Mengenal Kandungan Dalam OBH Tropica Plus Anak

  • September 10, 2021

Anak Anda batuk disertai gejala flu, seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersih? OBH Tropica Plus Anak bisa menjadi pilihan menjadi pilihan Anda. Diformulasikan khusus untuk meredakan batuk berdahak, flu dan demam, obat batuk ini tersedia dalam dua jenis rasa, yaitu jeruk dan strawberry. Jadi, bisa disesuaikan dengan rasa kesukaan anak Anda. 

Tak hanya itu, OBH Tropica Plus Anak juga mengandung ekstrak Glycyrrhizae succus 150 mg, paracetamol 120 mg, amonium klorida 50 mg, pseudoefedrin hidroklorida 7,5 mg, klorfeniramin maleat 1 mg. 

Ingin tahu lebih banyak manfaat bahan-bahan yang terkandung pada setiap 60 ml OBH Tropica Plus Anak ini? Berikut ini ulasan lengkapnya.

  1. Ekstrak Glycyrrhizae succus

Ekstrak Glycyrrhizae succus atau ekstrak akar manis merupakan salah satu kandungan dalam obat batuk OBH Tropica Plus Anak. Kandungan ini berasal dari sari akar tanaman Glycyrrhiza glabra varietas glandulifera dan dikenal bersifat ekspektoran, artinya dapat mengencerkan dahak sehingga membuat proses sekresi lendir dari saluran pernapasan jadi lebih mudah. 

Tanaman ini sudah sejak lama dibudidayakan di seluruh Eropa, Asia, dan Timur Tengah untuk mengobati penyakit, seperti masalah pencernaan, gejala menopause, batuk, dan infeksi bakteri dan virus. Ketika di ekstrak, warnanya menjadi hitam kecoklatan dan bersifat larut dalam air. Warna dari ekstrak Glycyrrhizae succus inilah yang menjadi ciri khas obat batuk dari OBH Tropica. 

  1. Paracetamol

Saat batuk biasanya diikuti dengan gejala flu, salah satunya adalah demam. Kondisi ini membuat anak jadi merasa tidak nyaman. Belum lagi ditambah dengan hidung tersumbat dan kepala pusing. Kandungan paracetamol dalam OBH Tropica Plus Anak ini dapat meredakan kondisi tersebut. 

Paracetamol adalah obat yang biasa digunakan untuk membantu mengobati rasa sakit dan menurunkan demam. Obat ini sering direkomendasikan karena cenderung aman untuk dikonsumsi dan efek sampingnya jarang terjadi. Meskipun demikian, obat ini tidak boleh dikonsumsi sembarangan karena dosis untuk setiap anak berbeda-beda tergantung usia mereka. 

  1. Amonium Klorida

Kandungan yang satu ini mungkin sering Anda temui hampir disetiap obat batuk berdahak karena bersifat ekspektoran. Selain sering dijadikan bahan campuran dalam obat batuk, amonium klorida ini juga termasuk dalam kategori suplemen elektrolit dalam bentuk suntikan atau injeksi untuk mengatasi kadar asam yang rendah dan alkalosis metabolik pada orang dewasa dan anak-anak.

  1. Pseudoefedrin Hidroklorida

Kandungan selanjutnya yang terdapat dalam OBH Tropica Plus Anak adalah pseudoefedrin hidroklorida. 

Dalam campuran obat batuk, kandungan ini berperan sebagai dekongestan atau pereda hidung tersumbat yang disebabkan oleh pilek, alergi, dan demam dengan cara merangsang reseptor alfa-adrenergik untuk mempersempit pembuluh darah (vasokontriksi) sehingga mengurangi pembengkakan  penyumbatan. 

Saat mengonsumsi obat dengan kandungan pseudoefedrin ini, Anda sebaiknya tidak mencampur atau menggunakan obat lain yang juga mengandung zat anti-penyumbatan atau dekongestan secara bersamaan. Selain itu, hindari juga mengonsumsi minuman, seperti kopi, teh, minuman soda, coklat, dan produk yang mengandung kafein lainnya karena dapat meningkatkan efek samping dari pseudoefedrin ini. 

  1. Klorfeniramin Maleat

Klorfeniramin maleat atau CTM merupakan obat yang sering digunakan untuk mengatasi gejala-gejala alergi. Selain itu, obat ini juga dapat meringankan gejala batuk pilek. Namun, CTM tidak boleh diberikan langsung kepada penderita batuk dan pilek karena fungsi utamanya tetap sebagai pereda gejala alergi. 

Itulah beberapa kandungan yang terdapat dalam OBH Tropica Plus Anak. Apabila anak Anda memiliki alergi terhadap salah satu kandungan obat tersebut, sebaiknya Anda tanyakan terlebih dahulu pada dokter. 

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*