Kapan Waktu yang Tepat untuk Menjalani Konseling Pernikahan?

  • September 30, 2020

Dalam hubungan rumah tangga, setiap pasangan pasti pernah mengalami masalah. Terkadang, masalah yang terlalu banyak bisa menyulitkan hubungan Anda dan pasangan. Bila hal itu terjadi, mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk menjalani konseling pernikahan.

Konseling pernikahan merupakan alternatif yang tepat untuk memperbaiki hubungan pernikahan Anda dan pasangan. Tidak sedikit pasangan yang pada akhirnya berhasil mempertahankan hubungan pernikahan mereka berkat bantuan konseling tersebut.

Menentukan waktu yang tepat untuk melakukan konseling pernikahan

Terkadang, tidak semua orang menyadari bahwa mereka memerlukan konseling untuk memperbaiki hubungan pernikahan. Bila Anda tidak yakin apakah Anda dan pasangan perlu memulai konseling sesegera mungkin, coba pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  • Anda memendam banyak amarah dan kekesalan pada pasangan, begitu pula sebaliknya
  • Anda dan pasangan sering mengkritik satu sama lain
  • Anda dan pasangan menikah di usia yang masih sangat muda
  • Anda merasakan adanya jarak dalam hubungan pernikahan dengan pasangan
  • Anda memiliki latar belakang keluar dengan orang tua yang bercerai
  • Anda merasa sulit membangun komunikasi yang efektif dengan pasangan
  • Anda dan pasangan menjalani hubungan pernikahan beda agama

Sebelum memutuskan untuk menjalani konseling, cobalah mempertimbangkan poin-poin di atas. Bila Anda merasakan bahwa sebagian besar poin tersebut sesuai dengan kondisi Anda saat ini, mungkin sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai menjalani konseling pernikahan.

Tentunya, agar konseling dapat membuahkan hasil yang efektif, Anda perlu memastikan bahwa pasangan Anda pun bersedia melakukan konseling ini. Cobalah meminta pasangan untuk turut mempertimbangkan poin-poin di atas. Bila pasangan Anda merasakan hal yang sama dengan Anda, maka konseling bisa menjadi cara yang tepat untuk memulihkan pernikahan Anda.

Segeralah mencari terapis untuk memulai konseling sedini mungkin. Bila terlalu lama, menunda, masalah Anda bisa semakin memburuk dan kondisi pernikahan pun semakin sulit untuk dipulihkan.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan konseling pernikahan

Sebenarnya, tidak banyak persiapan yang perlu Anda lakukan untuk menjalani konseling pernikahan. Anda hanya perlu melakukan riset untuk menemukan terapis yang paling tepat.

Namun, sebelumnya, pastikan Anda dan pasangan sama-sama siap dan bersedia untuk memberi kesempatan kepada sang terapis untuk memberikan solusi bagi masalah Anda.

Anda bisa mencoba mencari terapis dengan meminta referensi dari keluarga atau teman-teman terdekat. Biasanya, Anda akan lebih mudah percaya pada terapis yang telah terbukti sukses dalam memperbaiki hubungan pernikahan orang yang Anda kenal.

Sebelum membuat jadwal sesi dengan terapis, pertimbangkan beberapa hal ini terlebih dahulu:

  • Latar belakang

Mengetahui latar belakang sang terapis bisa membantu Anda untuk memiliki harapan besar saat konseling. Cari tahu pengalaman sang terapis, testimoni dari orang-orang yang pernah berkonsultasi dengannya, serta pendidikan yang dijalani.

Pastikan terapis yang Anda pilih telah memiliki izin untuk menjalankan prakteknya secara legal.

  • Biaya konseling

Tentunya, faktor biaya tidak boleh luput dari pertimbangan ketika akan melakukan konseling. Terapis dengan pengalaman lebih banyak mungkin akan memberikan biaya konseling yang lebih tinggi, namun dengan hasil yang lebih terjamin

Cobalah sesuaikan konseling yang akan dipilih berdasarkan dana yang disediakan oleh Anda dan pasangan. Beberapa sesi konseling mungkin bisa ditanggung oleh asuransi.

Memutuskan untuk menjalani konseling pernikahan bukanlah hal yang mudah. Tapi, ketika Anda sudah berkomitmen untuk melakukannya, pernikahan Anda dan pasangan akan memiliki potensi untuk dipulihkan.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*