Periksa Sirosis Bilier Primer RS Citra Medika Depok

  • October 1, 2021

Sirosis bilier primer, juga dikenal dengan nama primary biliary cholangitis atau disingkat PBC, merupakan sebuah penyakit yang disebabkan karena kerusakan pada saluran empedu di hati. Saluran yang berukuran kecil ini akan membawa cairan pencernaan, atau empedu, dari hati ke usus kecil. Di usus, empedu akan membantu mengurai lemak dan membantu penyerapan vitamin larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K. Kerusakan pada saluran empedu dapat menyebabkan empedu menumpuk di hati. Seiring dengan berjalannya waktu, penumpukan empedu dapat merusak hati. Kondisi ini dapat menyebabkan luka permanen dan sirosis. Anda perlu memeriksakan diri ke RS Citra Medika Depok. Salah satu prosedur diagnosis yang dapat dilakukan untuk mendeteksi penyakit ini adalah biopsi hati, yang bisa Anda dapatkan di rumah sakit tersebut. 

Orang-orang dengan PBC mungkin tidak akan menunjukkan gejala apapun hingga 10 tahun. Dan jika seseorang memiliki PBC tahap awal, seperti tahap 1 dan 2, harapan hidup mereka terbilang normal. Jika PBC seseorang telah hadir dengan gejala parah dan berada pada tahap akhir, harapan hidup mereka menurun hingga 10-15 tahun. Namun, masing-masing orang memiliki kondisi yang tentunya berbeda-beda. Beberapa orang dapat hidup lebih lama dibandingkan dengan orang lain dengan penyakit yang sama. Deteksi dini dan perawatan dari RS Citra Medika Depok dapat meningkatkan harapan hidup orang-orang yang menderita PBC. 

PBC memiliki 4 tahapan yang berdasarkan seberapa banyak kerusakan telah terjadi pada hati. 

  • Tahap 1. Adanya peradangan dan kerusakan pada dinding saluran empedu berukuran edang. 
  • Tahap 2. Adanya penyumbatan pada saluran empedu kecil. 
  • Tahap 3. Tahapan ini menandai adanya permulaan jaringan parut. 
  • Tahap 4. Sirosis telah berkembang. Ini adalah jaringan parut parah dan permanen serta kerusakan hati. 

PBC dapat berkembang dengan sangat lambat. Anda mungkin tidak akan menunjukkan gejala apapun selama beberapa tahun, bahkan setelah Anda mendapatkan diagnosis dari RS Citra Medika Depok. Gejala pertama yang sering muncul adalah kelelahan, mulut kering, dan mata kering sekaligus ditemani dengan kulit yang gatal. Gejala lain yang dapat terjadi di antaranya adalah nyeri perut, kulit yang menggelap, mual, hilangnya nafsu makan, turunnya berat badan, mata dan mulut yang kering, nyeri otot, tulang, dan persendian, kulit dan mata yang menguning, perut yang membengkak akibat penumpukan cairan, pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki (edema), diare, dan patah tulang akibat tulang yang melemah. 

PBC dapat menyebabkan kerusakan hati progresif. Empedu dan senyawa lainnya yang dibantu dikeluarkan dari tubuh dapat terjebak di hati. Penumpukan empedu juga dapat memengaruhi organ-organ di sekitarnya, seperti kantong empedu dan limpa. Ketika empedu terperangkap di hati, akan terjadi kekurangan empedu untuk pencernaan. Kurangnya empedu dapat mencegah tubuh menyerap cukup nutrisi dari makanan. Kemungkinan komplikasi PBC di antaranya adalah limpa yang membesar, batu empedu, level kolesterol tinggi, tulang yang melemah (osteoporosis), defisiensi vitamin, sirosis, dan kegagalan hati. 

Untuk itulah deteksi dini dan perawatan PBC RS Citra Medika Depok sangat penting. Meskipun tidak ada obat untuk PBC, perawatan dapat mengatasi gejala yang diderita dan melindungi hati Anda dari kemungkinan terjadinya kerusakan yang lebih parah. Perawatan pertama yang biasa dokter gunakan adalah mencoba asam ursodeoxycholic atau ursodiol. Ursodiol adalah asam empedu yang membantu menggerakkan empedu dari hati ke usus kecil. Cara ini dapat membantu memperlambat kerusakan hati, terutama apabila Anda mengonsusmi obat ini saat PBC masih berada dalam tahapan perkembangan awal. 

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*