Manfaat Minyak Telon Anti Nyamuk, Bisa Bikin Tidur Nyenyak

  • March 22, 2021

Mengoleskan minyak telon anti nyamuk di tubuh, memberikan banyak manfaat. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebut jika minyak telon bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah, sehingga menghasilkan rasa hangat ketika dibalurkan ke tubuh.

Tak hanya memberikan kehangatan dan keharuman, minyak telon juga bisa berfungsi untuk melindungi si Kecil dari gigitan nyamuk.

Minyak telon terbuat dari campuran tiga bahan utama yaitu minyak adas, minyak kayu putih, dan minyak kelapa. Minyak adas dan minyak kayu putih adalah dua komposisi utamanya, sementara minyak kelapa berfungsi sebagai pelarut agar kedua minyak tersebut aman untuk langsung dioles ke kulit.

Jadi, tak heran jika banyak orang tua yang menyetok minyak telon anti nyamuk di rumah mereka.  

Apalagi, ada beberapa manfaat menggunakan minyak telon, antara lain: 

1. Membuat Tidur Lebih Nyenyak 

Bayi membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dibandingkan orang dewasa yaitu sekitar 14 hingga 18 jam, bergantung pada usia mereka. Hal ini karena siklus untuk tubuh dan otak mereka yang sedang tumbuh.

Tidur bermanfaat untuk kecerdasan bayi karena memungkinkan otak bayi menyerap apa yang dipelajari sepanjang hari dan menyimpannya.  

Sayangnya keadaan yang tidak nyaman seperti gigitan nyamuk, membuat bayi sulit untuk tidur. Untuk itulah, banyak ibu yang sengaja mengoleskan minyak telon anti nyamuk di bagian tubuhnya yang tidak tertutup pakaian.

2. Meringankan Perut Kembung 

Minyak adas yang terkandung pada minyak telon, bisa meredakan perut kembung pada anak. Terbuat dari ekstrak bunga adas yang mengandung antioksidan vitamin C, mangan, kalsium, dan banyak mineral lainnya.

Secara umum, minyak adas memiliki banyak manfaat seperti:

  • Mengatasi kolik pada bayi
  • Melegakan saluran napas
  • Meringankan perut kembung
  • Meringankan kram ringan
  • Sebagai antibakteri
  • Mengurangi peradangan
  • Membantu melindungi dari gigitan serangga

3. Terhindar dari Serangga 

Campuran minyak kayu putih dengan minyak lainnya pada minyak telon membuat minyak ini memiliki aroma yang kuat. Aroma yang kuat tersebut membuat serangga tidak mau mendekati Anda.

Pada tahun 2011, sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak cajuput yang merupakan bahan utama dari minyak kayu putih memiliki aroma yang dapat mengusir serangga.

4. Mengatasi Hidung Tersumbat 

Minyak telon anti nyamuk ternyata efektif untuk membantu mengatasi masalah pernapasan. Hal tersebut dikarenakan kandungan minyak kayu putih pada minyak telon bersifat dekongestan.

Menghirup aroma minyak telon, dapat membantu Anda meringankan gejala, seperti: 

  • Hidung tersumbat
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung beringus

5. Melembabkan Kulit 

Kandungan minyak kelapa yang terdapat dalam minyak telon bermanfaat untuk melembabkan kulit, tidak terkecuali kulit bayi. 

Kandungan ini mampu menghidrasi kulit dengan baik, serta terbukti mampu mengatasi gejala eksim yang ditandai dengan ruam dan gatal. Minyak kelapa yang memiliki sifat antimikroba, juga mampu melindungi kulit dari mikroorganisme yang mungkin bisa menyebabkan infeksi kulit.

Namun, untuk manfaat ini tak berlaku untuk orang dewasa. Ini karena kulit orang dewasa jauh lebih tebal ketimbang kulit anak-anak atau bayi. Kondisi kulit yang lebih tebal membuat efek hangat serta manfaat positif dari minyak telon kurang dirasakan oleh orang dewasa.

Bila orang dewasa ingin merasakan efeknya, Anda harus mengoleskan lebih banyak ke kulit. Di sisi lain, mengoleskan minyak telon secara berlebihan ke kulit berisiko tinggi menyebabkan iritasi kulit.

Orang dewasa bisa menggunakan minyak telon anti nyamuk dengan mengoleskannya di tubuhnya sebagai “aromaterapi” demi melegakan pernapasan dan hal-hal ringan lainnya.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*