Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Gangguan Jiwa

  • December 17, 2020

Gangguan jiwa merupakan kondisi gangguan pemikiran dan perilaku seseorang yang menyebabkannya tidak dapat mengatasi tuntutan dan rutinitas hidup. Penyakit gangguan jiwa sendiri sangat banyak jenisnya seperti depresi, demensia, gangguan bipolar, gangguan kecemasan, dan lain sebagainya. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai penyebab, gejala, hingga cara mengatasi gangguan jiwa yang dialami oleh seseorang. 

Penyebab dan faktor risiko gangguan jiwa 

Penyebab gangguan jiwa belum diketahui secara tepat hingga saat ini. Akan tetapi, gangguan jiwa berkaitan dengan stres berlebihan karena situasi tertentu atau serangkaian peristiwa tertentu. Gangguan jiwa dipercaya muncul akibat kombinasi dari faktor biologis, psikologis, dan lingkungan seseorang. Selain itu, terdapat beberapa kondisi tertentu menyebabkan risiko seseorang mengidap gangguan jiwa meningkat. Berikut beberapa faktor risiko tersebut. 

  • Cedera otak traumatis
  • Memiliki sedikit teman
  • Terisolasi dan kesepian 
  • Genetik 
  • Faktor biologis
  • Kondisi medis serius
  • Penyalahgunaan narkoba atau alkohol
  • Janin yang terpapar virus atau zat kimia beracun
  • Traumatis
  • Stres berat

Gejala gangguan jiwa 

Orang yang mengalami gangguan jiwa biasanya akan menunjukkan beberapa gejala umum. Meski demikian, gejala spesifik akan mengikuti tergantung jenis gangguan jiwa atau mental yang dialami. Berikut ini beberapa tanda pada orang yang menderita gangguan jiwa. 

  • Penarikan diri atau isolasi dilakukan oleh penderita untuk menghabiskan waktu sendiri. Umumnya, penderita akan mulai kehilangan minat terhadap berbagai halyang sebelumnya disukai. 
  • Perubahan suasana hati terjadi dengan cepat, tak menentu, dan tanpa sebab yang jelas. Penderita dapatmerasa cemas, marah, menangis, bahagia berlebihan dalam waktu dekat.  
  • Perubahan kepribadian menjadi salah satu gejala umum yang muncul. Penderita gangguan jiwa akan berperilaku dan bertindak aneh yang terkadang bahkan tidak masuk akal. 
  • Penderita akan merasa putus asa akan hidup yang dianggap sulit. 
  • Tidak logis dan berlebihan juga dialami oleh penderita gangguan jiwa. Umumnya mereka bisa mengalami halusinasi, meyakini sesuatu tanpa bukti, dan berandai-andai secara berlebihan. 
  • Penderita akan mengabaikan kebersihan dan kerapian diri. Penderita juga bisa tidak peduli pada kesehatan fisiknya sehingga berisiko berperilaku kekerasan, menggunakan narkoba, dan menyalahgunakan alkohol. 

Cara mengatasi gangguan jiwa 

Untuk mengatasi gangguan jiwa pada seseorang diperlukan berbagai cara dan tahapan. Berikut penjelasan lebih lengkapnya. 

  1. Melakukan pemeriksaan untuk mendapat diagnosis 

Pemeriksaan meliputi berbagai rangkaian yaitu pengecekan riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik, tes laboratorium, dan evaluasi psikologis. Kesemuanya itu nantinya akan digunakan untuk mendapatkan diagnosis akhir. 

  1. Terapi sesuai kebutuhan 

Setelah mendapat diagnosis maka akan diketahui jenis gangguan jiwa yang dialami oleh seseorang. Hal tersebut kemudian menentukan terapi yang perlu dijalani untuk mengatasi gangguan jiwa seseorang. Misalnya , orang yang mengalami gangguan jiwa berupa gangguan kepribadian dependen akan diberikan terapi perilaku kognitif. 

  1. Pemberian obat-obatan pendukung 

Pemberian obat-obatan mungkin dilakukan untuk mengurangi berbagai gejala yang ada. Selain itu, beberapa gangguan jiwa juga bisa memunculkan gejala sakit secara fisik seperti mual dan sakit kepala. Obat-obatan yang diberikan akan disesuaikan dengan kebutuhan penderita gangguan jiwa. Misalnya, obat antidepresan akan diberikan pada pasien yang mengalami gejala berupa depresi. 

Untuk mencegah terjadinya gangguan jiwa, beberapa cara dapat Anda terapkan. Anda perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri terutama ketika Anda sangat sibuk dan berisiko mengalami stres. Selain itu, Anda juga harus memenuhi kebutuhan tubuh seperti beristirahat dengan cukup, olahraga teratur, serta mengatur pola makan. Hal lain yang tidak kalah pentingnya yaitu melatih kemampuan diri untuk mengelola stres sehingga Anda dapat mencegah menderita gangguan jiwa. 

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*