawab dengan tenaga medis, Anda dapat mengunjungi website SehatQ Tanggap Covid atau melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Play Store.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*