madu uray

Mengenal Madu Uray dan Perbedaannya dengan Jenis Madu Lain

  • August 6, 2021

Madu adalah produk alami yang dihasilkan oleh lebah madu. Selain rasanya manis, madu juga kaya akan kandungan nutrisi baik untuk tubuh. Ada berbagai jenis madu yang bisa didapatkan, salah satunya madu mentah. Madu Uray menyebut madu miliknya merupakan madu mentah.

Mengenal Madu Mentah

Madu mentah adalah madu yang tidak melewati proses pengolahan setelah dipanen. Jadi hanya dipanen, diperas, disaring, lalu di-packing untuk siap dijual. 

Madu mentah tidak melalui proses apapun, seperti tidak melalui pasteurisasi, pengentalan, dan sebagainya. Sehingga, madu yang dijual biasanya benar-benar asli.

Proses pengemasan madu mentah ini hanya disaring untuk memisahkan madu dengan bahan lain seperti lebah mati atau sarang lebah. Kemudian, madu mentah ini langsung dikemas untuk dikonsumsi setelah disaring.

Biasanya madu yang dijual di pasaran sudah melalui proses sedemikian rupa, seperti proses pengentalan untuk menurunkan kadar air. Sebab, madu dari alam memiliki kadar air 25-27 persen. Sedangkan konsumen ingin madu dengan tekstur yang kental dengan kadar air 21-23 persen.

Makanya, madu mentah yang asli biasanya memiliki tekstur yang cenderung cair. Sedangkan madu yang dijual di pasaran pada umumnya memiliki tekstur dengan konsistensi yang cukup kental.

Perbedaan Madu Uray dengan Madu Biasa

Madu Uray dikenal sebagai salah satu produk madu mentah yang langsung dihasilkan dari sarang lebah. Seperti yang dijelaskan, proses pengemasannya hanya proses penyaringan untuk menghilangkan partikel-partikel seperti lilin, lebah mati, hingga serbuk sari. 

Madu mentah tidak melalui proses pasteurisasi. Warnanya akan tampak lebih keruh atau buram karena adanya unsur-unsur lain yang tentu saja aman dikonsumsi. 

Jika dibandingkan dengan madu biasa, madu mentah dari Madu Uray ini warnanya lebih keruh. Hal ini karena adanya partikel-partikel yang ukurannya terlalu kecil, sehingga tidak tersaring dan tercampur dengan madu. 

Warna dan teksturnya pun juga berbeda dari madu biasa. Warna madu mentah ini bergantung pada bunga tempat lebah mengambil nektar. 

Madu mentah juga mengandung propolis, yaitu zat lengket yang dijadikan oleh lebah untuk membangun sarangnya. Selain bermanfaat dalam membangun sarang, zat lengkey ini juga diyakini oleh ilmuwan mengandung zat yang menyehatkan tubuh manusia. 

Propolis memiliki manfaat efek antiinflamasi, efek antijamur, dan tindakan antikanker. Propolis juga mengandung vitamin B, vitamin C, vitamin E, potasium, dan magnesium yang jelas berkhasiat bagi kesehatan. 

Manfaat Madu Uray

1. Membantu mengaktifkan kelenjar tubuh

Madu Uray adalah brand madu asli Indonesia. Madu Uray ini dihasilkan secara alami dari hutan asli Indonesia yang mengambil berbagai jenis saripati bunga. Madu Uray ini disebut dapat membantu mengaktifkan kelenjar dalam tubuh manusia.

2. Melindungi organ pernapasan

Bagi orang-orang yang memiliki masalah pernapasan berupa bronkitis atau asma, maka cocok untuk konsumsi madu Uray ini. 

Madu Uray berkhasiat membantu penyembuhan dan melindungi organ pernapasan, seperti melindungi selaput organ paru-paru. Sebab, madu Uray mengandung enzim yang dibutuhkan untuk membangun selaput pelindung organ.

3. Meredakan radang tenggorokan

Madu Uray memiliki kemampuan dalam meringankan dan membantu meredakan panas dalam serta radang tenggorokan. 

4. Mengandung vitamin dan mineral lengkap

Madu Uray mengandung berbagai vitamin dan mineral yang lengkap. Adapun kandungan vitamin dalam madu adalah vitamin A, B, C, E, dan vitamin H. Jumlah vitamin dalam madu ini sudah cukup untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

5. Sumber energi untuk tubuh

Madu mengandung sukrosa dan fruktosa alami. Kandungan tersebut merupakan jenis karbohidrat sederhana yang bisa menambah tenaga dan energi tubuh.

6. Mengandung antioksidan yang tinggi

Madu Uray merupakan raw honey, yaitu madu yang mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan berupa Pinocembrin hanya bisa ditemukan pada madu asli tanpa adanya campuran bahan lain.

7. Merawat kecantikan kulit

Madu Uray tak hanya bisa diminum saja, tapi juga bisa untuk perawatan kulit dengan dijadikan masker. Madu akan menjadi masker kulit alami yang akan melembutkan, melembapkan, dan mempercantik kulit sehat Anda. Madu Uray juga bermanfaat untuk mengurangi jerawat, menyembuhkan berbagai penyakit kulit, mengganti sel kulit yang rusak, serta menjaga kesehatan rambut.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*