Prodia Binjai Tiada Endoskopi dan Kolonoskopi, Apa Itu?

  • September 10, 2021

Seperti diketahui Prodia merupakan laboratorium klinik terlengkap untuk pemeriksaan kesehatan termasuk endoskopi dan kolonoskopi. Namun ternyata 2 pemeriksaan tersebut tidak ada di cabang Binjai sehingga bagi Anda yang ingin melakukan pemeriksaan tersebut harus di kota lain.

Lalu sebenarnya apa itu endoskopi dan kolonoskopi? Dan seberapa pentingkah? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Endoskopi

Endoskopi adalah pemeriksaan yang digunakan untuk melihat kondisi lambung, salah satu sistem pencernaan yang cukup vital bagi tubuh.

Pemeriksaan ini menggunakan endoskop berupa selang tipis sebagai alat dengan kamera dan lampu pada bagian ujungnya.

Melalui endoskop inilah kondisi lambung akan terlihat pada layar sehingga dokter tidak perlu membuat sayatan di sisi luar tubuh pasien.

Alat ini akan dimasukkan ke dalam tubuh melalui saluran tertentu bergantung pada organ tubuh yang menjadi objek pemeriksaan. Supaya lancar, Anda biasanya akan disuntik bius terlebih dahulu setelah berbaring.

Dalam kondisi apa Anda perlu melakukan endoskopi?

Endoskopi diperlukan saat Anda mengalami gejala-gejala yang tidak menyenangkan pada saluran pencernaan yang diakibatkan oleh infeksi, peradangan, dan kanker.

Selain itu, endoskopi diperlukan apabila dokter memerlukan jaringan biopsi dalam sebuah operasi untuk sampel jaringan.

Tak sampai itu, prosedur juga dapat menunjang diagnosis jika Anda mengalami gejala seperti mengeluh akibat saluran pencernaan yang tidak beres seperti buang air besar yang tidak normal, muntah darah, diare, nyeri perut, dan disfagia.

Kemudian Anda merasakan batuk darah atau batuk kronis, mengalami keluhan pada saluran kemih, dan mengalami keguguran berulang atau mengalami vagina yang berdarah di dalam.

Manfaat yang didapat

Endoskopi mempunyai banyak manfaat, yaitu dapat membuang batu empedu, memasang stent pada saluran empedu yang menyempit, menghancurkan batu pada saluran kemih, mengangkat usus buntu yang meradang, mengangkat miom di rahim, menyumbat pendarahan yang terjadi pada penderita tukak lambung, dan menangani masalah pecahnya varises esofagus.

Kolonoskopi

Selain endoskopi, kolonoskopi juga tidak ada di Prodia Binjai sehingga untuk pemeriksaannya harus di kota lain.

Pemeriksaan ini adalah prosedur pemeriksaan untuk mengetahui kondisi kesehatan yang ada pada usus besar, salah satu organ pencernaan paling vital dalam tubuh selain lambung.

Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui ada-tidaknya potensi kanker yang terjadi dalam usus besar, salah satu penyakit kronis yang mematikan.

Pemeriksaan ini menggunakan kolonoskop, yaitu sebuah alat berupa selang keci dan lentur berdiameter 1,5 cm yang dimasukkan melalui dubur atau anus dan diarahkan menuju usus besar. Supaya lancar, Anda biasanya akan diberikan obat bius melalui suntikan setelah berbaring.

Dalam kondisi apa pemeriksaan dilakukan?

Anda bisa melakukan pemeriksaan apabila merasakan sesuatu yang tidak beres pada usus besar Anda.

Hal itu bisa berupa jaringan usus yang luka, membengkak, terkena iritasi, polip, dan kanker, buang air besar berdarah, konstipasi kronis, diare kronis, dan nyeri perut.

Supaya pemeriksaan lancar yang ditandai dengan usus terlihat jelas serta bebas dari tinja, Anda perlu mengonsumsi obat pencahar, menjalankan diet khusus, hindari makanan padat, minum banyak air putih, dan tidak dalam keadaan sendiri saat pemeriksaan mengingat efek obat bius selama operasi.

Setelah operasi Anda disarankan untuk istirahat sehari penuh, dan tidak melakukan aktivitas mengendarai mobil dan motor selama 24 jam. Untuk konsumsi makanan sudah bisa seperti biasanya. 

Berapa harga endoskopi dan kolonoskopi?

Harga keduanya relatif berbeda satu sama lain tergantung fasilitas kesehatan tempat pemeriksaan. 

Kisaran harganya dimulai dari Rp 1 jutaan hingga Rp 20-an juta sedangkan kolonoskopi berkisar di angka Rp 3 jutaan hingga Rp 11 jutaan.

Untuk bisa melakukannya Anda harus ke Prodia di luar Binjai yang menyediakan pemeriksaan organ tubuh tersebut.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*