Beginilah Antisipasi Risiko Kesehatan setelah Lari Maraton

Beginilah Antisipasi Risiko Kesehatan setelah Lari Maraton

  • September 9, 2021

Sebelum lari maraton, penting bahwa calon pelari harus menyadari risiko kesehatan seperti cedera dari sebelum memulainya. Selain itu, Anda juga perlu mendengarkan tubuh Anda ketika keadaan menjadi sulit. Misalnya, nyeri yang terkait dengan pembengkakan sendi atau yang menyebabkan sendi terasa tidak stabil harus diperiksakan.

Tak hanya itu, Anda juga harus mencari evaluasi untuk rasa sakit yang bertahan atau meningkat setelah istirahat dari berlari atau rasa sakit yang mengakibatkan Anda mengimbangi, mengubah lari, atau mengubah gaya berjalan Anda. Sebab, lari maraton yang tidak 100 persen sehat bisa berbahaya.

Saat mengikuti lari maraton, Anda tidak boleh membahayakan kesehatan jangka panjang Anda dengan memaksa tubuh mereka serta melakukan hal-hal yang tidak cukup mampu untuk dilakukan.

Beginilah tips mengobati cedera setelah lari maraton

Tak sedikit pelari maraton yang hampir tidak bisa sampai di garis finis. Kemungkinan, itu disebabkan oleh cedera yang dialami pelari saat balapan berlangsung.

Apabila Anda datang dengan pincang atau merasa tidak enak badan, Anda perlu mengambil bantuan yang disediakan. Ingatlah hal-hal berikut sebagai penanganan medis yang diperlukan setelah lari maraton.

1. Kunjungi Tenda Medis

Jangan menunda mengunjungi tenda medis. Sebaliknya, patuhi tim medis di garis finis. Jika mereka pikir Anda membutuhkan bantuan atau pengamatan. Sebab, otak Anda biasanya sangat berat di akhir perlombaan. Karena itu, datanglah ke tim medis segera untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Waspadai Dehidrasi dan Hiponatremia

Setelah lari maraton, kemungkinan Anda kekurangan cairan (dehidrasi) atau Anda mungkin memiliki ketidakseimbangan terlalu sedikit garam dan terlalu banyak cairan (hiponatremia). Apabila Anda telah melewati titik tidak bisa kembali untuk salah satu dari masalah ini, tim medis dapat memulai infus dan akan memantau Anda sampai Anda bisa buang air kecil.

Dalam kasus yang parah, Anda mungkin dibawa ke rumah sakit. Jika Anda merawat diri sendiri, minumlah minuman olahraga pengganti garam dan camilan asin daripada air putih. Sebab, pelari maraton yang lambat, seperti pejalan kaki, adalah kelompok yang paling berisiko mengalami hiponatremia.

3. Mengobati Keseleo dan Strain

Jika persendian menjadi merah dan bengkak dan sangat nyeri, itu bukan sekadar aktivitas yang berlebihan. Sekarang saatnya untuk melakukan istirahat yang cukup, kompresi, hingga elevasi. Anda mungkin memerlukan perhatian medis untuk fraktur stres atau cedera serius lainnya.

4. Ajak seseorang untuk menemani

Ada banyak orang yang mengalami pingsan setelah lari maraton. Sebagai antisipasi, Anda tidak boleh mengemudi sendirian selama 12 jam pertama. Anda membutuhkan seorang teman setelah maraton untuk memantau Anda untuk masalah medis.

Sebab, hal itu mengantisipasi terhadap kemungkinan risiko kesehatan yang terjadi. Salah satunya, gejala stroke dan ketidakteraturan detak jantung sangat serius. Gangguan kadar garam tubuh Anda selama maraton dapat memicu masalah detak jantung dan dalam kasus yang jarang terjadi, mengakibatkan kematian mendadak.

Beberapa tangtangan yang perlu diketahui sebelum lari maraton

Pelatihan dalam mengikuti lari maraton tidak hanya membutuhkan kekuatan fisik dan mental, tapi juga dedikasi yang luar biasa. Salah satu tantangan yang harus diperhatikan memanglah kesehatan si pelari. Selain itu, ada beberapa tantangan yang mungkin Anda temui. Berikut ini beberapa strategi yang dapat membantu Anda agar tantangan yang dihadapi terasa lebih mudah.

1. Lari Panjang

Latihan Anda yang paling penting setiap minggu adalah lari panjang. Anda bisa mengagendakannya saat weekend, Sabtu atau Minggu.

Secara bertahap, latihan tersebut akan meningkatkan jarak lari panjang Anda setiap minggu. Biasanya, tidak lebih dari satu atau dua mil per minggu untuk memastikan Anda siap secara fisik dan mental untuk jarak dan menghindari risiko cedera.

Bagi kebanyakan pelari, latihan lari terjauh mereka adalah 20 mil atau tidak lebih dari itu. Sebab, berlari lebih lama dapat menjadi tantangan mental dan fisik yang berat. Meski begitu, Anda harus membaca beberapa tips tentang berlari lebih jauh untuk membantu Anda meningkatkan jarak.

2. Cedera dan Penyakit

Sebagian besar cedera lari dapat dicegah dengan mengenakan sepatu yang tepat, melakukan peregangan setelah berlari, dan tidak melakukan terlalu banyak terlalu cepat. Namun, terlepas dari upaya pencegahan cedera terbaik Anda, Anda mungkin harus berurusan dengan beberapa cedera lari yang umum. Kabar baiknya, adalah banyak cedera lari merespons dengan baik untuk pengobatan sendiri.

3. Motivasi dan persiapan mental

Pelatihan lari maraton membutuhkan proses yang panjang. Terkadang, motivasi Anda untuk keluar dan berlari mungkin berkurang. Ikuti tips motivasi berlari ini untuk membantu Anda terus maju.

Satu hal yang mungkin akan Anda dengar dari pelari maraton veteran adalah bahwa sebagian besar balapan bersifat mental. Ya, aspek mental dari berlari sejauh 26,2 mil bisa sama sulitnya dengan tantangan fisik. Atasi kecemasan Anda dengan cara Anda agar bisa mengatasi kegelisahan sebelum balapan.

4. Gunakan Strategi Hari Balap

Lari maraton adalah tantangan mental yang luar biasa karena mengharuskan Anda untuk melewati hambatan mental dan membuat keputusan yang cerdas dan strategis selama perlombaan. Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan pelari maraton pemula adalah mereka memulai balapan terlalu cepat.

Anda pasti akan merasa baik selama beberapa mil pertama, jadi tergoda untuk mempercepatnya. Tapi Anda akan membayar untuk itu di kemudian hari. Karena itu, agar lari Anda tetap stabil, gunakan stopwatch untuk memprediksi kecepatan maraton dan waktu selesai Anda.

Perlu diketahui bahwa, sebelum Anda memulai lari maraton, ada baiknya bila Anda mempersiapkan dan memprediksi segala kemungkinan yang bakal terjadi. Sebab, mengantisipasi juga diperlukan agar persiapan Anda sebelum balapan berjalan optimal.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*