Rekomendasi Obat Asma untuk Anak Usia 5 Tahun yang Efektif

  • May 5, 2021

Anak-anak yang menderita asma memiliki keterbatasan dalam melakukan aktivitasnya. Mereka tidak bisa bermain dan berolahraga sepuas mereka, dan terkadang mengalami gangguan pernapasan saat tidur. 

Asma juga bisa mengganggu kegiatan belajar anak karena ketika terjadi kekambuhan, maka mereka harus beristirahat total. 

Asma tidak bisa disembuhkan. Tapi dengan menjalani perawatan, gejala, frekuensi kekambuhan, dan masalah terkait bisa diatasi. Asma yang parah sekalipun bisa dikendalikan dengan menjalani perawatan yang tepat. 

Gejala asma pada anak

Gejala dan tanda asma yang umum dialami pada anak usia 5 hingga 11 tahun meliputi:

  • Batuk, terutama pada malah hari
  • Sulit bernapas
  • Nyeri dada atau sesak napas
  • Menghindari atau kehilangan minat pada olahraga atau aktivitas fisik

Beberapa anak memiliki lebih sedikit gejala sehari-hari, tapi terkadang mengalami serangan asma yang parah. 

Gejala asma yang ringan bisa memburuk sewaktu-waktu, terutama di malam hari, setelah beraktivitas, atau saat masuk angin. Mereka juga sangat rentan terhadap pemicu seperti asap rokok dan alergi musiman.

Serangan asma yang parah bisa mengancam jiwa, dan ditandai dengan:

  • Kesulitan bernapas atau terengah-engah
  • Batuk atau mengi terus-menerus
  • Kesulitan berbicara
  • Kondisi tidak membaik setelah penggunaan inhaler

Rekomendasi obat asma untuk anak

Ada banyak obat asma tapi tidak semuanya bisa digunakan oleh anak-anak. Beberapa obat asma hanya boleh digunakan untuk anak berusia 12 tahun ke atas, dan tidak untuk anak kecil. Maka itu diperlukan kehati-hatian untuk memilih mana obat asma yang sesuai umur anak Anda. 

Obat asma untuk anak berusia 5-11 tahun yaitu:

  1. Obat kontrol jangka panjang

Obat ini diminum setiap hari dalam jangka panjang untuk mengelola gejala dan mengurangi frekuensi kekambuhan. Jenis obat kontrol jangka panjang meliputi:

  • Kortikosteroid yang dihirup: Merupakan obat asma yang paling umum digunakan.
  • Pengubah leukotrien: Pengubah leukotrien bisa digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan kortikosteroid hirup. Namun beberapa obat jenis ini memiliki efek samping seperti halusinasi dan depresi, sehingga penggunaannya harus dilakukan secara hati-hati.
  • Inhaler kombinasi: Mengandung kortikosteroid inhalasi dan beta agonist kerja panjang (LABA). Ini berfungsi mengurangi risiko serangan asma yang parah.
  • Teofilin: Merupakan obat harian yang berfungsi melegakan saluran pernapasan.
  • Biologis: Obat biologis seperti nucala merupakan obat suntik yang diberikan kepada pasien anak setiap empat minggu sekali untuk mengendalikan asma yang parah.
  1. Obat reaksi cepat

Obat ini disebut juga dengan bronkodilator kerja pendek yang bekerja cepat meredakan gejala asma. Efeknya bisa bertahan empat hingga enam jam.

Meski begitu, obat ini tidak bisa mencegah kekambuhan. Jika Anda mengalami gejala yang sering atau parah, maka diharuskan meminum obat kontrol jangka panjang. Mengandalkan inhaler bantuan cepat dapat semakin memperparah kondisi anak. 

  1. Penggunaan alat bantu

Kebanyakan obat asma diberikan dalam bentuk sediaan hirup, seperti melalui inhaler dan nebulizer. Pasien bayi dan anak kecil belum bisa menggunakan inhaler, sehingga mereka menerima obat hirup melalui nebulizer. 

  1. Imunoterapi

Imunoterapi atau suntikan alergi-desensitisasi diberikan kepada anak yang mengalami asma parah akibat alergi. 

Anak mungkin membutuhkan suntikan sekali seminggu selama beberapa bulan, kemudian sebulan sekali selama tiga sampai lima tahun. Hal ini berguna untuk mengurangi reaksi alergi anak dan gejala asma. 

Catatan

Jika anak Anda menderita asma, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk menentukan perawatan yang tepat. Sangat tidak disarankan memberikan obat asma secara bebas ke anak di bawah 12 tahun karena bisa memperparah kondisi dan berakibat fatal. 

Setelah mendapatkan rekomendasi obat, Anda bisa membeli obat asma di toko kesehatan SehatQ. 

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*