mpasi 6 bulan

6 Variasi Puree Buah untuk MPASI 6 Bulan Bayi Anda

  • June 7, 2021

Puree buah dikenal sebagai salah satu menu MPASI 6 bulan terbaik. Biasanya puree buah bermanfaat untuk mengenalkan beragam tekstur dan rasa untuk si kecil.

MPASI 6 bulan adalah masa penting dalam tumbuh-kembang si kecil. Di usia ini umumnya mereka sudah mulai bisa mengenal makanan padat meski masih mengandalkan ASI atau susu formula sebagai sumber nutrisi utama.

Sebagai orang tua baru, Anda juga harus mengenali buah yang cocok dan dibutuhkan si kecil. 

Lalu apa saja variasi puree buah untuk MPASI 6 bulan bayi? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Tips dalam menyiapkan puree buah untuk bayi

Kukus buah-buahan sampaI bayi minimal berusia 8 bulan. Mengukus buah membantu mengubah tekstur jadi lebih lembut sehingga lebih mudah dicerna bayi. Tentunya ada beberapa buah yang bisa langsung dihaluskan tanpa dikukus seperti pisang atau alpukat.

Selalu sajikan puree buah segar dan hangat. Meski ada beberapa puree yang bisa dibekukan, lebih baik bagi bayi mengonsumsi puree maksimal 2 jam setelah dimasak.

Pastikan Anda mengenalkan masing-masing buah secara terpisah. Setelah itu, Anda bisa mengombinasikan dua atau tiga buah jadi satu.

Anda bisa menghaluskan buah dengan garpu atau masher, tidak harus selalu menggunakan blender atau mixer.

Jika puree terlalu kental setelah dingin, Anda bisa mengencerkannya dengan menambahkan ASI atau susu formula.

Jika Anda mendapati resep puree buah plus susu formula, pastikan untuk tidak merebut atau memasak susu formula bersamaan. Siapkan puree dengan air hangat, baru setelahnya tambahkan susu formula.

Jika bayi menunjukkan reaksi alergi terhadap suatu buah, segera hentikan konsumsinya.

Nah setelah memahami tips-tips di atas, berikut beberapa pilihan puree buah yang bisa Anda coba siapkan untuk si kecil:

1. Puree apel (6 bulan+)

Apel pada umumnya manis, lembut, dan mudah dicerna oleh bayi. Karena itu, apel biasanya jadi salah satu makanan pertama yang ideal untuk dikenalkan pada si kecil.

Puree apel kaya vitamin C dan pada umumnya disukai oleh semua bayi. Jangan pilih apel yang terlalu asam untuk perkenalan pertama, coba pilih apel manis dengan rasa yang tidak terlalu kuat.

2. Puree alpukat (6 bulan+)

Alpukat kaya akan nutrisi dan puree alpukat dapat dibuat dengan mudah dan cepat. Anda tidak perlu memasak apa pun, cukup haluskan alpukat dengan garpu atau masher.

Nah karena rasa alpukat yang tawar, mungkin ada beberapa bayi yang menolaknya. Untuk itu coba kombinasikan alpukat dengan pisang.

3. Puree pir (6 bulan+)

Pir memiliki tekstur yang sama dengan apel dan mengandung nutrisi yang hampir sama.

Pada umumnya pir terasa manis lembut dan diperkaya vitamin yang dapat mencegah konstipasi pada bayi. Biasanya puree pir adalah salah satu pilihan awal yang aman, sama dengan apel.

4. Puree pisang (6 bulan+)

Pisang adalah salah satu makanan yang bagus untuk si kecil karena kandungan potasium yang tinggi dan rasanya yang manis.

Pada umumnya pisang mudah dicerna, pastikan Anda memilih pisang yang matang. Pisang akan lebih mudah dicerna oleh lambung si kecil.

5. Puree melon (6 bulan+)

Melon dikenal sebagai buah yang kaya air dan lembut, karena itu sangat cocok dibuat puree untuk bayi.

Anda bisa mengenalkan melon kuning terlebih dahulu yang kaya akan antioksidan dan serat. Puree melon bagus untuk mencegah masalah pencernaan dan konstipasi pada bayi.

6. Puree pepaya (6 bulan+)

Pepaya adalah buah yang kaya air dan mengandung banyak nutrisi untuk bayi. Buah ini termasuk salah satu yang paling mudah didapatkan di Indonesia.

Seharusnya puree pepaya sudah cukup untuk si kecil. Namun, jika kebetulan pepaya terasa pahit, Anda bisa mengombinasikannya dengan apel atau pisang (asalkan sudah mengenalkan setiap buah satu per satu secara terpisah).

Pilihan puree buah lainnya

Nah 6 opsi puree di atas umumnya lebih aman dikenalkan untuk bayi berusia 6 bulan. Setelahnya, seiring dengan perkembangan bayi, Anda bisa mengenalkan beberapa puree lain yang mungkin punya rasa lebih kuat.

Berikut beberapa pilihan puree yang bisa Anda coba setelah bayi menginjak usia 8 bulan atau lebih:

  • Puree kiwi (8 bulan+)
  • Puree mangga (8 bulan+)
  • Puree semangka (8 bulan+)
  • Puree apel+pir (8 bulan+)
  • Puree apel+pisang (8 bulan+)

Demikian beberapa pilihan puree buah untuk MPASI 6 bulan bayi Anda. Tentunya Anda harus memperhatikan reaksi saat mengonsumsi buah-buah tersebut. Jika si kecil menunjukkan tanda-tanda alergi, segera hentikan konsumsi buah tersebut. 

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*