Manfaat Menggambar Bagi Kesehatan Mental, Ini Penjelasannya

  • December 24, 2020

Menggambar atau melakukan coret-coret ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan mental Anda. Meskipun Anda bukan seniman hebat, ternyata menggambar sesuatu dapat membuat mental Anda lebih sehat. 

Kreativitas dapat menggerakkan emosi Anda dan melepaskan ketegangan yang mungkin Anda miliki selama ini. Jadi, ambillah pensil dan kertas lalu mulailah menggambar. Nah, berikut penjelasan mengapa manfaat menggambar sangat baik untuk kesehatan mental Anda. 

Manfaat menggambar 

Menggambar adalah salah satu dalam menciptakan seni dalam mengurangi stres, mendorong pemikiran kreatif meningkatkan platisitas otak, dan memberikan manfaat kesehatan mental lainnya. Selain menggambar, corat-coret bisa menjadi salah satu awal mula untuk Anda mencoba menggambar. Berikut beberapa manfaat dari menggambar:

  • Kreativitas dan berpikir.  Seni dan gambar mendorong proses berpikir kreatif di otak Anda yang membuat Anda berpikir di luar kotak (out of the box). Ini memperkuat keterampilan pemecahan masalah Anda dan membantu memunculkan kreativitas yang mungkin tersembunyi di dalam diri Anda. 
  • Meredakan stres dan kecemasan. Menggambar bisa menjadi terapiutik pikiran dan jiwa Anda. Secara umum, menikmati menggambar dan seni juga bisa menjadi pereda stres karena membuat Anda lepas dari masalah yang sebenarnya. 
  • Peningkatan harga diri. Menyelesaikan gambar dapat memberi Anda rasa pencapaian dan melakukan ini sebagai hobi yang dapat membuat Anda menjadi seniman yang lebih baik. Menggambar dan melakukan lebih banyak latihan, pada gilirannya akan meningkatkan harga diri Anda. 
  • Perspektif. Ini memberi Anda perspektif yang berbeda tentang kehidupan. Dengan menggambar, Anda dapat mengekspresikan emosi dan pikrian Anda melalui visual di atas kertas. Dengan mengamatkarya seni orang lain, Anda terhubung dengan cara yang berbeda dari orang lain karena Anda mungkin memiliki perasaan yang berbeda terhadap karya tersebut. 
  • Empati. Dengan perspektif, melihat karya seniman akan memberi empati dan cinta. Kita semua mengkespresikan emosi dan pikiran kita dengan cara yang berbeda dan cara kita menfsirkan potongan-potongan itu akan memberi kita pemahaman yang berebeda tentang orang dan budaya. 

Bagaimana menciptakan seni yang meredakan stres

Kegiatan seperti menggambar, melukis, memahat, dan fotografi adalah hobi yang menenangkan dan bermanfaat yang dapat menurunkan tingkat stres Anda dan membuat Anda merasa jernih serta tenang secara mental.

Menciptakan seni dapat memberikan pengalihan perhatian, memberi otak Anda istirahat dari pikiran-pikiran biasa. rata-rata orang memiliki kira-kira 60.000 pikiran per hari dan 90% di antaranya persis sama, setiap harinya. 

Jadi, ketika Anda benar-benar tenggelam dalam upaya kreatif, Anda mungkin menemukan diri Anda dalam apa yang dikenal dengan zona nyaman atau keadaan yang mengalir begitu saja. Menciptakan seni melatih Anda untuk berkonsentrasi pada detail dan lebih memperhatikan lingkungan Anda. 

Bagaimana seni mempengaruhi otak?

Setiap kali Anda terlibat dalam aktivitas baru atau kompleks, otak Anda akan menciptakan hubungan baru antara sel-sel otak. Kemampuan otak Anda untuk menumbuhkan koneksi dan berubah sepanjang hidup Anda disebut plastisitas otak, atau neuroplatisitas. 

Menciptakan seni merangsang komunikasi antara berbagai bagian otak. Dengan cara ini, membaut karya seni dan menggambar terbukti dapat meningkatkan ketahanan psikologis dan emosional, membuat Anda lebih tahan terhadap stres. 

Bagaimana menarik bukan? Begitu banyak manfaat menggambar bagi kesehatan mental kita tentu membuat kita pun menjadi lebih sehat dan terus dapat berpikiran positif. Melakukan berbagai kegiatan seni atau kreativitas yang kita sukai tentu akan memberikan hal positif juga bagi kesehatan tubuh dan mental. Jadi, kapan Anda akan mulai menggambar? 

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*