Neocate LCP

Kenali Gejala Bayi Alergi Susu Sapi, Atasi dengan Neocate LCP

  • September 17, 2021

Susu sapi memiliki banyak manfaat untuk mendukung perkembangan sang buah hati. Namun, nyatanya tidak sedikit anak yang alergi pada susu sapi dan intoleransi protein. Agar kebutuhan nutrisi anak tetap terpenuhi, dokter atau tenaga medis biasanya akan menganjurkan anak mengonsumsi susu khusus alergi susu sapi dan intoleransi protein seperti Neocate LCP.

Alergi susu sapi merupakan kondisi yang sering dialami oleh bayi dan anak usia dini. Sistem kekebalan tubuh anak yang mengalami alergi ini mengira bahwa protein pada susu merupakan kandungan yang berbahaya sehingga menimbulkan berbagai reaksi alergi. 

Banyak kondisi yang bisa menyebabkan anak alergi terhadap susu sapi, seperti usia yang masih terlalu dini, memiliki alergi terhadap kondisi lain, riwayat dermatitis atopik, dan riwayat keluarga lainnya yang juga alergi susu sapi.

Ciri-ciri Bayi Alergi Susu Sapi

Ketika anak mengalami alergi susu sapi, akan muncul beberapa gejala atau ciri-ciri yang berkaitan dengan gangguan saluran pencernaan, pernapasan, dan kulit. Lebih lanjutnya, gejala yang bisa dialami adalah sebagai berikut:

  • Gatal-gatal

Gejala paling umum saat anak yang mengalami alergi susu adalah gatal-gatal. Terkadang, rasa gatal di kulit juga disertai dengan munculnya ruam merah di beberapa bagian tubuh.

Gatal dan ruam merah ini biasanya muncul sesaat setelah si kecil mengonsumsi susu sapi.

  • Sesak napas

Gejala alergi susu sapi yang mengganggu fungsi pernapasan adalah anak mengalami sesak napas. Terdapat banyak lendir pada saluran pernapasan yang mengakibatkan anak sulit untuk bernapas.

  • Diare

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh bayi dan anak di seluruh dunia. Bahkan, data WHO menyebutkan bahwa lebih dari 750.000 anak-anak di seluruh dunia meninggal setiap tahun karena mengalami diare.

Alergi susu sapi bisa menimbulkan diare bagi anak. Diare biasanya muncul sesaat setelah anak minum susu sapi.

  • Gatal pada bagian bibir dan mulut

Pada beberapa kasus, alergi susu sapi bisa menimbulkan rasa gatal pada bagian bibir dan mulut anak. Bahkan, reaksi alergi tersebut bisa membuat bibir dan mulut menjadi bengkak.

  • Perut kembung

Gejala selanjutnya pada anak yang alergi susu sapi adalah mengalami perut kembung. Tubuh si kecil tidak bisa menerima protein susu sapi sehingga kondisi pencernaannya menjadi tidak nyaman.

Perut kembung juga bisa memicu mual dan muntah karena terlalu banyak gas yang terperangkap pada perut anak. 

  • Batuk

Selain sesak napas, batuk adalah gejala reaksi alergi pada sistem pernapasan lainnya yang perlu diwaspadai. Sebelum batuk, biasanya anak akan mengalami serak atau kesakitan saat berbicara. Maka dari itu, segera hentikan pemberian susu sapi jika sang buah hati mulai menunjukkan gejala tersebut.

  • Kolik

Kolik merupakan kondisi saat anak gelisah dan menangis terus-menerus. Kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa anak mengalami alergi susu sapi.

Biasanya tangisan akan semakin kencang ketika si kecil diberikan susu sapi. Alasan anak menangis adalah karena merasa sakit dan sesak di tenggorokan.

  • Bengkak pada wajah

Reaksi alergi susu sapi selanjutnya adalah wajah anak membengkak dan merah. Gejala ini harus segera ditangani agar anak mendapat pertolongan pertama.

Jika anak mengalami gejala-gejala tersebut, segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Susu untuk Anak yang Alergi Susu Sapi dan Intoleransi Protein

Bagi anak yang mengalami alergi susu sapi dan intoleransi protein, dokter mungkin akan merekomendasikan susu khusus alergi susu sapi. Salah satu susu bagi anak yang alergi susu sapi adalah Neocate LCP. Namun, susu ini hanya untuk keperluan medis khusus dan bisa didapatkan dengan resep dokter.

Susu ini berbahan dasar asam amino non-alergenik yang dibuat khusus untuk diet bayi dengan Alergi Susu Sapi. Neocate LCP dapat dikonsumsi oleh bayi berumur 0 bulan atau baru lahir hingga 12 bulan. Kandungan asam amino yang terdapat pada susu ini murni 100 persen dan menggunakan perpaduan asam lemak esensial untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Neocate LCP mampu menjaga saluran cerna, memenuhi kebutuhan protein anak, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mengoptimalkan perkembangan otaknya. Namun, pastikan bahwa saat memberikan anak susu ini telah berada dibawah pengawasan tenaga medis. Anda bisa mendapatkan Neocate LCP di toko online kesehatan terpercaya dan tentunya dengan resep dokter, ya.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*