Pelayanan Kardiologi RS Menteng Mitra Afia, Apa Itu Kardiologi?

  • October 14, 2021

RS Menteng Mitra Afia merupakan rumah sakit yang berada di Menteng, Jakarta Pusat. Rumah Sakit Menteng Mitra Afia ini yaitu RS tipe C. Keunggulan layanan RS ini yaitu layanan Hemodialis dan Medical Check Up, tak hanya itu RS Mitra Afia ini juga menyediakan fasilitas fisioterapi untuk anak-anak maupun dewasa. Pelayanan medis yang dilayani di RS ini ditangani langsung oleh para dokter spesialis salah satunya yaitu pelayanan medis Kardiologi. 

Kardiologi merupakan suatu studi serta pengobatan gangguan jantung dan pembuluh darah. Bagi orang yang memiliki penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular dapat dirujuk ke ahli jantung.

Kardiologi merupakan salah satu cabang ilmu penyakit dalam. Ahli jantung dan ahli bedah jantung berbeda. Seorang ahli jantung berspesialisasi dalam mendiagnosis dan mengobati penyakit pada sistem kardiovaskular. Ahli jantung akan melaksanakan tes, kemudian akan melakukan beberapa prosedur diantaranya kateterisasi jantung, angioplasti, atau pemasangan alat pacu jantung.

Penyakit jantung hanya berhubungan dengan jantung, namun untuk penyakit kardiovaskular ini akan mempengaruhi jantung, pembuluh darah, maupun keduanya.

Untuk menjadi ahli jantung di Amerika Serikat, perlu untuk menyelesaikan 4 tahun sekolah kedokteran, 3 tahun pelatihan penyakit dalam, dan setidaknya 3 tahun berspesialisasi dalam kardiologi.

Sistem kardiovaskular

Fungsi utama dari kardiovaskular diantaranya cara jantung melakukan proses oksigen dan nutrisi dalam darah, itu disebut dengan sirkulasi koroner. Sistem peredaran darah terdiri dari arteri koroner dan vena koroner.

Ada berbagai gangguan sistem kardiovaskular yang dirawat dan dipelajari di bawah bidang kardiologi. Diantaranya adalah sindrom koroner akut, yang mencakup berbagai gejala infark miokard. Angina pektoris, aterosklerosis, penyakit jantung koroner dan restenosis adalah gangguan umum lainnya. Kategori gangguan yang lebih luas di bidang kardiologi termasuk serangan jantung; gangguan miokardium, atau otot jantung, yang meliputi jenis kardiomiopati; gangguan perikardium, atau lapisan luar jantung, yang meliputi jenis perikarditis; kelainan katup jantung, termasuk katup aorta, katup mitral, katup pulmonal, dan katup trikuspid; cacat jantung bawaan, yang berkisar dari defek septum atrium hingga defek septum ventrikel; penyakit pembuluh darah, atau penyakit pembuluh darah, yang meliputi aneurisma, trombosis vena dalam, varises, vaskulitis, dan penyakit pembuluh darah lainnya.

Beberapa perangkat yang digunakan dalam kardiologi di RS Menteng Mitra Afia, termasuk berbagai jenis balon dan defibrillator, alat pacu jantung, dan stetoskop. Jantung buatan juga digunakan dan dipelajari di bidang kardiologi.

Apa yang ditangani oleh Ahli Jantung

Di antara penyakit yang didiagnosis dan dirawat oleh ahli jantung meliputi:

  • Penyakit kardiovaskular termasuk aterosklerosis, aneurisma, trombosis vena dalam, varises, dan vaskulitis
  • Cacat jantung bawaan
  • Gangguan sirkulasi koroner termasuk sindrom koroner akut (ACS), angina pektoris (iskemia), aterosklerosis (penumpukan plak di pembuluh darah), penyakit jantung koroner, infark miokard dan restenosis (penyempitan arteri koroner)
  • Gangguan pada katup jantung termasuk katup aorta, mitral, pulmonal, dan trikuspid
  • Gangguan pada miokardium (otot jantung) seperti kardiomiopati (kerusakan miokardium) dan ruptur miokard
  • Gangguan perikardium (lapisan luar jantung) termasuk efusi perikardial, efusi perikardial, dan perikarditis.
  • Gangguan yang berhubungan atau menyebabkan henti jantung, yang meliputi asistol (tidak adanya aktivitas listrik), takikardia ventrikel tanpa nadi (tidak ada denyut nadi), dan fibrilasi ventrikel
  • Gagal jantung
  • Tumor primer jantung
  • Hipertrofi ventrikel (kiri dan kanan)

Memilih ahli jantung

Pasien sering dirujuk ke ahli jantung oleh dokter mereka, tetapi mereka mungkin ingin memilih spesialis mereka sendiri.

American Heart Association (AHA) menyarankan orang untuk memeriksa bahwa ahli jantung mereka bersertifikat.

Apabila ahli jantung memberikan rekomendasi perawatan yang berisiko maupun mahal, selain itu juga pasien tidak yakin apakah mereka membutuhkan perawatan seperti ini, AHA memberikan saran untuk mencari pendapat lainnya. Itulah apa yang dimaksud dengan kardiologi yang merupakan salah satu perawatan di RS Menteng Mitra Afia.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*