Macam-Macam Penyakit yang Menyebabkan Ujung Jari Kesemutan

Macam-Macam Penyakit yang Menyebabkan Ujung Jari Kesemutan

  • November 10, 2020

Setiap orang pasti pernah mengalami kesemutan, termasuk di ujung jari. Kesemutan sebenarnya merupakan kondisi yang wajar. Akan tetapi, bila ujung jari kesemutan terjadi terus menerus, Anda perlu mewaspadai penyebabnya.

Beberapa penyakit bisa menimbulkan gejala berupa kesemutan. Penyakit-penyakit ini bisa saja berbahaya apabila tidak segera ditangani. 

Penyakit yang menyebabkan ujung jari kesemutan

Kesemutan bisa terjadi karena terjadi tekanan pada saraf Anda ketika Anda sedang tidur atau berada pada posisi tertentu dalam waktu yang cukup lama. Rasa kesemutan sementara dipercaya banyak orang terjadi karena kurangnya sirkulasi darah. Padahal, hal ini disebabkan oleh kompresi saraf.

Karena terjadi pada saraf, rasa kesemutan sementara biasanya akan hilang setelah tekanan pada saraf dilepaskan. Akan tetapi, kesemutan yang terjadi secara berulang bisa disebabkan oleh penyakit yang lebih krusial, seperti: 

  • Carpal Tunnel Syndrome

Penyakit yang satu ini menjadi penyakit yang paling umum menyebabkan ujung jari kesemutan. Kondisi ini akan menyebabkan adanya tekanan pada saraf median di area pergelangan tangan. 

Biasanya, jari-jari yang pertama kali terkena kesemutan akibat gejala carpal tunnel syndrome adalah ibu jari dan telunjuk. Sementara, kelingking tidak pernah turut terpengaruh. 

Bila kondisi ini cukup ringan, Anda mungkin tidak memerlukan pengobatan tertentu. Jika memerlukan pengobatan, Anda mungkin akan dipasangkan alat berupa belat tangan, suntikan steroid ke pergelangan tangan, dan operasi. 

  • Diabetes

Sebenarnya, diabetes tidak langsung membuat seseorang merasakan kesemutan. Akan tetapi, diabetes terkait dengan kondisi diabetik neuropati yang memicu seseorang merasakan kesemutan. 

Kondisi ini cukup umum terjadi. Sebagian besar penderita diabetes tipe 2 di atas usia 60 tahun ke atas mengalami kondisi ini. 

Resiko ini akan semakin meningkat bila Anda memiliki kebiasaan merokok, tidak mengontrol diabetes dengan baik, dan memiliki tekanan darah tinggi atau komplikasi lainnya dari penyakit diabetes, seperti gagal ginjal. 

  • Multiple sclerosis

Multiple sclerosis adalah penyakit yang menyerang otak dan sumsum tulang belakang. Kedua organ tubuh ini merupakan organ yang membentuk sistem saraf pusat. Kesemutan dan mati rasa merupakan salah satu gejala yang ditimbulkannya. 

Kondisi ini bisa terjadi saat sel T dalam sistem kekebalan secara keliru menyerang lapisan lemak pelindung mielin yang menutup otak dan sumsum tulang belakang. Karena kondisi ini terjadi akibat kekeliruan sistem kekebalan tubuh, multiple sclerosis dapat dikategorikan sebagia penyakit autoimun.

Menurut penelitian, beberapa orang yang menderita kondisi ini bisa pulih sepenuhnya, sementara sebagian yang lain tidak pernah bisa benar-benar pulih. Penyebab hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut. 

  • Fibromyalgia

Fibromyalgia ditandai dengan nyeri muskuloskeletal yang meluas dengan menimbulkan gejala berupa kelelahan, perubahan suasana hati, gangguan ingatan, dan masalah tidur. Kondisi ini juga menjadi penyebab ujung jari kesemutan

Selain kesemutan, Anda akan merasakan nyeri atau rasa sakit. Rasa sakit ini bisa berlangsung sampai berbulan-bulan. 

Tidak hanya itu, penderita fibromyalgia juga dapat mengalami kesulitan atau kemunduran dalam hal kognitif yang mempengaruhi kemampuan mereka untuk fokus pada hal-hal yang berhubungan dengan mental. 

  • Penyakit Raynaud

Penyakit yang satu ini menyebabkan pembuluh darah yang sangat kecil di ujung jari-jari Anda menegang dan kejang, terutama ketika Anda sedang flu. Hal inilah yang membuat Anda bisa merasakan kesemutan pada ujung jari. 

Saat mengalami kondisi ini, jari-jari Anda akan mengalami perubahan warna menjadi putih dan dingin. Kemudian, warna jari akan berubah lagi menjadi kebiruan dan menjadi merah cerah saat sirkulasi terbuka kembali.

Hingga saat ini, 90 persen kasus penyakit Raynaud tidak diketahui dengan pasti penyebabnya. Namun, kondisi ini cukup jarang terjadi dan termasuk penyakit yang cukup langka.

Bila Anda merasakan ujung jari kesemutan yang tak terkendali, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab yang mendasarinya. 

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*