Sadari Gejala Dispepsia Fungsional Sejak Dini

Sadari Gejala Dispepsia Fungsional Sejak Dini

  • December 23, 2020

Masalah pencernaan oleh sebagian orang dianggap sepele dan dinilai bisa sembuh sendiri, meskipun tanpa pengobatan khusus. Namun, berhati-hatilah apabila Anda termasuk yang sering mengalami masalah pencernaan. Bisa jadi Anda tengah berada di kondisi dispepsia fungsional. 

Dispepsia fungsional merupakan istilah yang merujuk pada gangguan pencernaan yang terus berulang, namun tidak memiliki penyebab yang jelas. Penyakit ini umumnya akan berlangsung lama dan sangat mampu mengganggu beragam aktivitas rutin Anda. Dispepsia fungsional sendiri terjadi bukan karena adanya masalah struktur di saluran cerna Anda. 

Anda mungkin bingung bagaimana  suatu masalah pencernaan dapat dikatakan dispepsia fungsional atau bukan. Sebenarnya Anda hanya perlu melihat dari lama gejala yang menyertainya. Dispepsia fungsional umumnya akan diwarnai dengan gejala-gejala di bawah ini selama lebih dari satu bulan. 

  1. Mudah Kenyang

Orang-orang yang mengalami dispepsia fungsional umumnya akan mudah merasa kenyang, walaupun hanya makan dari porsi kecil. Rasa kenyang yang terasa tidak seperti kenyang pada umumnya. Rasa kenyang lebih mengarah ke perasaan kembung yang membuat Anda sulit untuk kembali memasukkan makanan ke mulut dan perut. 

  1. Sering Bersendawa 

Sendawa biasanya terjadi ketika lambung sudah terisi penuh. Namun pada penderita dispepsia fungsional, sendawa bisa terjadi kapan saja. Sendawa terjadi disertai rasa asam di mulut sebagai efek naiknya asam lambung. Jadi jika belakangan ini Anda sering bersendawa, waspadalah sebab bisa jadi itu merupakan gejala dini dispepsia fungsional. 

  1. Mual dan Muntah 

Seperti penyakit pencernaan lainnya, dispepsia fungsional juga akan diiringi gejala mual dan muntah. Ini karena asam lambung mudah naik sehingga mendorong cairan yang sudah masuk ke tubuh untuk keluar lagi. Rasa mual dan muntah umumnya akan terjadi tiap kali Anda menyantap sesuatu. 

  1. Penurunan Berat Badan 

Jangan senang dahulu apabila akhir-akhir ini Anda mengalami penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas. Besar kemungkinan Anda tengah menderita dispepsia fungsional. Pasalnya ketika terkena penyakit ini, nafsu makan Anda akan berkurang drastis sekaligus tidak bisa makan dalam porsi besar. Ditambah lagi adanya tekanan psikologis terkait gejala lain yang membuat Anda tidak nyaman. Alhasil, berat badan bisa turun, disertai kemungkinan kurangnya nutrisi harian yang dapat Anda peroleh. 

  1. Nyeri Perut 

Anda akan merasakan ketidaknyamanan di sekitar area perut. Bagian perut atas akan lebih sering mengalami nyeri apabila Anda menderita dispepsia fungsional. Jika rasa nyeri mulai terasa, cobalah tidur dengan posisi meringkuk guna meredakan gejala ini. 

  1. Feses Gelap 

Berhati-hatilah apabila Anda mendapati feses berwarna gelap atau bahkan kehitaman. Pada penderita dispepsia fungsional, masalah cerna yang terlalu lama bisa menimbulkan luka di saluran pencernaan hingga menimbulkan pendarahan. Hal ini berujung pada gelapnya warna feses Anda. Jadi jika feses sudah berwarna gelap, tidak ada salahnya mulai melakukan konsultasi ke dokter. 

  1. Sesak Napas 

Seringkali gejala yang ditampilkan oleh masalah pencernaan menyerupai penyakit lain yang berhubungan dengan kardiovaskular. Tidak terkecuali ketika Anda terkena dispepsia, besar kemungkinan lambat laun Anda akan merasakan gejala sesak napas yang mirip dengan gejala penyakit jantung. Segeralah ke rumah sakit sebab gejala ini menunjukkan ada masalah serius pada saluran pencernaan Anda. 

  1. Muntah Berdarah

Gejala ini juga akan muncul apabila status dispepsia fungsional Anda sudah termasuk parah. Anda akan sering muntah, meskipun tidak habis makan sesuatu. Tidak jarang saat muntah, ada darah yang ikut serta. Lagi-lagi pada saat ini, Anda mesti segera mendapatkan penanganan dokter. 

*** 

Mulai sekarang jangan remehkan gejala nyeri perut yang terkesan simpel. Pasalnya lama-kelamaan, gejala tersebut akan semakin berat dan membuat Anda semakin tidak nyaman. Memeriksakan diri ke dokter secara rutin dan menyampaikan segala keluhan akan menjadi cara yang tepat untuk mencegah dispepsia fungsional sedini mungkin.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*