Penyebab Gigi Palsu Longgar dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gigi Palsu Longgar dan Cara Mengatasinya

  • December 29, 2020

Gigi palsu Anda bisa lepas atau longgar karena sejumlah alasan, banyak di antaranya adalah normal. Penyebab paling umum dari gigi palsu yang longgar adalah proses yang disebut resorpsi tulang, di mana gusi mulai menyusut karena tidak perlu lagi menahan gigi di tempatnya. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Gigi palsu longgar atau lepas juga bisa disebabkan oleh kerusakan dan keausan. Hal ini dapat dicegah dengan merawat gigi palsu Anda dengan baik, yang berarti melepasnya sebelum tidur di malam hari dan mencegah kerusakan dengan tidak mengunyah atau menggigit makanan keras. Sebelum membicarakan mengenai cara mengatasi gigi palsu longgar, berikut beberapa penyebab umum pada longgarnya gigi palsu:

  • Situs ekstraksi yang disembuhkan

Gigi yang dicabut saat gigi palsu dibuat, kemungkinan besar akan lepas setelah Anda sembuh. Saat jaringan gusi Anda pulih, ia menyusut, mengubah bentuknya. 

  • Gigi palsu lama tidak cocok lagi

Seiring berjalannya waktu, tubuh Anda mengalami perubahan. Keriput berkembang, penglihatan Anda mungkin berkurang, berat badan berfluktuasi. Gusi juga Anda juga bisa menyusut, sehingga mungkin menjadi penyebab gigi palsu Anda longgar..

  • Langit-langit atas yang dangkal

Retensi gigi tiruan atas sangat bergantung pada hisapan yang baik dari atap mulut Anda. Semakin dalam langit-langit mulut Anda, semakin cocok gigi palsu Anda. Jika pelat Anda longgar karena tidak memiliki kedalaman yang cukup, Anda mungkin harus menggunakan perekat gigi palsu. 

  • Punggung dangkal di rahang bawah Anda

Seperti halnya rahang atas, kedalaman punggungan pada tulang bawah (mandibula) secara signifikan mempengaruhi kesesuaian gigi palsu Anda. Namun, di bagian bawah, ini bisa jauh lebih bermasalah. Lidah Anda mungkin terus-menerus mencoba menendang pelat Anda keluar dari tempatnya.

Ada beberapa cara untuk mengatasi gigi palsu jika longgar, salah satunya dengan menggunakan perekat gigi palsu yang lebih kuat. Gigi palsu Anda dibuat khusus untuk mulut Anda, yang artinya gigi palsu tersebut harus terpasang dengan pas tanpa menggunakan perekat.

Jika gigi palsu Anda mulai longgar, satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah membuat janji dengan dokter gigi untuk memperbaikinya. Dokter gigi Anda dapat menyesuaikan gigi palsu untuk menyesuaikannya dengan sempurna di mulut Anda. Namun, jika resorpsi tulang Anda terjadi dengan kecepatan tinggi, Anda harus sering menemui dokter gigi untuk penyesuaian.

Jika Anda tidak dapat segera menemui dokter gigi, cara mengatasi gigi palsu longgar adalah dengan menahannya menggunakan perekat yang kuat, yang akan mencegahnya bergerak terlalu banyak di mulut Anda. Sebelum mengaplikasikan perekat pada gigi palsu Anda, pastikan tidak mengandung zinc karena terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan kesehatan, terutama jika Anda mengonsumsi makanan yang kaya zinc.

Gigi palsu yang longgar dapat membuat Anda sulit mengunyah makanan dan berbicara dengan benar. Jika Anda memiliki gigi palsu yang longgar, cara mengatasi yang tepat adalah Anda harus menjadwalkan pertemuan dengan dokter gigi untuk menyelesaikannya dan mendiskusikan alternatif yang aman dan nyaman.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*