Hati-hati, Ini Pemantik yang Menjadi Penyebab Asma

Hati-hati, Ini Pemantik yang Menjadi Penyebab Asma

  • October 14, 2021

Apakah Anda menderita asma? Pasti rasanya sangat menyiksa ketika penyakit ini sedang kumat dan membuat Anda kesulitan bernapas. Menjauhi penyebab asma dapat menurunkan risiko kambuhnya gangguan pernapasan ini. Penanganan segera pun mesti segera dilakukan agar kondisi serangan asma tidak semakin parah dan membuat Anda menjadi kian sesak napas. 

Seseorang yang mengidap asma memang tidak bisa sembuh dengan seutuhnya. Artinya, ia harus bersahabat dengan penyakit ini seumur hidup. Namun tenang saja, meskipun tidak bisa disembuhkan, kondisi penyempitan dan pembengkakan di saluran pernapasan yang memunculkan lendir ekstra ini dapat dikendalikan dari waktu-waktu. Asal Anda tidak berhadapan dengan penyebab asma yang bisa memantik gejalanya, serangan kesulitan bernapas tidak perlu Anda rasakan. 

Penyebab asma, apa saja yang harus dihindari?

Jadi kira-kira, kondisi apa saja yang bisa menjadi penyebab asma Anda kumat? Berikut ini beberapa pemantik serangan asma yang mungkin beberapa sudah Anda kenal, namun banyak juga yang belum Anda sadari. 

Pilek dan Flu 

Pilek dan flu merupakan infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. Infeksi inilah yang kerap menimbulkan serangan asma, khususnya pada anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun. Pasalnya ketika sedang pilek atau flu, infeksi virus tersebut membuat peradangan di saluran pernapasan Anda dan meningkatkan produksi lendir di tempat yang sama. Inilah yang pada akhirnya menjadi penyebab asma Anda kambuh. 

Paparan Asap 

Penyebab asma yang satu ini mungkin sudah sangat familiar bagi Anda. Paparan asap, khususnya dari rokok, memang kerap dihindari pada penderita asma karena bisa memicu kumat. Namun, tentunya bukan hanya asap rokok, asap lain dari kendaraan bermotor maupun aktivitas pembakaran, juga bisa menjadi pemantik serangan asma. 

Area yang Berdebu 

Hati-hatilah dengan ruangan berdebu jika Anda mengidap asma. Debu di ruangan bisa membuat saluran pernapasan Anda menjadi terhalang dan menjadi lebih sempit untuk aliran oksigen. Ujung-ujungnya, gejala asma, mulai dari yang ringan seperti batuk sampai pada yang berat seperti kesulitan bernapas, bisa Anda alami.

Bulu Binatang 

Apabila Anda alergi dengan bulu, sebaiknya Anda jangan memelihara hewan peliharaan ataupun datang ke tempat-tempat yang sarat bulu binatang. Bukan tidak mungkin, bulu binatang tersebut membuat alergi Anda kambuh dan menjadi penyebab asma kembali menyerang Anda. 

Makanan Tertentu 

Makanan ternyata juga dapat menjadi penyebab asma Anda kambuh bahkan sampai mengancam jiwa. Biasanya, makanan yang menjadi pemantik serangan asma adalah makanan-makanan yang menjadi sumber alergi. Beberapa contohnya adalah telur, kacang-kacangan, susu dan produk turunannya, sampai ikan. Apabila Anda memiliki salah satu alergi terkait makanan tersebut dan sudah terdiagnosis memiliki riwayat asma, jangan mencoba-coba membuat asma Anda kumat dengan mengonsumsinya. 

Konsumsi Obat Pereda Nyeri 

Jangan sembarangan mengonsumsi obat, khususnya apabila Anda adalah penderita asma. Obat-obatan khususnya yang bersifat anti inflamasi sangat mudah menjadi penyebab asma jika tidak dikonsumsi secara tepat. Jadi, jangan lagi mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti aspirin dan ibuprofen, secara sembarangan dan tanpa resep dokter jika tidak ingin gejala asma Anda kambuh. 

Stres yang Tidak Terkontrol 

Tingkat stres Anda bisa berpengaruh pada kondisi asma Anda. Stres yang tidak terkontrol akan membuat berbagai saluran di tubuh, tidak terkecuali saluran pernapasan, menjadi menegang. Inilah yang pada akhirnya membuat gejala asma lebih mudah terpantik dan menyerang Anda. 

Tertawa Berlebihan 

Sebenarnya, bukan hanya stres yang bisa membuat asma seseorang kumat. Ketika emosi Anda tidak terkendali, gejala asma pun akan muncul. Ini tidak terkecuali ketika Anda tertawa secara berlebihan!

Perubahan Cuaca yang Tiba-tiba 

Sebagian orang menyatakan cuaca dingin mudah memantik asma. Sebagian lain menegaskan, cuaca panaslah yang kerap membuat asma seseorang kumat. Kenyataannya adalah asma Anda bisa kambuh jika terjadi perubahan cuaca yang tiba-tiba, misalnya dari kondisi dingin ke panas ataupun dari terik ke hijau. Jadi jika memasuki musim pancaroba, Anda lebih baik meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya serangan asma yang bersifat kambuhan. 

Olahraga 

Harus diakui, olahraga bukan sesuatu yang bersahabat bagi penderita asma. Hampir sekitar 80 persen penderita asma kerap mengalami serangan kambuhan saat melakukan olahraga. Ini karena ketika sedang beraktivitas berat, tidak terkecuali olahraga, saluran udara di paru-paru menjadi menyempit sehingga Anda akan lebih mudah mengalami batuk, sesak dada, sampai kesulitan bernapas. 

Telat Makan 

Jika Anda punya riwayat asma, sebaiknya makanlah tepat waktu. Terbiasa telat makan akan membuat Anda mudah mengalami refluks lambung atau asma. Di mana jika Asam lambung Anda naik kembali ke kerongkongan dan mencapai tenggorokan atau saluran udara, iritasi dan peradangan yang ditimbulkannya dapat menjadi penyebab asma.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*