macam-macam virus

Macam-Macam Virus Berbahaya yang Perlu Anda Ketahui

  • October 1, 2021

Virus adalah penyebab dari beberapa penyakit yang diderita manusia. Macam-macam virus juga banyak ditemukan. 

Virus memiliki ukuran yang sangat kecil yaitu berkisar antara 20-300 milimikron. Virus mempunyai materi genetik berupa (RNA atau DNA) yang terbungkus oleh lipid, protein, dan glikoprotein. 

Virus dapat menyerang berbagai makhluk hidup, baik itu manusia, hewan dan tumbuhan melalui perantara udara, makanan dan darah. Virus akan menyerang ketika sistem kekebalan imun dalam tubuh sedang melemah.

Macam-Macam Virus

Seperti yang sudah disebutkan bahwa virus banyak memiliki berbagai jenis. Lalu apa saja macam-macam virus tersebut ? Berikut ini adalah macam-macam virus yang sudah ditemukan:

Virus Corona

Virus corona (COVID-19) adalah virus baru yang dapat menjangkit manusia. Virus ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami gejala yang ringan hingga berat. Gejala umum yang terjadi akibat virus corona ini adalah:

  • Demam Tinggi
  • Batuk
  • Sesak Napas

Penyebaran virus corona ini melalui udara dan sentuhan tangan. Sehingga perlu ada tindakan preventif untuk mencegah virus ini menular.

Untuk mencegah virus corona ini ada berbagai cara yang perlu dilakukan. Mulai dari vaksinasi, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. 

Virus HIV

Virus Human Immunodeficiency Virus atau virus HIV adalah virus yang bisa memperlambat kekebalan tubuh manusia. Apabila kekebalan tubuh manusia terus menurun maka tubuh akan rentan mengalami berbagai penyakit.

Penyebaran virus ini bisa melalui berbagai cara. Mulai dari hubungan seksual yang tidak sehat, penggunaan jarum suntik bekas dengan penderita HIV, dan juga penggunaan pembuat tatto dan body piercing.

Selain itu penyebaran virus ini juga dapat menular dengan kontak cairan tubuh. Cairan tersebut meliputi darah, air mani, dan sebagainya dari penderita HIV. Ibu menyusui juga bisa menularkan virus HIV kepada anaknya melalui air susu ibu (ASI).

Hingga saat ini belum ada cara untuk menyembuhkan penderita HIV. Tetapi dengan serangkaian perawatan akan bisa meminimalisir dampak buruk dari virus HIV ini untuk penderitanya.

Virus Dengue

Virus dengue adalah virus yang cukup populer di Indonesia. Virus ini adalah yang menyebabkan penyakit demam berdarah dengue (DBD). Virus ini disebarkan oleh nyamuk bernama Aedes aegypti. 

Untuk mencegah virus ini maka perlu menerapkan 3M plus, yaitu menutup, menguras dan memanfaatkan kembali barang yang sudah tidak terpakai. Plusnya adalah mencegah gigitan nyamuk dengan menggunakan lotion anti nyamuk.

Virus Hepatitis

Ada berbagai macam jenis dari virus hepatitis ini. umumnya virus hepatitis yang menyerang manusia adalah virus hepatitis A dan B. Virus ini dapat dicegah dengan adanya pemberian vaksin.

Pemberian vaksin hepatitis B sangat aman diberikan kepada bayi hingga orang dewasa yang berusia di bawah usia 18 tahun. Bahkan pemberian vaksin hepatitis B sangat disarankan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sebagai imunisasi dasar pada bayi baru lahir. 

Virus Ebola

Virus ini pertama kali ditemukan di dekat sungai Ebola di Zaire (Kongo) sekitar tahun 1976. Ebola adalah salah satu virus yang mematikan. Virus ini bisa menyebabkan diare, demam hingga pendarahan.

Penyebaran virus ini dengan kontak benda yang sudah terkontaminasi oleh cairan tubuh penderita virus ebola. Sama halnya dengan virus HIV, belum ada obat untuk bisa menyembuhkan penderita dari virus ebola ini.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*