Penting! Ini Zat Makanan untuk Tubuh yang Harus Anda Konsumsi

  • February 15, 2021

Zat makanan adalah segala sesuatu yang memberikan nutrisi penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan kehidupan. Hal ini mencakup mikronutrien dan makronutrien termasuk asam lemak dan asam amino. 

Banyaknya zat atau nutrisi yang baik untuk kita, maka tubuh akan mendapatkan asupan makanan yang sehat. Lalu, apa saja zat makanan untuk tubuh yang harus Anda konsumsi? Yuk, cari tahu pada artikel berikut ini. 

Zat makanan untuk tubuh

  1. Air 

Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangatlah penting. Air sangat penting untuk kelangsungan hisup, terutama karena air mencapai 60 persen dari tubuh manusia dewasa. Beberapa hari tanpa air dapat menyebabkan penyakit serius dan bahkan kematian. 

Tubuh kita bergantung pada air. Ini penting untuk pembuangan limbah dan pengaturan suhu, dan merupakan elemen penting dari setiap sel. Agar tetap terhidrasi, minumlah air sepanjang hari, dan makan makanan dengan kandungan air yang tinggi, khususnya buah dan sayuran. Simpan minuman seperti kopi dan minuman tingan yang tidak enak yang membuat Anda dehidrasi seminimal mungkin.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat sering kali mendapat reputasi buruk sebagai penggemukan. Seperti nutrisi lainnya, mengonsumsi karbohidrat adalah tentang keseimbangan. Pada kenyataannya, karbohidrat sangat penting untuk fungsi tubuh yang baik. Karbohidrat dipecah menjadi glukosa yang merupakan bahan bakar utama otak dan tubuh Anda. Karbohidrat juga memastikan tubuh Anda tidak memecah protein untuk mendapatkan energi, mencegah hilangnya massa otot. 

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk memecah protein untuk mendapatkan energi, mencegah hilangnya massa otot. Biji-bijian utuh, sayuran, dan buah-buahan adalah contoh karbohidrat kompleks yang sehat. 

  1. Protein-asam amino

Protein sangat penting untuk kesehatan, terlebih dalam pembentukan otot untuk menciptakan enzim dan hormon baru. Protein terdiri dari blok bangunan kecil yang disebut asam amino. Mereka adalah pembangun sel, yang berputar lebih cepat dan beregenerasi lebih lambat seiring bertambahnya usia seseorang. 

Protein hewani menyediakan semua asam amino esensial, sedangkan protein nabati mungkin kekurangan beberapa elemen esensial ini. Untuk memastikan Anda mendapatkan semua asam amino esensial, sertakan berbagai protein dalam makanan Anda, seperti daging, telur susu, dan kacang-kacangan. 

  1. Lemak

Zat makanan untuk tubuh lainnya adalah lemak. Lemak merupakan nutrisi penting yang meningkatkan penyerapan vitamin dan membantu melindungi organ. Beberapa jenis lemak memang buruk untuk tubuh, seperti lemak trans ditemukan dalam makanan yang diproses dan dipanggang, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan harus sangat jarang dikonsumsi. 

Lemak tak jenuh, yang ditemukan di sumber alami, sebenarnya melindungi jantung dan membantu pencegahan penyakit jantung. Lemak baik ini bisa ditemukan pada kacang-kacangan, alpukat, dan salmon. 

  1. Vitamin

Vitamin adalah senyawa organik dan mikronutrien penting yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil. Vitamin esensial tersebut adalah:

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Vitamin E

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan kulit dan mata, vitamin C untuk tulang dan struktur otot serta dukungan kekebalan tubuh, dan vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan kesehatan jantung dan saraf. 

  1. Mineral

Mineral adalah mikronutrien esensial lainnya, dengan masing-masing mineral esensial memenuhi peran yang berbeda. Tujuh mineral penting adalah: 

  • Sodium 
  • Besi
  • Kalium
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Seng
  • Fosfor

Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang, fungsi otot dan saraf, serta sirkulasi. 99 persen kalsium tubuh ditemukan di tulang dan gigi. Kalsium ditemukan dalam banyak produk susu, sayuran hijau, dan ikan seperti sarden dan salmon. 

Sodium adalah nutrisi penting lainnya yang mendapatkan reputasi buruk. Sodium membuat saraf dan otot bekerja dengan benar. Sodium dapat ditemukan secara alami dalam kacang-kacangan, sayuran, daging, dan kacang polong, tetapi asupannya harus dibatasi sekitar satu sendok teh garam. 

  1. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 berfungsi untuk mengoptimalkan kesehatan otak dan dapat membantu fungsi jantung. Tidak seperti asam lemak lainnya, tubuh Anda tidak dapat membuat omega-3, jadi sangat penting untuk memiliki sumbernya dalam makanan Anda. 

Salmon, makarel, dan sarden mengandung asam lemak omega-3 aktif, yang tidak memerlukan banyak energi untuk digunakan tubuh. 

Jadi, jika Anda memenuhi zat makanan untuk tubuh di atas maka tubuh untuk menunjang pertumbuhan dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi zat makanan yang penuh nutrisi ini Anda bisa mendapatkan energi dan menjaga kesehatan.  

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*