Kenali Efek Samping Antibiotik Sebelum Menggunakannya

  • October 9, 2020

Antibiotik merupakan salah satu jenis obat yang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, khususnya penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Meski penggunaannya sangat umum, Anda tetap perlu mewaspadai efek samping antibiotik sebelum mulai menggunakannya.

antibiotik

Selayaknya obat pada umumnya, antibiotik pun tidak terlepas dari kemungkinan menimbulkan efek samping. Antibiotik bekerja dengan membunuh bakteri penyebab infeksi atau mencegah bakteri tersebut dalam berkembang atau membelah diri.

Ada banyak sekali jenis-jenis antibiotik dengan dosis yang berbeda-beda. Penggunaan antibiotik biasanya disarankan untuk berlandaskan pada anjuran dari dokter dan tidak bisa dibeli sendiri secara bebas. 

Efek samping antibiotik yang umum terjadi

Timbulnya efek samping antibiotik bisa dikategorikan ke dalam dua golongan, yaitu golongan efek samping yang umum terjadi dan efek samping yang lebih serius. Pada efek samping umum, Anda mungkin akan mengalami kondisi-kondisi berikut ini: 

  • Masalah pencernaan

Masalah pencernaan menjadi salah satu efek samping penggunaan antibiotik yang sangat umum ditemukan. Biasanya, penderita akan mengalami gejala berupa mual dan muntah-muntah, diare, kembung, kehilangan nafsu makan, dan nyeri perut.

Untuk mengatasi hal ini, Anda hanya perlu berhenti mengonsumsi antibiotik yang memicunya. Atau, Anda juga bisa meminta saran dari dokter dan apoteker untuk meringankan gejala ini melalui makanan-makanan khusus.

Apabila gangguan pencernaan semakin parah, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. 

  • Fotosensitivitas

Fotosensitivitas adalah kondisi saat mata Anda menangkap sinar cahaya lebih terang dari biasanya, memicu kesulitan penglihatan. Selain itu, kondisi ini juga ditandai dengan kulit yang lebih sensitif pada sinar matahari.

Sama seperti efek samping masalah pencernaan, fotosensitivitas juga bisa dikendalikan setelah Anda berhenti mengonsumsi antibiotik. Selama mengonsumsi antibiotik, sebaiknya gunakan sun block secara rutin sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. 

Jangan lupa juga untuk mengenakan aksesoris pelindung seperti topi dan kaca mata hitam. 

  • Perubahan warna gigi

Menurut penelitian, 3-6% pasien yang mengonsumsi antibitoik dengan kandungan tetrasiklin mengalami perubahan warna gigi. Perubahan warna ini bersifat permanen dan tidak bisa dibersihkan.

Namun, perubahan warna gigi pada anak tidak akan bersifat permanen karena gigi anak masih dapat berganti menjadi gigi tetap menjelang dewasa. Apabila Anda ingin menghindari efek samping ini, tanyakan pada dokter mengenai alternatif pengobatan lain. 

Efek samping antibiotik yang lebih serius

Dalam kasus yang lebih serius, efek samping antibiotik harus segera diatasi. Sebenarnya, hal ini cukup jarang terjadi, tapi tetap perlu diantisipasi. Beberapa efek samping serius meliputi: 

  • Kekebalan bakteri terhadap antibiotik

Penggunaan antibiotik secara terus menerus memicu bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik tersebut, sehingga antibiotik tidak lagi mempan dalam menyembuhkan penyakit Anda. Jika dibiarkan, hal ini bisa mengancam jiwa.

Untuk menghindarinya, pastikan untuk mengonsumsi antibiotik sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter. 

  • Gagal ginjal

Ginjal manusia berperan dalam menghilangkan racun melalui darah dan urin. Antibiotik bisa membuat ginjal bekerja terlalu keras hingga ginjal mengalami kerusakan. Ditambah lagi, seiring bertambahnya usia, kemampuan kerja ginjal semakin menurun.

  • Penyakit jantung

Dalam kasus yang cukup jarang, antibiotik bisa menyebabkan pelemahan detak jantung dan tekanan darah rendah. Secara khusus, ini bisa terjadi pada pasien yang sebelumnya telah memiliki masalah penyakit jantung.

Agar terhindari dari berbagai efek samping antibiotik, pastikan untuk selalu mengonsumsi antibiotik sesuai dengan anjuran dokter. Bila efek samping dirasakan semakin parah, carilah penanganan tercepat dengan berkonsultasi pada dokter. 

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*