Penyebab Payudara Besar yang Harus Wanita Ketahui

Penyebab Payudara Besar yang Harus Wanita Ketahui

  • July 22, 2021

Ukuran payudara seseorang memiliki bentuk yang beragam. Ada wanita yang memiliki ukuran payudara besar, sedang, hingga kecil. Bisa dibilang, ukuran payudara dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seorang wanita. Saat tampilan payudara sesuai dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan, wanita akan lebih percaya diri akan tampilan tubuhnya. 

Saat terjadi perubahan tampilan pada wanita seperti payudara besar, hal ini ternyata bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Genetik, hormonal, hingga penyakit adalah salah satu dari sekian banyak penyebab terjadinya payudara besar pada seorang wanita. 

Faktor yang membuat payudara besar

Agar tidak bingung mengapa bisa terjadi perubahan payudara pada seseorang, Anda harus mengetahui beberapa penyebab terjadinya payudara besar pada wanita berikut ini:

1. Genetik

Payudara besar dapat disebabkan oleh genetik atau faktor keturunan seseorang. Jika ia memiliki Ibu atau keluarga dengan payudara besar akan sangat memungkinkan untuk mewarisinya.  Hal ini umumnya tidak dapat diubah. Mungkin yang dapat Anda lakukan adalah tetap mempertahankan berat badan ideal dengan mengkonsumsi makanan seimbanga serta olahraga teratur agar pertumbuhan payudara tetap sesuai yang diinginkan. 

2. Hormonal

Ukuran payudara yang membesar juga dapat disebabkan oleh hormon progesteron pada wanita. Hormon progesteron inilah yang menyebabkan payudara wanita terasa nyeri cenderung lebih membengkak daripada biasanya. Inilah alasan mengapa saat menjelang masa menstruasi payudara wanita akan terasa lebih penuh dan sedikit nyeri. 

 3. Kenaikan berat badan

Ternyata ukuran payudara yang besar juga dapat disebabkan oleh berat badan seseorang. Sebagian payudara terdiri dari jaringan lemak. Ketika seseorang bertambah berat badannya, otomatis lemak dalam tubuhnya juga akan bertambah dan sangat memungkinkan jika seseorang bertambah berat badannya, payudaranya juga akan cenderung membesar. 

4. Masa Kehamilan dan Menyusui

Saat sedang hamil, tubuh mengalami berbagai perubahan selama masa kehamilan. Meningkatnya hormon estrogen dan progesteron pada Ibu hamil dapat mempengaruhi ukuran payudara Ibu. Hormon ini terjadi akibat aliran darah yang meningkat di jaringan payudara dan akhirnya membuat payudara cenderung lebih besar dari ukuran biasanya, dan ini sangat normal terjadi. 

Diluar itu, meningkatnya jumlah lemak dan kelenjar air susu juga bisa menyebabkan payudara menjadi lebih bengkak dan sensitif dari biasanya.

5. Hubungan seksual

Hubungan seksual juga dipercaya dapat meningkatkan ukuran payudara. Saat berhubungan seksual, hormon endorfin, dopamin, estrogen, serta progesteron akan meningkat. Hormon ini akan ikut menstimulasi jaringan yang ada disekitar payudara hingga sangat memungkinkan jika ukuran payudara akan berubah ukurannya saat seseorang berhubungan seksual. 

6. Benjolan

Payudara besar juga dapat disebabkan oleh benjolan pada payudara. Saat benjolan payudara mulai terasa dan mengakibatkan payudara membesar, ini bisa disebabkan oleh berbagai masalah pada payudara seperti tumor ataupun kanker payudara. Saat menemukan kasus benjolan payudara yang menyebabkan payudara membesar sebaiknya langsung diperiksakan pada dokter untuk mengetahui pasti penyebabnya. 

7. Implan payudara

Payudara besar dapat terjadi ketika wanita melakukan implan payudara. Implan payudara dilakukan untuk membuat tampilan payudara menjadi lebih besar dan penuh. Cairan berisi implan akan diselipkan di bawah jaringan payudara untuk memperbaiki bentuknya. Pada beberapa kasus implan payudara terkadang akan menimbulkan resiko seperti payudara yang tidak simetris, hingga infeksi jika tidak dilakukan dengan benar.

Itulah beberapa penyebab payudara besar yang harus Anda ketahui. Apapun bentuk payudara sebenarnya tidak masalah asalkan payudara tetap dalam keadaan sehat dan tidak menunjukkan gejala seperti benjolan atau pembengkakan pada satu sisi payudara. Saat payudara membesar atau mengecil dalam waktu dekat dan dalam ukuran yang drastis, sebaiknya Anda konsultasikan pada dokter agar dapat diketahui apakah hal tersebut berbahaya atau tidak bagi kesehatan payudara.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*